Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Uang Kiriman Cepat Habis? Gini Nih Cara Buat Mengelolanya!

Sahabat domarai, kiriman dari orang tua adalah hal yang paling ditunggu oleh para mahasiswa. Bagaimana tidak? berada jauh dari rumah membuat mahasiswa diharuskan untuk dapat hidup sendiri dan memenuhi keperluannya sendiri. 

Namun, banyak para mahasiswa yang mengeluh akan pengeluaran yang terlalu besar padahal masih banyak keperluan lain yang masih harus di penuhi. Kebanyakan dari mereka akan kehabisan uang karena terlalu banyak digunakan pada waktu awal bulan.

Nahh untuk mengatasi hal itu, yukk kita bahas bareng – bareng tentang bagaimana caranya agar dapat mengelola uang jajan dengan baik.




1. Mencatat segala bentuk pengeluaran


Hal satu ini adalah sesuatu hal yang seharusnya dapat diterapkan bagi para mahasiswa yang sulit untuk bisa mengelolauang jajan mereka. Pasti kebanyakan dari kalian malaskan untuk mencatat di buku atau kertas? 

Sekarang ini udah banyak kok app yang memang difungsingkan sebagai wadah untuk dapat mencatat pengeluaran kalian, atau kalian juga bisa menggunakan fitur Notes di hp kalian. Jadi tidak ada alasan untuk kalian malas mencatat. 

Diusahakan untuk terus mencatatnya dan catatlah dengan jujur agar tidak adanya perbedaan antara uang yang telah dikeluarkan dan uang sisa yang ada di dompet.  

2. Mencatat keperluan pembelanjaan


Berbelanja menjadi hal yang paling utama bagi mahasiswa. Mulai dari berbelanja makanan sampai dengan pakaian dan lain – lainnya. Awal bulan adalah waktu yang tepat untuk berbelanja, karena uang jajan sudah turun.

Tapi perlu diingat, janganlah menghabiskan uang terlalu banyak pada awal bulan, karena hal ini akan memberikan dampak yang buruk pada waktu akhir bulan nanti. Biasanya kebanyakan orang jika sudah memiliki uang, mereka akan membeli banyak hal, bahkan keperluan yang tidak seharusnya juga ikut terbeli karena lapar mata. 

Maka dari itu disarankan untuk mencatat atau membuat daftar pembelanjaan, mulai dari mencatat barangnya apa saja sampai harganya juga kalau bisa dicatat agar pengeluarannya dapat terkontrol dengan baik. 

3. Menyegerakan melunasi uang kepada Teman


Bagi mahasiswa meminjam uang kepada teman adalah hal yang biasa. Apalagi jika sudah menginjak akhir bulan, dimana uang sudah mulai menipis, tapi masih banyak keperluan yang harus di dapatkan. 

Kebanyakan dari mereka akan meminjam uang hanya untuk sekedar membeli makan atau untuk fotokopi saja. Meminjam uang memang menjadi pilihan terbaik jika uang yang dimiliki benar – benar sudah habis. 

Tapi perlu diingat berapa nominal yang dipinjam dan ketika sudah mempunyai uang diharapkan untuk segera melunasinya. Meskipun nominal yang dipinjam tidak terlalu banyak namun dapat berpengaruh pada pengeluaran, karena ini akan masuk ke dalam pengeluaran yang tidak terduga. 

4. Menabung di Awal Bulan


Bagi mahasiswa yang memiliki segudang keperluan diharapkan untuk dapat menabung demi kesejahteraan diri. Untuk menerapkannya yakni dengan cara, ketika uang jajan sudah didapatkan dari orang tua, disisihkan beberapa persen untuk di tabung. 

Uang yang sudah ditabung ini diusahakan agar tidak digunakan dan hanya digunakan pada saat – saat yang benar – benar mendesak saja. Agar lebih terkondisi lebih baik menabung dengan nominal yang sama pada setiap bulannya. 

Tabungan ini akan menjadi uang simpanan yang sangat berguna bagi para mahasiswa. Dengan menabung dapat meminimalisir terjadinya pinjam meminjam antar teman. 
  

5. Menjaga Kesehatan


Bagi mahasiswa yang nge-kos dan jauh dari orang tua, menjaga kesehatan adalah hal yang paling utama harus dilakukan, kenapa? Karena ketika sakit maka semua hal akan menjadi susah, tidak akan ada yang mengurus dan jika sampai dibawa ke dokter, maka akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. 

Maka dari itu disarankan untuk dapat berolahraga secara rutin dan makanlah makanan yang bergizi. Kelola uang makan dengan baik agar dapat makan - makanan yang bergizi dan juga diharapkan agar makannya teratur. 

Telat makan menjadi hal yang perlu di hindari agar tidak terserang penyakit maag atau tipes, dua penyakit itulah yang biasanya menjadi penyakit langganakan anak kos.




Jadi bagaimana sahabat domarai? Sudah tau kan bagaimana cara mengelolanya. Semua cara itu akan berhasil jika kalian dapat menerapkan secara terus menerus. 

Uang kalian akan lebih banyak tersisa dan tidak akan habis di akhir bulan jika kalian dapat mengelolanya dengan baik. Cara diatas merupakan cara termudah untuk dapat meminimalisis pengeluaran uang jajan dengan cara yakni, mengelolanya dengan benar.