Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara membuka WhatsApp Messenger di komputer


Halo sahabat domarai, apakah kalian termasuk orang yang menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger ? sekarang ada fitur baru loh ! 

Pengaruh teknologi terhadap bidang komunikasi berkirim pesan pun terus berkembang. Salah satu hal yang menarik adalah aplikasi WhatsApp bukan hanya berkirim pesan, namun juga dapat berkirim media lain.

Media yang dapat dikirim seperti gambar, foto, video, dokumen bahkan file apapun dapat dikirimkan kepada orang lain. Bagi yang belum memiliki aplikasi WhatsApp dapat di unduh di playstore disini

Aplikasi yang diciptakan oleh Jan Koum yang kemudian dijual kepada facebook dengan harga USD 19 Miliar tentu bukan sembarang aplikasi pesan instan yang remeh.


Aplikasi yang sudah diunduh 93,7 juta di playstore saat menulis artikel ini memang banyak sekali memberikan kemudahan kita dalam berkomunikasi. Pada saat awal mula diluncurkan WhatsApp hanya bisa digunakan pada hp android saja kemudian berkembang ke IOS windows phone. 

Selain aplikasi WhatsApp Messenger, WhatsApp juga mengeluarkan WhatsApp Business dengan fitur-fitur tambahan selain yang ada pada WhatsApp Messenger. Tentu fitur yang dapat menunjang bisnis kalian. Fitur yang disediakan antara lain  profil Bisnis, alat berkirim pesan bisnis, dukungan nomor tetap, dapat dijalankan bersamaan dengan WhatsApp Messenger.

Saat ini aplikasi WhatsApp sudah diakusisi oleh google meluncurkan fitur baru yaitu dapat dibuka melalui PC atau laptop dengan sangat mudah. Pada awal fitur dekstop diluncurkan, aplikasi WhatsApp web hanya bisa dibuka melalui browser chrome. 

Namun saat ini perusahaan facebook telah melakukan mengembangkan sehingga apat dibuka melalui mozilla dan opera. WhatsApp web dapat digunakan oleh WhatsApp Messenger ataupun  WhatsApp Business. 

Sebelum kita membuka aplikasi WhatsApp melalui komputer ada hal yang perlu dipahami, yaitu aplikasi WhatsApp tidak berdiri sendiri kita perlu memiliki akun WhatsApp dan aplikasinya pada ponsel kita dan terhubung dengan internet. 

Jadi jika kalian tidak memiliki internet dan aplikasi WhatsApp di ponsel kalian, tentu kalian tidak bisa mengakses WhatsApp di komputer. Pastikan HP kalian terhubung dengan internet.

berikut ini adalah langkah-langkah membuka WhatsApp melalui komputer

  • Kalian buka browser Chrome, Firefox atau Opera lalu ketikan https://web.whatsapp.com/ tunggu beberapa saat dan muncul kode QR. Kode QR akan berganti-ganti selang beberapa waktu jadi lakukan dengan cepat.

  • Kemudian buka aplikasi whatsapp pada ponsel kalian, pada tampilan chat kalian klik menu (titik tiga) pada kanan atas pilih WhatsApp Web lalu klik tanda + 



  • Scan kode QR yang muncul pada halaman https://web.whatsapp.com/  dengan HP kalian. Maka tampilan chat WhatsApp akan muncul pada layar komputer kalian.



Sangat mudah bukan !

Perlu dingat bahwa pada saat menggunakan whatsApp web HP kalian mesti terhubung dengan internet baik menggunakan jaringan Wi-fi atau menggunakan paket data. Jika tidak, maka WhatsApp web tidak bisa digunakan. 


Tersedianya fungsi ini tentu membantu kita yang sedang bekerja di depan komputer namun masih tetap bisa berkomunikasi dengan teman melalui pesan WhatsApp. Pekerjaan di depan komputer tentu mengharuskan kita fokus dalam pekerjaan. Tentu tidak sering kita beralih kepada ponsel kita. 

Nah bagaimana jika ada pesan yang sangat penting dan harus segera dilakukan saat itu juga, tentu akan repot jika kita lama melihat pesannya. Bisa repot kan !

Kemudahan lainnya adalah kalian tidak perlu menginstal aplikasi tertentu untuk bisa menikmati layanan WhatsApp cukup dengan membuka tombol tab pada browser kalian, lalu mengetikkan web whatsapp.

Meski fitur untuk komputer, WhatsApp web tetap bisa digunakan untuk mengirimkan media yang berada di komputer kita. Untuk Video terbatas dengan 16 MB atau 30 detik. Untuk file bisa hingga 60 Mb. Sedangkan foto akan terkompresi sehingga akan mempengaruhi kualitas gambar ketika akan dicetak.


Selain menggunakan WhatsAPP web kalian juga bisa menginstal aplikasi WhatsApp for PC atau menginstal emulator android pada PC kalian. Tentu penggunaan emulator akan memperberat kinerja komputer kalian. Nah selamat mencoba.

Yuk lihat artikel domarai lainnya