Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Email dan Mendaftar Gmail Melalui Komputer dan HP

Gmail adalah sebuah penyedia email yang dipunyai Google. Gmail merupakan layanan email gratis. Anda bisa memiliki akun Google, apabila sudah punya akun Gmail. Awalnya, Gmail cuma tersedia lewat undangan. Tetapi saat ini Anda dapat mendaftar dan langsung bikin akun Gmail kapan saja dan dimana saja.



Ketika Gmail pertama kali diluncurkan dan dikenalkan, ternyata perkembangannya terbatas hanya mengizinkan para penggunanya untuk mengundang semua kawan-kawan mereka agar membuat akun Gmail. Hal seperti ini terjadi supaya Gmail bisa mempertahankan reputasi mereka yang elit dan membatasi pertumbuhan. Sistem undangan terbatas secara resmi, karena berakhir sekitar tanggal 14 Februari 2007. Dan saat itu seketika akun Gmail menjadi salah satu layanan email paling populer.

Memang tidak seperti kompetitornya, terlihat akun Gmail sama sekali tidak memasang iklan di pesan atau menambahkan apapun di surat Anda. Terkait iklan justru dihasilkan oleh komputer, karena bukannya sengaja ditempatkan langsung pihak Gmail. Hingga tidak ada iklan bentuk apapun apabila Anda membuka Gmail pakai HP Anda.

Tetapi sebelum Anda mengetahui cara bagaimana membuat dan mendaftar akun Gmail yang baru, lebih baik simak penjelasan berikut ini terkait manfaat apa yang diperoleh apabila memakai akun Gmail. 

Beberapa manfaat jika memakai akun Gmail.

1.   Melakukan Penyaringan Spam
Tentu sebagian besar dari layanan email seakan menawarkan sebuah penyaringan, dan penyaringan spam tersebut punya google yang efektif. Gmail berusaha menyaring adanya upaya seperti spam, virus, serta phising iklan, namun tidak penyaringan secara 100 persen efektif.

2.   Merger Bersama Google Hangouts
Dekstop Gmail memperlihatkan kontak hangouts pada sebelah kiri layar, sampai Anda bisa mengetahui tentang siapa saja kontak email Anda yang memakai hangouts. Hangouts adalah aplikasi messenger yang mempunyai kelebihan bisa melakukan video call ke banyak orang secara langsung.

3.   Dapat Akses offline
Anda bisa mengakses gmail dengan offline di komputer Anda walaupun tidak terhubung ke internet. Caranya yaitu memasang ekstensi Gmail offline chrome di web browser milik Anda.

Berikut ini akan dijelaskan cara membuat akun baru Gmail melalui Komputer Dan Menggunakan HP.

1.  Masuk ke laman www.gmail.com di browser Anda.
2.  Pilih create an account, di kotak yang bakal terbuka.
3.  Mengisi data diri Anda secara lengkap.
4.  Isian sesudah nama, Anda dapat memilih nama sebagai username.
5.  Apabila keluar tulisan That username is taken. Try another. Tandanya sudah ada orang lain menggunakan username yang akan Anda pakai. Anda dapat mengakalinya seperti menambahkan angka.
6.  Usahakan isi semua kolom yang masih kosong dengan data benar.
7.  Kemudian klik Next Step, selanjutnya muncul agreement, atau kotak persyaratan, dan klik I Agree
8.  Proses selesai, Anda sudah memiliki akun Gmail.

· Proses Membuat Akun Gmail Baru HP atau Android
1.   Pilih menu pengaturan (setting) di HP anda
2.   Pilih menu akun (account)
3.   Pilih tambah akun (add account)
4.   Carilan simbol google
5.   Kemudian muncul pilihan sign in & create a new account
6.   Klik create a new account
7.   Selanjutnya mengisi nama depan serta belakang
8.   Next
9.   Isi tanggal lahir & jenis kelamin
10. Next
11.  Pilih nama untuk jadi username Anda
12.  Next
13.  Misal ada tulisan That username is taken. Try another. Berarti ada orang lain menggunakan username tersebut. Anda dapat mengakalinya dengan memberikan angka.
14. Next
15. Lalu membuat password. Minimal 8 karakter, dapat memakai huruf besar, kecil, angka, bahkan karakter unik. Tentu password yang mudah diingat agar tidak lupa! Menulis kembali password di kolom bawahnya.
16. Next
17. Berikutnya muncul kotak Privacy and Terms
18. Pilih I Agree
19. Sesudah itu akan muncul konfirmasi username dan password.
20. Next
21. Ada pilihan pembayaran. Anda dapat melewati pilih No Thanks.
22. Next
23. Kemudian Aplikasi memproses. Lalu Anda akan memperoleh pemberitahuan bahwa Anda sudah punya akun Gmail baru.

Apabila telah mempunyai akun Gmail, Anda bakal lebih mudah terhubung dengan berbagai hal seperti youtube, google, hingga play store. Terlihat mudah sekali langkah-langkah bikin akun email baru atau daftar Gmail baru? Sekian semoga bermanfaat.