Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah dan Gampang Merawat Sepeda Motor


Banyak cara untuk merawat motor kesayangan kita agar bisa selalu awet dan primaMemang dengan seiring kemajuan zaman serta teknologi, tentu saat ini kendaraan bermotor seakan telah memenuhi jalan. Sampai sering menyebabkan kemacetan di semua kota khususnya Indonesia. Hal seperti ini di pengaruhi karena kebutuhan transportasi yang mobile, ditambah harganya yang terhitung lumayan murah dibandingkan mobil. Semakin majunya teknologi ternyata mesin motor juga semakin maju, sekarang sepeda motor sangat kuat dipakai perjalanan lintas propinsi bahkan lintas negara atau Benua sekalipun. Misal seperti banyak perantauan yang memilih mudik lebaran dengan menggunakan sepeda motor, dan hal itu sudah menjadi tradisi di setiap lebaran. Tetapi kadang orang-orang lalai untuk memperhatikan motor mengingat kesibukan mereka yang luar biasa. Bagi semua khususnya yang mempunyai sepeda motor usahakan untuk meluangkan waktu untuk merawat motor, supaya tidak terkena biaya perawatan tinggi ketika dibawa ke bengkel resmi.

Apabila kalian ingin motornya menjadi lebih awet mesinnya bahkan tidak banyak mengeluarkan biaya ketika melakukan perawatan, ada beberapa tips dalam merawat motor seperti berikut ini:
1.     Usahakan untuk membeli sepeda motor yang masih baru
Awalnya ketika memakai motor baru, jangan terlebih dulu membawa beban berat hingga minimal 500 KM, hal ini penting mengingat olie bakal lebih cepat bercampur bersama serpihan logam karena gesekan dari komponen mesin. Cobalah buat menggunakan sepeda motor dengan kecepatan stabil mulai dari pelan hingga akhirnya kecepatan maksimal, gunanya supaya mesin tahan buat jangka panjang. Berusaha manfaatkan perawatan gratis yang sudah di berikan dealer ketika membeli sepeda motor. Biasnya diberikan gratis servis serta ganti olie sebanyak 3 kali jalan. Pertama ketika KM 500, kedua KM 1000 dan terakhir KM 2000. Itu bukan cuma menjadi bonus, tetapi untuk menjaga usia dari mesin dalam jangka panjang. Walau masih belum tentu motor baru tidak mempunyai kesalahan dalam perakitannya, maka perlu pengecekan segera usai 500 KM penggunaan pertama, gunanya mengetahui adanya kemungkinan kesalahan.
2.     Tune Up (Perawatan Berkala)
Tune up sangatperlu dilakukan guna mengetahui kemungkinan akan adanya beberapa komponen yang bisa tergores atau istilahnya aus. Dan membuat setelan mesin dapat otomatis berubah karena keausan yang terjadi dalam beberapa komponen mesin tertentu. Oleh karena itu harus dilakukan kembali penyetelan ulang tune up ke bengkel resmi motor tersebut. Debu dan kotoran yang sudah terhisap oleh karburator serta mengendap bakal sangat mempengaruhi kinerja mesin, makanya harus dibersihkan ketika tuneup.
3.     Rutin Penggantian Olie
Sebuahstandard untuk kekentalan olie yang digunakan oleh kendaraan yaitu SAE (Society of Automotive Engineer). Tetapi tenang, karena kebanyakan olie dipasaran sudah memenuhi standard buat iklim yang ada di Indonesia. Maka sebaiknya anda semua tidak perlu khawatir memperoleh standard olie yang kurang tepat buat merawat motor Anda. Tetapi yang harus perlu diperhatikan yaitu kapan ketika mengganti olie yang benar. Biasanya hal ini sudah ada di keterangan dalam bungkus olie. Ternyata mengganti olie yang sudah melebihi batas kilometer pemakaian dapat berakibat kurang baik buat si sepeda motor. Olie yang sudah melewati batas bakal mengencer serta tidak sesuai standard lagi. Oleh karena itu gantilah oli ketika kilometer sudah menunjukkan 2000 KM perjalanan atau ketika melakuan perawatan berkala.
4.     Pemakaian Sepeda Motor
Ketika memakai motor, usahakanjangan menggeber-geber gas dari sepeda motor anda atau seperti melakukan sebuah tarikan gas yang spontan. Karena hal ini bakal mempercepat sebuah keausan di rantai mesin, kopling, katup bahan bakar, piston serta stang piston. Apalagi jika motor anda menggunakan teknologi yang mesin 4 langkah. Mesin 4 langkah bakal lebih rumit dalam sistem bahan bakarnya, justru inilah yang memang sering bermasalah. Kalau motor menggunakan gigi manual, pakai pemakaian gigi seperti dengan kecepatan motor. Misal ternyata jalanan menanjak, sepeda motor hanya butuh tenaga lebih besar tentu kurangi gigi agar yang lebih sesuai. Sedangkan motor baru start ketika berjalan jangan langsung memakai gigi 4, namun awali dari gigi 1.Hal ini sangat berpengaruh sekali pada stang piston, kopling, piston, serta rantai mesin (4 langkah).


Diatas adalah beberapa langkah untuk merawat motor yang sederhana dan sangat mudah untuk Anda semua melakukannya. Semoga cara-cara diatas membantu kalian semua buat merawat motor agar tetap awet.