Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Belajar Bahasa Inggris yang Gak Bikin Bosen

Siapa yang masih merasa kesulitan untuk belajar Bahasa Inggris??? Sahabat domarai masih ada yang kesulitan juga??? Tenang .. tenang .. tidak perlu khawatir .. tidak perlu risau .. Saya punya beberapa tips supaya belajar Bahasa Inggris kamu terasa lebih menyenangkan daripada biasanya! Happy read the next section, guys 😃


Tips belajar Bahasa Inggris yang ingin saya bahas kali ini merupakan cara-cara yang "sambil menyelam minum air". Artinya sembari kita fun dan menikmati apa yang ingin kita lakukan, sembari kita mengasah kemampuan kita dalam ber-Bahasa Inggris. 

Tips yang akan disajikan ini cocok bagi kamu yang gak sempat mengambil kursus Bahasa Inggris secara intensif atau bagi kamu yang lebih suka belajar otodidak. Cara belajar yang fleksibel dan gak kaku. Beneran!


Dengerin Lagu Berbahasa Inggris
Cara ini sering digunakan sebagian besar orang untuk belajar Bahasa Inggris. Kenapa? Apalagi kalau bukan karena lagu adalah sesuatu yang hampir ada di mana-mana dan dengan mendengarnya hati kita jadi 'sensitif', entah happy atau sedih karena meresapi setiap liriknya. 

Belajar dengan bantuan lagu ini tidak sekedar mendengarkan serta tau apa liriknya saja. Namun kalian juga harus mencari tau apa terjemahan dari setiap lirik lagu tersebut. Cara ini mengajarkan kepada kita tentang dua hal, yaitu vocabulary (kosa kata) dan pronunciation (pelafalan). 

Jaman sekarang ini apapun telah ada Apps-nya. Tidak terkecuali aplikasi musik dan lagu yang disediakan pula lirik di dalamnya. Misalnya seperti joox dan spotify. Kalian bisa mengunduhnya secara gratis di play store. 

Nonton Film Berbahasa Inggris dengan Subtitle Bahasa Inggris juga


Cara yang satu ini cocok banget buat kalian yang demen nonton film. Sedikit lebih tinggi dibanding kalau kita dengerin lagu, konsep belajar Bahasa Inggris yang kita dapet dengan cara ini yaitu vocabulary (kosa kata), pronunciation (pelafalan), comprehension (pemahaman). Comprehension ini berkaitan dengan reading pada tes TOEFL. Salah satu aplikasi penyedia film beserta subtitlenya yakni viu

>>> Selanjutnya adalah konsep belajar "Bermain sambil Belajar"

Main Scrabble
Sumber: ebay.co.uk
Permainan ini bernama 'Scrabble'. Tujuannya yakni mencetak skor sebanyak-banyaknya dengan menyusun kata dalam Bahasa Inggris. Pada setiap balok huruf terdapat nilai yang nantinya akan menentukan pemenang pada setiap set permainan ini. Konsep belajar Bahasa Inggris yang kita dapatkan melalui bermain game ini adalah menambah vocabulary (kosa kata).

Scrabble dapat dimainkan oleh 2-4 pemain. Mula-mula kotak-kotak huruf dikocok di dalam kantong kemudian setiap pemain mengambil satu huruf. Huruf yang mendekati huruf 'A' atau yang memperoleh kotak kosong akan menjadi pemain pertama. Setelah itu, huruf undian, dimasukkan ke dalam kantong untuk di acak kembali. 

Selanjutnya setiap pemain mengambil 7 buah kotak untuk dimainkan. Ketika permainan berlangsung, setiap peserta dapat memilih 3 kondisi: membuat kata, mengatakan "pass", atau menukar huruf. Jika peserta menukar huruf berarti dia tidak dapat membuat kata dan jika semua pemain mengatakan "pass" 2x berturut-turut maka permainan berakhir. 

Hafalin Vocabulary dengan Bantuan Apps yang Menarik
Cara ini lebih menarik untuk dilakukan jika kamu merasa membuka kamus itu membosankan. Aplikasi yang telah diciptakan oleh seseorang untuk memfasilitasi kita dalam belajar Bahasa Inggris salah satunya yaitu Memrise dan Bahaso

Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di play store itu menyediakan banyak kosa kata yang harus kita hafalkan. Jikalau ada kosa kata yang kita belum bisa mengingatnya, aplikasi tersebut akan mengulangnya kembali sampai kita dianggap sudah hafal. 


Pelajari Grammar dengan Bantuan Game Apps yang Seru
Grammar biasanya menjadi bagian yang lumayan sulit untuk dipelajari dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, seseorang di luar sana telah berbaik hati menciptakan game application seru bagi kita-kita yang membutuhkan ini 😁. Aplikasi tersebut bernama Bahaso, Duolingo, dan Speed English Grammar.

Tiga aplikasi tersebut selain mengajarkan tentang grammar juga mengajarkan tentang vocabulary. Konsep permainan yang ditawarkan yakni seperti bermain puzzle, mencocokkan kata demi kata sehingga tercipta kalimat yang baik dan benar. 

>>> Itulah beberapa tips belajar Bahasa Inggris yang bikin kita happy ketika mempelajarinya. Semangat belajar sahabat domarai, I hope that your English skill is better than before. Jikalau masih ada yang ingin ditanyakan, tanya di kolom komen ya, terima kasih dan semoga bermanfaat.