Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ingin Menjaga Tubuh Agar Tetap Langsing? Ini Tips dan Triknya.


Kali ini kita akan membicarakan masalah tubuh. Hampir semua orang ingin sekali mempunyai tubuh yang ideal. Entah bagaimanapun cara yang ditempuh untuk selalu bisa menjaga tubuh tersebut. Ada beberapa hal dibawah ini yang terlihat sepele atau normal-normal saja dilakukan, tapi ternyata sangat mempengaruhi bentuk tubuh kita.

Mengurangi Camilan
Kebanyakan sahabat domarai dari kalian pasti suka ngemil di saat senggang kan? biasanya makanan favorit kalian pasti makanan manis atau asin. Nahh, hal ini sebaiknya dikurangi, karena makanan yang terlalu manis dan terlalu asin tidak baik bagi tubuh kita. Sebagai gantinya kalian bisa memilih makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan yang segar atau sayur-sayuran. Selain mengurangi ngemil disaat sengang, ngemil saat malam hari atau menjelang tidur juga perlu untuk dikurangi. Hal ini dikarenakan ketika kalian makan menjelang tidur, maka kalian akan menghasilkan kalori dan kalori itu akan memberi energi pada tubuh padahal energi itu tidak diperlukan ketika kalian tidur. Jika kalian tetap ingin mengemil, kalian bisa membuat jadwal kapan kalian harus ngemil, agar asupan cemilan kalian dapat terkontrol dan tetap menjaga tubuh.

Minum Air Putih yang cukup
kita memang diharuskan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. 8 gelas perhari akan sangat baik dan bermanfaat dalam proses metabolisme tubuh kita. Tentunya bukan dengan minum 8 gelas secara langsung, tapi diberi waktunya tersendiri agar selalu menjaga tubuh. Ada juga tips untuk mengurangi konsumsi makan yang berlebihan yakni dengan cara meminum air putih terlebih dahulu pada 20-30 menit sebelum kalian makan. Ini cara yang sederhana tapi ampuh untuk membantu kalian mengendalikan nafsu makan kalian ketika makan. Kalian jadi lebih mudah untuk berhenti makan karena perut kalian sudah kenyang dengan air putih sebelumnya.  Lakukan cara ini setiap kalian ingin makan. Cara ini dapat mengurangi nafsu makan kalian yang berlebihan terutama pada waktu siang hari.

Kurangi Makanan Instan dan Cepat Saji
Sahabat domarai pasti suka dengan makanan instan atau makanan cepat saji? Pasti kebanyakan dari kita menyukai dua tipe makanan itu. Sebenarnya  tidak apa-apa  asalkan tidak dikonsumsi setiap hari. Kalau ingin berat badan tetap ideal, kalian harus mengurangi makan makanan instan dan makanan cepat saji. Hal ini karena kandungan garam yang tinggi dalam makanan instan dan cepat saji dapat memicu munculnnya obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan, selain itu juga dapat membuat badan menjadi lebih gemuk. Kalian tidak mau kan badan kalian yang sudah ideal rusak karena makan makanan yang sebenarnya tidak baik buat tubuh? Maka dari itu kalian memang harus lebih berhati-hati. Kalian diharuskan untuk mengkonsumsi buah atau sayuran, kalian bisa kok mengolahnya menjadi jus. Selain rasanya menjadi lebih enak, jus juga dapat membantu usus mempercepat prosep penyerapan nutrisi untuk keperluan dalam proses metabolisme untuk menjaga tubuh.

Atur Pola Makan
Diet? Tidak masalah, asal ada aturannya. Diet bukan berarti kalian tidak makan apapun tapi kalian harus mengatur pola makan. Caranya itu dengan membuat perencanaan makan, hal ini sangat penting untuk dapat membantu kalian untuk dapat gaya hidup sehat. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat dari sebelumnya. Sangat dianjurkan untuk tidak mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, makanan yang mengandung minyak secara berlebihan, makanan yang mengandung garam yang tinggi dan makanan yang mengandung gula yang tinggi.

Tidur yang Cukup Setiap Harinya
Sahabat domarai semuanya, ternyata tidur memberikan manfaat dalam menjaga metabolisme tubuh, memperbaiki otot-otot tubuh, dan meningkatkan kebugaran. Waktu yang paling tepat untuk tidur yakni  7-8 jam. Tujuannya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal. Dianjurkan untuk tidur tidak kurang dari 8 jam perhari. Orang yang tidurnya kurang dari 7 jam akan membuat produksi hormon kortisol, gula darah dan produksi insulin akan naik. Hal itu akan membuat tubuh  menjadi lebih cepat lapar dan menjadikan resistensi insulin dimana resistensi tersebut akan membuat tubuh menyimpan lemak lebih banyak. Maka dari itu diusahakan untuk tidak begadang dimalam hari dan tetap menjaga kualitas tidur kalian.

Berolahraga atau beraktivitas
Olahraga sangat baik untuk kesehatan dan juga menjaga bentuk tubuh kita. Kalian bisa mencoba olahraga ringan yakni jogging, sprint atau skipping. Lakukanlah olahraga minimal 1 minggu sekali. Manfaat dari olahraga yakni dapat mempercepat proses pembakaran kalori dan lemak dengan cepat,  juga cara yang cepat untuk dapat menurunkan berat badan. Jika kalian tidak ada waktu untuk berolahraga, kalian bisa kok melakukan aktivitas yang lain, seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, naik turun tangga minimal 3 jam dalam semingu atau aktivitas yang membuat tubuh kalian tetap aktif bergerak. Saat aliran darah kalian lancar, maka kesehatan akan tetap terjaga.