Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Banyak Cara untuk Menumbuhkan Semangat Belajar Anak

Tema yang dibahas pada kesempatan kali ini, merupakan tema yang sangat dinantikan oleh sahabat domarai khususnya para orang tua. Apakah semua pembaca artikel ini percaya kalau kehidupan sejati manusia menjadi seorang pembelajar? Namun justru kita sering melakukan hal yang kurang menyenangkan ketika menyuruh anak untuk belajar. Memang sangat wajar apabila anak-anak usia dini masih lumayan sulit apabila disuruh untuk semangat belajar. Hal tersebut karena mereka belum tahu apa manfaat dari sebuah belajar itu sendiri.

















Apabila mengalami kesulitan belajar pada anak-anak yang mestinya telah paham dan mengerti manfaat belajar, disinilah pentingnya peran dari sosok orang tua. Orang tua semestinya mempunyai banyak cara supaya bisa menaikkan semangat belajar kembali kepada anak.

Sahabat domarai, sebuah kesulitan semangat belajar yang sering dialami oleh anak-anak bisa saja berubah, kalau orang tua bisa mendidik dan memberi motivasi dengan tepat dan benar. Terkait bagaimana caranya? Dibawah ini ada beberapa cara untuk memotivasi agar anak mau belajar rajin.

1. Berikan Pujian Kepada Anak-Anak
Supaya anak Anda bisa semangat belajar, Anda harus bisa memberi sesuatu, contoh hadiah ataupun hanya pujian saat dia meraih prestasi. Usahakan tidak sering memberi anak hadiah tanpa adanya sebuah usaha buat rajin belajar. Karena hal itu akan membuat anak Anda mudah merengek dan manja.

Anak diberikan reward ketika saat berprestasi saja, tujuannya agar termotivasi dan bisa lebih giat lagi ke depannya. Nanti perlahan waktu belajar jadi kebiasaan dengan sendirinya buat si anak tanpa disuruh, pelan-pelan dia akan bisa menemukan apa tujuan dan manfaat belajar itu.

2. Bentuk Struktur Belajar
Cara membuat anak termotivasi untuk semangat belajar, Anda bisa menerapkan pola dengan disiplin, contoh misal membuat jadwal belajar dengan baik. Gunanya bisa memulai kebiasaan baru yang baik dan kuncinya cuma disiplin. Saat masuk waktu belajar, Anda mesti membuat jadwal tidak ada kegiatan lain kecuali belajar.

Berikan contoh yang baik seperti saat masuk jam belajar, Anda tidak bermain HP di deket anak saat belajar dan selalu mengecek atau mendampingi anak ketika sedang belajar. Hal ini tentu menjadikan anak Anda lebih termotivasi.

3. Beri Waktu Khusus Anak Melakukan Hobi
Belajar itu memang penting, namun melakukan hal yang disenangi tidak kalah penting juga. Sekolah, pekerjaan rumah, dan les seakan membuat tekanan di diri anak. Misal Anda memforsir dia buat untuk terus pada setiap harinya membuat anak dapat stres. Hal seperti ini disayangkan sekali mengingat usia mereka muda dan masih harus ada waktu untuk bermain.

Ada salah satu cara memotivasi anak supaya rajin belajar, dengan memberi dia waktu buat melaksanakan hobinya. Gunanya agar ada keseimbangan antara studi dan hobi yang membuat keefektifan belajar menjadi lebih meningkat.

4. Masuk Dalam Kehidupan Anak
Banyak sekali alasan masalah anak kenapa malas belajar, bisa saja mereka sulit menerima pelajaran tersebut. Sebaiknya jangan langsung memarahi anak tersebut saat dirinya sedang malas belajar. Anda menjadi orang tua mesti bisa masuk dalam kehidupannya. Usahakan mencari tahu mengapa si anak tidak suka beberapa pelajaran. Apa ada masalah dengan guru atau kesulitan yang lain? Misal iya, Anda bisa cari solusi supaya masalah itu dapat teratasi.

5. Jangan Terlalu Fokus Ke Nilai
Tentu setiap anak mempunyai kecerdasan dan skill berbeda-beda dalam bidang yang juga berbeda. Maka dari itu, usahakan tidak memarahi atau menghakimi anak saat mereka memperoleh nilai kurang bagus pada salah satu mata pelajaran. Bisa saja dia punya kesulitan dibidang mata pelajaran tersebut namun kecerdasannya tinggi di bidang yang lain.

Apabila Anda marah pada anak soal salah satu nilainya jelek, hal ini dapat justru membuat anak seperti putus asa. Anda sebagai orang tua harus mulai ikut campur. Usahakan membantu anak ketika sulit dan pantau terus terkait perkembangan dia. Intinya agar memotivasi anak supaya rajin belajar, tidak terlalu fokus dengan nilai yang tinggi. Tapi fokuslah pada perkembangan cara anak belajar.

Demikian beberapa cara memotivasi anak supaya semangat belajar untuk semua sahabat domarai. Menjadi orang tua perlu mempunyai trik khusus dalam mendidik anak supaya tidak malas belajar. Semoga beberapa cara diatas bermanfaat untuk semua orang tua.