Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beberapa Tips Agar Lolos SBMPTN




Sahabat domarai, tentu banyak sekali persiapan yang dilakukan oleh para pelajar lulusan SMA/sederajat untuk bisa lolos SBMPTN, agar masuk ke perguruan tinggi yang diharapkan oleh mereka. SBMPTN merupakan seleksi bersama yang dilaksanakan secara bersama-sama diseluruh negeri ini yaitu ujian tulis tujuannya masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia. SBMPTN jauh berbeda dibandingkan SNMPTN yang memakai nilai raport sekaligus prestasi buat jadi syarat utama kelolosan tes masuknya. Tes SBMPTN benar-benar murni dari hasil tes tulis para peserta untuk indikator lolos atau tidak. Sekali lagi perlu diketahui, bahwa kualitas soal yang diberikan jauh lebih rumit daripada soal UN. Oleh karena itu perlu adanya tips dan trik supaya anda bisa dengan mudah lolos SBMPTN. Sahabat domarai, berikut ini beberapa tips dan trik agar bisa lolos SBMPTN:
1.   Awali semuanya dengan niat yang kuat
Pertama-tama niatkan secara tulus dari diri anda untuk belajar keras dan giat. Kemudian niatkan pada diri akan bisa lolos ke Perguruan Tinggi Negeri yang sedang di damba-dambakan.

2.   Siapkan mental dan fisik secara matang
Sebuah persiapan fisik & konsentrasi prima dibutuhkan sekali saat mengerjakan soal-soal ujian, supaya bisa berkonsentrasi dengan berkesinambungan, pola makan perlu diperhatikan dan diharapkan bisa melakukan olahraga dengan teratur.  Usahakan untuk tidur minimal selama 8 jam sebelum melaksanakan ujian supaya tidak mengantuk saat mengerjakan semua soal ujian. Mental juga perlu diperhatikan secara lebih. Usahakan atur emosi agar selalu tenang, jangan cemas, jangan khawatir, hindari sebuah perasaan tegang, karena perasaan tegang bisa mengganggu konsentrasi serta bisa memberikan kesan negatif. Dan salah satu cara dalam mengendalikan emosi yaitu berdoa.

3.   Coba download berbagai soal-soal dan belilah buku khusus SBMPTN
Ini menjadi hal penting buat anda semua yang ingin belajar sungguh-sungguh agar bisa lolos SBMPTN. Usahakan terus menerus belajar mengerjakan soal khususnya soal tentang SBMPTN, tujuannya agar lancar dan terbiasa mengerjakan soal yang dikejar dengan waktu. Pertahankan salah satu mata pelajaran yang dikuasai dan disenangi, selanjutnya imbangi bersama materi lainnya. Hal seperti ini bermanfaat waktu kalian mengerjakan soal kelak.

4.     Ikut Bimbingan Belajar (Bimbel) sebagai tambahan belajar
Untuk kalian yang memiliki uang berlebih ikutlah bimbingan belajar. Tetapi bagi anda yang tidak memiliki budget untuk mengikuti bimbel, anda bisa mendownload banyak soal kemudian latihan secara rajin.

5.   Terlebih dulu periksa soal
Awalnya periksa kelengkapan soal sekaligus kertas jawaban milik anda. Kertas jawaban mesti diterima pada keadaan yang masih bersih, rapi serta jangan sampai terlipat. Apabila menemukan kertas yang rusak, kotor atau terlipat, mintalah lembar jawaban yang baru pada pengawas tes tulis tersebut.

6.   Baca dengan teliti perintah ujian dan kerjakan soal yang menurut anda mudah
Sebaiknya baca perintah ujian dengan teliti dan baik, karena hal ini justru diabaikan sebelum menjawab soal yang akan membuat salah paham ketika memilih jawaban. Terlebih dulu jawab semua soal-soal yang menurut anda mudah, kemudian lanjutkan ke tingkat lebih sulit. Jangan terburu-buru mengerjakan soal dan usahakan untuk tetap tenang. Pilihan ganda harus lebih teliti menjawabnya, karena ketika melingkari jawaban jangan sampai satu nomor diisi dua kali.

7.   Luangkan waktu 5% dari total waktu ujian,  guna memeriksa lagi jawaban-jawaban
Lakukan pemeriksaan kembali terkait kolom identitas, nomor ujian hingga jawaban yang sangat butuh ketelitian. Usahakan tidak terpengaruh kawan yang telah keluar terlebih dulu. Usahakan lembar jawaban selalu bersih hanya ada goresan tentang jawaban, tidak ada bekas coretan atau sisa penghapus yang ketinggalan.

8.   Tinggalkan dan lupakan
Usai mengerjakan berbagai soal dari SBMPTN, sebaiknya anda tanyakan tentang soal-soal yang sudah anda kerjakan pada rekan atau siapa saja yang menurut anda paham tentang soal tersebut. Gunanya agar tidak merasakan stres tentang apa yang sudah dikerjakan.

9.   Tips terakhir dan sangat penting adalah berdoa
Apabila hanya melakukan usaha namun tidak diimbangi doa, seperti sebuah kebohongan saja. Maka dari itu, rajinlah untuk beribadah serta berdoa seperti agama dan kepercayaan masing-masing. Semoga saja semua jawaban diberikan hasil yang terbaik agar anda bisa lolos ke perguruan tinggi yang diharapkan.

Baca juga  Tips Menjalin Persahabatan Biar Tetep Awet  

Sahabat domarai, demikian penjelasan diatas terkait tips supaya anda mengerjakan soal tes SBMPTN secara lancar tanpa ada halangan. Semoga memberikan manfaat untuk kalian semua!