Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Menjalin Persahabatan Biar Tetap Awet

Sahabat domarai pasti punya dong seseorang yang hampir selalu ada di setiap perjalanan hidup kalian selain keluarga? That right, udah pasti itu sahabat. Gimana sih cara supaya bisa awet kalo sahabatan? Sini deh aku kasih tau sedikit tipsnya! Let's enjoy to read, guys 😊


1. Pahami Karakter Sahabatmu
Sebuah persahabatan terjalin dengan epic biasanya didasari dengan adanya something special yang sama di antara kamu dan sahabatmu itu. Seperti misalnya sifat, karakter, obrolan, ataupun kesukaan yang sama. Namun tidak jarang ada yang terlihat seperti sahabatan karna sering bareng, tapi hati mereka tidak 'klik'. Kesan yang kemudian muncul yakni ada pihak yang memanfaatkan kebaikan temannya itu.

Baca juga: Tips-tips Berteman dengan Segala Jenis Manusia 

2. Jangan Putus Komunikasi
Meskipun kamu dan sahabatmu sudah memiliki kehidupan masing-masing, jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengannya. Komunikasi yang saya maksudkan di sini bukan yang sama kalo sama gebetan, everytime nanya kabar atau yang lain. Tapi tetap kontak dia misal sebulan sekali atau dua minggu sekali setidaknya buat nanya kabar atau cerita-cerita.

Kebanyakan kaum hawa hampir dapat dipastikan suka cerita. Nah, fungsi cerita dalam sebuah persahabatan itu untuk tetap memantau kalau sahabat kita tetap sama dan tidak berubah seiring dengan lingkungan yang ada di sekitarnya sekarang. Jadilah pendengar yang baik untuk setiap cerita yang dia utarakan ke kamu ya. 

Kalau sahabat kamu gak cuma satu, bisa banget tuh bikin grup chat misal di WhatsApp atau Telegram. Sometimes bisa video call  biar makin seru ngobrol-ngobrolnya. 

3. Luangkan Waktu untuk Meetup 
Meetup, kalau kataku sih penting apalagi bagi kalian yang LDF (Long Distance Friendship). Persahabatan jarak jauh bisa karena kuliah atau kerja atau ikut suami karena sudah menikah. Meetup ini berfungsi untuk nge-charge jiwa kita yang mungkin saja jenuh dengan aktivitas kita setiap harinya. Ketemu sahabat-sahabat bikin kita bisa cerita apa aja dan menungkan segala kepenatan atau kesesakan di dalam dada. Tapi jangan Ghibah lho ya.

4. Selesaikan Masalah dengan Bicara
Sudah merupakan hal yang biasa jika berhubungan dengan manusia lain akan timbul suatu permasalahan. Bagaimana tidak? karena kita manusia dibekali akal dan pikiran yang setiap kita mempunyai pandangan akan sesuatu yang tidak selalu sama. 

Meskipun persahabatan kalian mungkin sudah terjalin bertahun-tahun, perbedaan pendapat bisa saja terjadi. Namun apapun masalahnya, bicarakanlah dengan sahabat kamu. Supaya kalian bisa mencari apa yang seharusnya dibenahi atau dimaafkan. Jangan sampai karena suatu masalah, hubungan persahabatan kalian yang jadi taruhannya.

5. Jangan Egois

Salah satu hal yang penting banget dalam sebuah persahabatan yaitu jangan egois! Siapa sih orang yang gak jengkel dengan perilaku orang-orang yang egois? Pasti gak ada ya kan. Jika kita egois, sudah barang tentu sahabat kita gak akan suka sama kita. Pun kalau mereka ingin mengingatkan kita, akan mental aja itu kata-kata. Lalu yang akan terjadi apa? Rusaklah persahabatan yang terjalin. 

6. Saling Mengingatkan 
Sahabatan, berarti tandanya kita sayang sama sahabat kita. Kalau sayang, berarti tidak akan membiarkan orang yang kita sayang itu terjerumus ke dalam hal-hal yang buruk. Itulah fungsinya sahabatan, bukan hanya melakukan sesuatu yang kita suka aja tanpa memikirkan itu baik atau tidak untuk kita. 

Dengan mengingatkan sahabat kita jika dia berbuat yang tidak baik, mungkin awalnya dia akan jengkel, sebel, kezel sama kita. Tapi perlahan-lahan dengan diksi yang sesuai dengan karakternya, dia bakal mendengarkan kita yang notabene sudah paham tentang dia. Namanya juga manusia, kadang suka lupa. Jadi dengan adanya sahabat, kita bisa terbantu untuk teta[ berada di jalur yang benar. 

7. Rayakan Momen Spesial Kalian
Gak kalah penting sama meetup nih sahabat domarai. Merayakan momen spesial di antara kalian ini akan mengukir sejarah persahabatan yang telah kalian jaga sejauh ini. Momen-momen apa aja yang bisa dirayakan? Hari lahir masing-masing kalian, hari terbentuknya geng kalian (cewek-cewek sih biasanya gitu ya kan), momen ketika ada yang mau kuliah atau kerja di luar kota, momen ketika ada salah satu sahabat yang mau menikah. 

Momen-momen spesial itu akan terkenang sepanjang hidup kalian. Misalkanpun kalian ada masalah setelahnya, kalian bisa mengingat kembali kejadian-kejadian yang telah kalian lewati bersama. Rela kalau persahabatannya putus???

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa aku kasih ke kalian. Semoga hubungan persahabatan kalian tetap terjaga sampai kapanpun ya guys. Salam persahabatan 😄