Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Menyimpan Foto di Era Digital

Halo sahabat domarai, apakah kalian memiliki banyak foto di HP kalian, atau di laptop kalian? bukankah sekarang foto sudah seperti barang berharga yang merekam semua memori yang pernah kita lakukan. Tak terkecuali kenangan kita dengan si do'i, eh atau dengan sang mant*n hehe. Tentunya kenangan itu semua sangat sayang kita hilang.

Perkembangan teknologi foto, saat ini sudah canggih dibanding jaman dahulu yang menggunakan foto manual. Pengambilan gambar cukup terbatas sekitar 24 atau 36 foto dalam 1 roll film. Setelah film habis, harus segera dicuci dan dicetak sehingga kita akan hasil gambar yang kita potret. 


Sumber gambar pexels.com

saat ini kita dapat mengambil gambar dengan mudahnya. Bisa menggunakan HP, kamera pocket, kamera DSLR dan berbagai jenis kamera yang didapat dengan harga terjangkau. 

Saking mudahnya data foto kitapun akhirnya banyak dan memenuhi memori kita, terkadang saking banyaknya sampai bingung mau dibuang sayang, mau tetap disimpan kok membuat memori penuh hehehe. Nah domarai akan memberikan Tips menyimpan foto di era digital. Apa itu? yuk kita lihat.


Tips meyimpan foto di era digital

1. Simpanlah pada drive D/E komputer kalian

Hal yang perlu kalian ketahui adalah, jangan pernah menyimpan foto dan data penting kalian pada drive C komputer. Kenapa? drive C memang khusus diperuntukkan untuk system dan instalasi pemasangan aplikasi. 

Drive C juga sering rawan terkena virus yang didapatkan dari hasil download dari internet. Apabila kalian melakukan instal ulang maka data pada C wajib di format, nah sangat repot kan jika kalian harus kehilangan foto berharga klian karena lupa memindah. 

Simpanlah pada drive D komputer kalian. Simpan dalam folder khusus foto sehingga kalian dapat dengan mudah menemukannya. Kenapa kok D/E ? Karena drive D dan drive E memang diperuntukkan untuk penyimpanan data kalian. 

Data yang berada pada drive itu tidak akan terpengaruh oleh virus, kecuali ada file yang di copy dari C atau dari flashdisk yang terkena virus. Jadi pastikan flashdisk dan data yang kalian unduh dari internet aman dari virus. 

baca juga :

2. Gunakan SSD pada penyimpanan laptopmu

Sebelumnya apakah kalian tau SSD? Solid state drive atau SSD merupakan penyimpanan data yang menggunakan rangkaian Intergrated Circuit IC sebagai media penyimpanan data. 

keuntungan menggunakan SSD untuk menyimpan foto adalah kemampuannya dalam membaca data lebih cepat daripada HDD yang menggunakan piringan sebagai media penyimpanan data. Selain itu SSD juga tidak terpengaruh dengan medan magnet sehingga tidak mempengaruhi isi data. 
SSD
source : pixabay

SSD dapat menyimpan foto banyak dengan jumlah yang banyak sesuai dengan kapasitas SSD yang kalian miliki. Besar kapasitas SSD mulai dari 128 Gb, 250Gb, 1Tb sesuai kebutuhan kalian

Berbeda dengan Hard Disk Drive atau HDD yang menggunakan piringan untuk penyimpanan data. HDD sangat mudah terpengaruh dengan gaya medan magnet, hal ini akan menyebabkan data kalian terhapus. 

meskipun harga SSD lebih mahal daripada HDD, dengan alasan keamanan tentu biaya berapapun akan kita keluarkan agar foto kita aman terjaga. Foto akan tetap dalam kondisi baik sampai kapanpun selama SDD tidak rusak secara fisik.

3. Simpan pada Micro SD Card khusus

Saat kita memotret gambar baik menggunakan HP atau kamera, tentunya memerlukan tempat penyimpanan. sama halnya dengan SSD namun dengan ukuran yang lebih kecil kalian dapat menggunakan MicroSD. 

Keuntungan menggunakan microSD untuk menyimpan foto adalah ukuran yang kecil dan kompatibel dengan berbagai macam perangkat elektronik. Kalian dapat memasangnya di HP, di Kamera secara langsung ataupun menyimannya di almari kalian. Selama tidak terkena suhu panas, foto kalian akan tetap aman berada pada microSD

4. Flashdisk Original

Terkadang komputer atau laptop kita, tidak sepenuhnya menyimpan privasi kita. Ancaman virus yang dapat merusak file foto kita juga patut kita perhitungkan. Nah tips menyimpan foto selanjutnya kalian bisa menggunakan flashdisk original merk apapun, yang sudah terjamin kualitasnya dalam menyimpan data bertahun-tahun.
flash-drive
source: pixabay

Kalian bisa memilih kapasitas flashdisk mulai dari yang 8Gb, 16Gb, 32Gb, 64Gb, 128Gb, Dst sesuai budget kalian. Nah jika file foto kalian puluhan Gb bagaimana? Tentuk kalian harus membeli flashdisk ukuran besar atau membeli beberapa flashdisk ukuran kecil. 

Keuntungan menggunakan flashdisk untuk menyimpan foto adalah bentuk yang sangat kecil tidak lebih besar dari ibu jari, memudahkan kita untuk membawanya. Kalian bisa menempatkan tempat khusus flashdisk yang berisi foto-foto kenangan tersebut dalam satu wadah khusus.

sahabat domarai juga bisa memisahkan foto pribadi untuk flash A, dan data dengan do'i untuk flash B, foto pekerjaan flashdisk C dll. tentu akan memudahkan kalian saat mencari foto yang dibutuhkan.

5. Manfaatkan cloud drive

Jika kalian merasa terlalu repot dan sering pelupa, kalian bisa menggunakan cloud drive atau penyimpanan awan. Pada dasarnya cloud akan menyimpan foto yang sudah di upload di internet atau penyimpanan online. Banyak sekali cloud drive yang diberikan secara gratis. Seberti google drive yang memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15Gb, Onedrive 7Gb, dropbox 2Gb pilihlah sesuai kebutuhan kalian.   

Source : pixabay

Keuntungan penyimpanan awan cloud drive kalian tidak perlu repot membawa MicroSD, flashdisk, SSD dll. Kalian hanya perlu Laptop atau HP yang terkoneksi dengan internet. Selain itu dengan penyimpanan online kalian tidak perlu kawatir dengan data kalian karena perusahaan akan benar-benar menjaga data kalian dengan baik dan rahasia.  

baca juga :

6. Sinkronisasi dengan google photos

Apakah kalian sering menggunakan kamera HP untuk memotret momen berharga atau gambar-gambar penting lain. Nah kalian perlu memanfaatkan layanan yang disediakan oleh google dalam penyimpanan foto yaitu google photos. kalian hanya perlu akun gmail. jika belum punya gmail silahkan baca cara membuat akun gmail. Sebenarnya aplikasi ini sudah ada di HP kalian jika menggunakan android. Kalian hanya perlu mengkatifkan google photos di HP kalian.

Keuntungan menggunakan google photos adalah foto kalian akan tersimpan otomatis di drive sehingga tidak perlu kawatir jika HP kalian hilang, atau rusak. Kalian juga dapat memilih pengaturan kualitas gambar, jika gambar yang kalian upload sesuai file maka akan diberikan penyimapanan sesuai kapasitas google drive yang masih kosong.

Namun jika kalian mengatur dengan kualitas gambar standard kita akan mendapatkan kapasitas tidak terbatas UNLIMITED dari google. selama kita masih ingat email dan password maka foto sahabat domarai semua akan tetap aman sampai kapanpun, kecuali jika terjadi sesuatu terhadap kantor pusat data google. 

Nah itu tadi tips menyimpan foto di era digital dari domarai untuk sahabat semua. dari semua penyimpanan itu, domarai merekomendasikan kalian menggunakan cloud drive dan google photos sebagai tempat menyimpan foto. Selain aman dan anti hilang, kalian juga bisa mengaksesnya dimanapun, tanpa perlu membawa SSD, Flashdisk dll. Sekian tips menyimpan foto di era digital semoga bermanfaat.