Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mencari Kos untuk Mahasiswa Baru

Halo sahabat domarai. Sebelumnya domarai mengucapkan bagi yang lolos SNMPTN tahun 2019. Jika kalian diterima di kampus yang berada di luar daerah, pastinya membutuhkan kos untuk tempat tinggal. Apakah sahabat domarai butuh tempat kos? eits jangan asal pilih, nih domarai akan memberikan tips mencari kos untuk mahasiswa baru cekidot?


Source image pexels.com

Mencari tempat kos bukanlah hal sulit kok. Kebutuhan akan tempat kos berdasarkan kebutuhan kalian masing-masing. Jadi tidak ada patokan kos yang ideal seperti apa. Setidaknya kalian memiliki tempat tinggal yang nyaman selama berkuliah di kampus sahabat domarai semua. 

Baca Juga cara beradaptasi di kampus untuk mahasiswa baru

Nyaman dan tidak nyaman itu adalah hal yang relatif. Setiap tempat kos memiliki karakteristiknya masing-masing. Jadi sahabat domarai harus jeli dan paham bagaimana karakteristik tempat kos yang paling tepat. Setidaknya domarai telah merangkum tujuh tips mencari kos untuk mahasiswa baru.

Tips mencari kos untuk mahasiswa baru

1. Tentukan lokasi kos

Lokasi kos sangat menentukan jarak tempuh sahabat domarai untuk menuju kampus. coba kalian pertimbangkan matang-matang. Jika kalian menggunakan kendaraan sendiri maka jarak bukan menjadi masalah. Namun jika kalian tidak membawa kandaraan atau hanya jalan kaki nah itu akan menjadi masalah jika memiliki jarak kos yang cukup jauh. 

Misal nanti jam kuliah hanya berada di jam pagi dengan sore pada siang hari akan cukup jauh pulang ke kos untuk istirahat. Selain itu harga kos dekat kampus memang lebih mahal Maka perlu dipertimbangkan dengan baik lokasi kos kalian.

Tips 
Jika ada kendaraan bisa cari kos yang jauh atau dekat kampus, jika tidak ada kendaraan cukup cari yang dekat kampus. 

2. Cek fasilitas kamar dan kos

Setelah mendapatkan informasi keberadaan kos, silahkan kalian mencarinya dan mengunjunginya serta melakukan pengecekan fasilitas yang dimiliki kos. diataranya kamar mandi, parkir, listrik dan hal-hal lain yang diperlukan. Jika kamar kos yang dipilih premium biasanya terdapat kamarmandi dalam, AC serta jaringan Wi-Fi. Tidak jarang banyak mahasiswa yang tidak betah dengan kebersihan kamar mandi, iuran listrik yang tidak jelas, tidak ada tempat mencuci, atapun dapur untuk sekedar memasak mie instant hehe. Pastikan fasilitas yang dimiliki kos 

Tips
Carilah kos yang memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhanmu

3. Cek teman kos

Tidak jarang teman kos akan menjadi alasan kita betah di kos. Banyak juga teman kos yang memiliki kebiasaan buruk yang membuat kita jengkel. Namanya orang pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Jika teman kita baik sholeh, maka kitapun akan ikut tertular. 

Pastikan kalian pada saat survei lokasi sekalian mengecek keadaan mereka dan bertanya beberapa hal yang bisa meyakinkanmu bahwa mereka adalah teman kos yang baik, asik dan teman-able. Selain itu teman juga akan mempengaruhi gaya bergaulmu dan sikapmu, jadi perlu diperhatikan dengan baik.
Tips 
carilah kos dengan latar belakang yang sama denganmu misal teman sekelas, atau teman komunitas.


4. Cek lingkungan kos

Setelah cocok dengan kamar, lokasi, dan teman kos, yang penting lagi adalah kondisi lingkungan. Apakah lingkungan kosmu termasuk dalam zona rawa pencurian? atau zona hitam yang banyak perilaku kejahatan? Pastikan lingkungan kosmu aman dan tentram.

selain itu lokasi kosmu dekat dengan fasilitas umum seperti masjid, warung makan, konter, warung klontong agar bisa memudahkan kalian mendapatkan kebutuhan sehari-hari.

Tips
Bertanyalah kepada warga sekitar atau penghuni kos tentang lingkungan kosmu. Semua demi kenyamanan dan kemanaan ditempat kalian tinggal.

5. Bandingkan harga kamar kos

Nah ini bagian cukup rumit, setelah semua cocok eh ternyata harganya tidak cocok. ssttt tunggu dulu perhatikan ini. Memang kos dengan fasilitas komplit memiliki harga yang lebih tinggi, Ingat semua fasilitas dalam kamar kos itu bukan kebutuhanmu melainkan keinginanmu. Untuk menghemat anggaran pilihlah kamar dengan fasilitas sesuai kebutuhanmu. 

Contoh harga kos di dekat kampus adalah Rp 700,000,- sebulan dengan fasilitas Springbed, Almari kayu jati, Kamar mandi dalam, Wi-Fi, Listrik, Parkir luas dengan catatan memiliki kendaraan sendiri. Namun ditempat yang agak jauh harga Rp 450 rb kamar mandi bersama, listrik, non wi-fi, kamar kosongan. keuntungannya kos harga murah kalian bisa membeli kasur yang kecil dengan harga murah dan juga lemari plastik yang bisa dijual lagi jika sudah selesai. 

Tips
Jika budgetmu cukup pilihlah yang fasilitasnya sesuai kebutuhanmu, jika budgetmu pas-pasan cukup pilihlah fasilitas yang cukup seseuai kebutuhanmu. Intinya baik uang banyak atau sedikit pilihlah yang cukup.

6. Patikan kenyamanan saat tinggal di kos

Kenyamanan memang hal yang relatif, biasanya orang dengan karakter yang periang butuh suasana kos yang rame juga. Berbeda dengan orang yang pintar disiplin pemikir, biasanya membutuhkan kos yang cukup tenang. Untuk mahasiswa yang suka organisasi akan memilih kos yang terdapat mahasiswa yang memiliki jabatan di organisasi tertentu. Jika suka main game tentu akan nyaman jika teman se kos juga hobi main game. 

Tips
Pastikan kalian nyaman saat menghuninya.

7. Pesan kamar kos jauh-jauh hari


Setelah semua komplit, eh tiba-tiba kamar sudah dipesan orang lain. Sedih sekali bukan... susah susah cari kos saat dapet eh diambil orang. Biasanya kos-kosan akan dikenakan uang DP jika sudah deal. Besarnya DP tergantung pemilik kos, jika dalam waktu yang ditetukan belum dilunasi maka hilanglah uang DP itu dan kamar akan ditawarkan untuk orang lain. 

Tips
Bayarlah DP kos atau sekalian melunasi untuk satu tahun agar saat sudah masuk kuliah kalian tinggal menempatinya.

Nah itulah tadi beberapa tips sesuai pengalaman domarai saat masih menjadi mahasiswa di jogja. Intinya kalian akan berpengalaman jika sudah merasakan hidup di kos kosan. Hidup di kos bukan hal yang mudah dan bukal hal yang sulit semua tergantung sudut pandang kita dalam manilainya. Pastikan tempat yang kalian tinggali terasa nyaman dan membuat kalian dapat belajar dengan baik. Semoga bermanfaat.