Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Bisnis Online yang Menghasilkan di Tahun 2019

Siapa sih orang yang tidak suka dengan uang. Hampir setiap uang butuh sekali uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tidak terkecuali dengan sahabat domarai semuanya kan hahaha. Pada dasarnya banyak cara mendapatkan uang, seperti berjualan atau memberikan jasa. 

Pertanyaannya apakah bisa mendapatkan uang dengan tidak bekerja dikantor, namun cukup dirumah saja. Jawabnya adalah tentu SANGAT BISA !!. Kali ini kami akan bahas peluang bisnis yang didapatkan dari internet. Simak berikut ini.


Mendapatkan uang adalah jerih payah kita setelah bekerja, entah bekerja di kantor, dirumah, dipasar dll. Apakah kita setiap hari menggunakan internet? Pertanyaannya apakah internet bisa memberikan uang untuk kita? Jawabannya adalah TIDAK BISA, eits namun simak dulu berikut ini. 

Pada masa ini tahun 2019 terlebih pada era seperti ini revolusi industri 4.0 yang mana kehadiran internet sudah dimanfaatkan untuk bidang industri.  Pertanyaannya pemanfaatan yang seperti apa? 

Internet digunakan sebagai jalan atau jalur atau konektivitas antar suatu benda ke benda lain yang dapat dipantau secara real time. Nah jalan dan jlaur ini biasanya digunakan untuk menganalisis data masuk untuk dijadikan laporan termasuk efisiensi suatu mesin produksi atau yang lainnya.

Nah konektivitas ini juga memungkinkan kita mengakses website seperti google.com facebook sosial media alinnya atau sekedar berselancar untuk mencari informasi tertentu. Nah bagaimana kita bias memanfaatkan internet ini sebagai JALAN untuk mendapatkan uang? 

Nah Internet tidak bisa memberikan kita uang namun internet bisa menjembatani kita untuk mendapatkan uang. Mulai dari uang ribuan, puluhan ribu, ratusa ribu, jutaa, puluhan juta, ratusan juta, hingga milyaran rupiah. Semua tergantung dari niat usaha dan do’a. Nah langusng saja rangkuman cara mendapatkan uang di internet.


 8 cara mendapatkan uang dari internet 

1. Freelance 

freelance dikenal dengan orang yang bekerja paruh waktu, bisa disebut pekerja lepas yang tidak terikat pada suatu instansi manapun dengan menjual jasa keterampilannya. Artinya orang yang freelancer hanya akan mendapatkan uang jika ia menerima tawaran mengerjakan suatu proyek. 


Jika jaman dulu seperti tukang batu, tuang kayu panggilan dapat disebut freelance, sekarang telah berkembang dalam dunia internet. Freelance bukan pekerjaan yang dianggap spele karena sering kita menemui proffesional dari freelance. 

Nah jika freelance di dunia internet sangat beragam pekerjaan, seperti menulis artikel, membuat template digital seperti web, coverbook dll. Setiap pekerjaan yang kita lakukan akan mendapatkan income yang sesuai dengan pekerjaan yang kita lakukan. 

Semakin bagus kualitas pekerjaan kita makin mahal juga bayarannya. Nah dimana kita mendapatkan pelanggan jasa kita? Tentu saja untuk sekaran ini internet menjadi lahan pertemuan freelance dan customer beragam situs freelancer beredar di internet seperti freelancer.com

2. Membuat E-book

Apakah sahabat domarai seorang yang ahli dibidang tertentu. Kamu bisa mendapatkan uang dengan cara membuat ebook tentang suatu hal yang masih berhubungan dengan bidang keahlianmu. Selain mendapatkan uang kalian juga berbagi ilmu dengan orang banyak yang bias menjadikan amal ibadah. Lumayan kan berbagi ilmu dapat uang lagi hehe.




Contoh anda ahli desain kamu bisa membuat ebook cara membuat logo dalam 5 menit.  Atau yang lainnya sesuai bidang sahabat domarai masing-masing. Buatlah ebook yang berisi tentang penyelesaian suatu masalah. Pembuatan ebook seperti tutorial, tips membuat pembaca akan merasa menemukan solusi dari permasalahan yang dialami

Setelah membuat ebook, mengemas tampilannya menarik, kalian dapat menjual ebook itu secara personal melalui facebook atau website pribadi. Selain itu kalian juga dapat menjualnya ke website yang menjual ebook yang sudah besar dan memiliki pengunjung yang banyak seperti Amazon Kindle Direct Publish.

3. Digital Product Creator

Apakah sahabat domarai punya kemapuan desain grafis? Mungkin menjadi digital product creator dapat dicoba? Apa sih sebenarnya DCP itu? DCP adalah profesi produk – produk digital seperti membuat template website, logo, coverbook, desain visual tertentu, infografis, dan lain lain. 




Pekerjaan ini sebenarnya hanya membutuhkan 3 modal saja. Yang pertama dalah laptop/PC untuk membuat desain yang kedua adalah IDE desain yang ketiga adalah internet untuk memasarkan produk digital yang telah dibuat. 

Cara memasarkan produk kalian bisa dengan posting di instagram, di social media lalu jika ada pelanggan bias langsung menghubungi, atau lewat beberbagai website yang menjual digital produk creator seperti  Creativemarket.

4. Google Adsense

Nah ini ini ini, adalah perusahaan penghasil uang terbesar dan dalam masa ini. Kita akan mendapatkan keuntungan bagi hasil dari iklan yang ditampilkan pada konten kita. Sebagai contoh iklan kita di klik oleh pengunjung 1 kali dan kita dibayar Rp 100 untuk setiap klik. 




Bayangkan jika konten kita dikunjungi oleh 1000 orang dalam satu hari dijak dikalikan sebulan 100x1000x30 = Rp 3.000.000,-  kita mendapat 3 juta. Jika kita memiliki kemampuan membuat video yang mengedukasi banyak orang atau memberikan hiburan positif kalian bias menguploadnya di youtube dan bisa mendapatkan penayangan iklan di video kalian. 

Selain youtube adsense juga bias tampil di website yang sudah didaftarkan di adsense. Nah produk lainyya yang dapat di beri iklan google adalah video gaming dan aplikasi di playstore. Tentunya terdapat persyaratan yang harus dipenuhi agar iklan dapat muncul di website kalian. Kamipun memiliki pengalaman saat mendaftar adsense blog berumur sebulan diterima adsense

Google adsense dapat kita temuai hampir disemua website, video youtube, aplikasi di playstore. Tidak dipungkiri banyak sekali situs penanyanan iklan manun tetap yang paling popular adalah google adsense

5. Affiliate Marketing 

Mendapatkan uang selain dari iklan terdapat juga program affiliasi. Berbeda dengan adsense yang fokus pada iklan, affiliasi lebih kepada jasa kita untuk promosi suatu produk. Jadi apa sih sebenarnya program affiliasi itu ?

Singkatnya kita akan menjadi seorang makelar yang mendapatkan komisi setelah menjualkan produk produsen. Besar komisi tentunya bergantung dari produsen penyedia produk seberapa besar mereka membayar. 




Pernahkah kita mengenal dengan istilah multi level marketing (MLM), Nah program affiliasi bukanlah program MLM, sehingga jangan pernah takut istilah affiliasi yang sering muncul pada seminal MLM. 

Sistem MLM mengedapankan komisi yang berjalan otomatis setelah kita mengajak orang lain ikut program ini, semakin banyak orang yang diajak akan semakin banyak komisi didapat secara beruntut. Tentunya orang tertinggi akan mendapatkan komisi yang banyak tanpa memikirkan manfaat dari produk yang dijual.  

Sedangkan program affiliasi besar keuntungan berasal dari komisi banyaknya kita mencari pelanggan untuk membeli produk, istilahnya adalah reseller tanpa modal hahaha. banyak sekali website affiliasi yang dengan mudah didapatkan, contohnya adalah affiliate partner bukalapak.

6. Flipping 

Mungkin istilah flipping jarang kita dengar dari puluhan sektor bisnis online yang beredar di internet. selain beberapa cara diatas ada juga cara mendapatkan uang di internet dengan cara flipping namun produk yang sering digunakan adalah website jadi dikenal dengan nama website flipping. 

Pertanyaannya apa sih yang dimaksud dengan website flipping? Website flipping adalah penjualan suatu website yang sudah dibangun dan sudah mendatangkan banyak pengunjung secara singkatnya adalah jual beli website. Tentunya tidak sembarangan website yang bisa dijual. 




Sebagai creator website flipping, kita harus memikirkan website yang menarik dan bisa memberikan penghasilan yang bagus dimasa depan. biasanya pembeli flipping ini dia yang ingin bisnis internet namun tidak memulai dari nol. 

Syarat penting yang harus dimiliki oleh website flipping adalah, memiliki pengunjung banyak, berpotensi menghasilkan uang, nama domain menarik dan konten yang di tampilkan menarik. Nah dimana kita menjual website flipping ? sahabat domarai dapat menjual websitenya di flippa.

7. Microstock 

Bisnis microstock bukanlah hal asing, terutama bagi para desainer grafis atau forografer. Jika kalian punya skil menggambar grafis atau hobby fotografi yang memenuhi hardisk bisa ini peluang bisnis internet yang harus dicoba. 




Bedanya jasa desain dan microstok adalah jika jasa desain kita dibayar berdasarkan satu produk sesuai permintaan. Sedangkan microstock kita membuat suatu desain yang dijual berkali-kali. Meski harga microstock lebih murah dibanding jasa desain, namun keuntungannya berdasarkan seberapa banyak orang yang akan membeli desain kita. 

Singkatnya microstock kita menjual berkali-kali suatu produk digital yang berupa foto/desain vektor/video. Harga setiap produk ditentukan oleh setiap penyedia layanan micostock. Nah dimana kita bisa menjual produk kita? banyak sekali website yang menjual produk microstock salah satunya adalah shutterstock

8. Print On Demand (POD)

Pernahkah kalian melihat orang yang menjual produk kreatif seperti jaket, kaos, tas kegiatan, souvenir atau mug yang dijual bergam dan bisa custom. Bisa jadi produk yang kalian beli berasal dari bisnis print on demand (POD). 

Secara singkat bisnis Print On Demand kita bisa memiliki ide desain yang dapat dicetak kedalam jaket, kaos, atau produk kreatif lainnya tanpa minimal order. Dalam hal lain disebut layanan yang berkerja sesuai dengan pesanan pelanggan.




Contoh kita memiliki desain tertentu yang akan kita buat kaos, kita kirimkan desain kita ke perusahaan POD dan mencetak 10 kaos. jika satu kaos berharga Rp 80.000 dan kita jual Rp 120 000 maka keuntungan kita adalah margin harga tersebut Rp 40.000. 

Bisa dianggap print on deman adalah jasa percetakan. Nah dimana kita bisa mencetak barang-barang kreatif ini? banyak website print on demand yang beredar di internet salah satunya blazbluz.

Mencari uang diinternet memang bukan hal yang sulit. Nah pada dasarnya jika kita mau berusaha pasti akan mendapatkannya. Tinggal kita tekuni dan fokus dalam satu hal pasti akan tercapai. Ingat uang hasil internet sebagian milik orang lain, jangan lupa terus berbagi kepada yang membutuhkan. :)