Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Buat Aplikasi Android Lampu Satu Tombol



Membuat aplikasi android lampu dengan satu tombol - Halo sahabat domarai kali ini kita akan mengembangkan project yang sebelumnya yaitu Buat aplikasi android dengan MIT Inventor 2 agar lebih efektif. 

Project kedua kita beri nama Buat Aplikasi Android Lampu Satu Tombol, karena kita akan menghilangkan salah satu tombol dari project sebelumnya. Mengaktikan dan mematikan lampu menggunakan satu tombol akan lebih efektif karena degan satu tombol memiliki dua fungsi. 

DESAIN TEMPLATE
1. Pada project kedua ini menggunakan template dari artikel sebelumnya yaitu Buat aplikasi android dengan MIT Inventor 2 namun ada sedikit perubahan, yaitu menghapus tombol ON. Karena lampu dapat menyala dan mati hanya menggunakan satu tombol saja.

2. Memperbesar ukuran gambar dan tombol serta memberikan warna default merah. Untuk ukuran image 1 & image 2 perbesar hingga 200 X 200 pixels. Sedangkan untuk tombol diperbesar menjadi 50x100 pixels. 


3. Setelah diatur maka tampilannya seperti berikut ini. Perbesaran gambar dan tombol dilakukan agar lebih menarik saja hehe. Kalian dapat berkreasi untuk menghasilkan tampilan yang menarik. 


DESAIN BLOCK PROGRAM
1. Menggunakan satu tombol untuk melakukan dua fungsi mematikan dan menghidupkan memerlukan fungsi logika dan variabel. Variabel berfungsi untuk menyimpan data yang digunakan untuk mengatur kondisi tombol. Variabel saya beri nama data. Pemberian nama variabel bebas. Pada variabel data memiliki default data sebesar 0.
2. Selanjutnya menggunakan fungsi IF (fungsi jika) untuk mengatur variabel dan dampak yang ditimbukan. Blocknya seperti berikut ini. Langkah pertama membuat program tombol ON untuk menyalakan lampu terlebih dahulu. 

Penjelasan Program ON di atas

KETIKA TOMBOL OFF DITEKAN 1X

JIKA 
MENDAPAT DATA DARI VARIABEL DATA

MAKA 
SET VARIABEL DATA (VARIABEL DATA = 0 DITAMBAHKAN 1)
SET IMAGE 1 MENJADI TERLIHAT
SET IMAGE 2 MENJADI TIDAK TERLIHAT
SET WARNA BACKGROUND TOMBOL OFF MENJADI HIJAU
SET TEKS PADA TOMBOL OFF MENJADI ON

Pada program di atas variabel data yang awalnya memiliki default 0 kini menjadi 1. karena saat tombol off ditekan maka akan menambahkan data sebesar 1.

3. Selanjutnya membuat program untuk tombol OFF untuk mematikan lampu. Lakukan duplikasi program ON di atas dan lakukan perubahan sedikit seperti gambar di bawah ini. 

Penjelasan Program OFF di atas.

KETIKA TOMBOL OFF DITEKAN 2X

JIKA 
MENDAPAT DATA DARI VARIABEL DATA = 2

MAKA 
SET VARIABEL DATA (VARIABEL DATA = 2 MENJADI 0)
SET IMAGE 1 MENJADI TIDAK TERLIHAT
SET IMAGE 2 MENJADI TERLIHAT
SET WARNA BACKGROUND TOMBOL OFF MENJADI MERAH

SET TEKS PADA TOMBOL OFF MENJADI OFF

Pada saat TOMBOL OFF ditekan yang ketiga kalinya makan yang akan kembali menjalankan program ON dikarenakan saat program off berjalan variabel data yang berisi angka 2 diubah menjadi angka 0. Jika Jumlah tekanan ganjil selalu menjalakan program ON, jika jumlah tekanan genap akan menjalankan program OFF, Begitu seterusnya. 

4. Lakukan pengujian Aplikasi menggunakan fasilitas yang tersedia, dapat menggunakan AI Companion, Emulator atau USB. Kita akan menggunakan AI Companion yang lebih mudah. Maka akan muncul barcode seperti berikut ini.

5. Masukkan token / scan barcode tadi menggunakan aplikasi MIT AI2 Companion pada HP Smartphone kalian.

6. Lakukan pengetesan apakah aplikasi berfungsi dengan logika atau tidak. 

BUILD APLIKASI YANG DIBUAT
1. Klik build pada menu atas - pilih save apk to my computer. Setelah terdownload kalian instal. Karena ini merupakan aplikasi buatan kita sendiri maka akan dicekal pada saat penginstalan, maka kalian harus mengkatifkan izinkan sumber tidak dikenal pada keamanan android kalian.

Untuk artikel berikutnya akan lebih menarik lagi. 
Bagi yang belum jelas kalian dapat melikuat video tutorial berikut ini.


Terimkasih atas kunjungannya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.
Yuk baca artikel lainnya. 

Bisnis Aksesoris Handmade
Ide Bisnis Kreatif di Kalangan Mahasiswa
Bisnis kerajinan Handmade