Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Setup Labu Kuning Anti Diabetes



Assalmu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. halo Sahabat Domarai? Sahabat Domarai pasti sudah tidak asing lagi dengan “labu kuning”. Ternyata labu kuning dapat digunakan sebagai pengobatan diabetes lo Sahabat. Apakah sahabat sudah tahu?
Labu kuning dalam Bahasa Inggris disebut pumpkin atau orang Jawa menyebutnya sebagai waluh. Buah ini termasuk ke dalam golongan tanaman merambat. Pada mulanya tanaman ini berasal dari benua Amerika kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia yang memiliki iklim hangat.
Labu kuning yang sudah tua berwana jingga atau oren. Warna tersebut disebabkan oleh kandungan beta karoten yang tinggi. Selain itu, daging buahnya tebal dan rasanya manis.
Labu kuning memiliki banyak sekali manfaat salah satunya sebagai anti diabetes.  Yadav, et al (2010) dalam jurnalnya yang berjudul “Medicinal and Biological Potential of Pumpkin: an Updated Review” menjelaskan bahwa labu kuning memiliki sifat anti diabetes yang potensial dan dapat dikategorikan ke dalam golongan tanaman anti diabetes untuk mengobati diabetes pada manusia.
Pendapat senada juga dijelaskan oleh Kwon et al (2007) dalam jurnalnya yang berjudul “Health Benefits Of Traditional Corn, Beans, And Pumpkin: in Vitro Studies for Hyperglycemia and Hypertension Management” bahwa labu kuning memiliki efek anti-diabetes karena mengandung phenolic phytochemicals. Zat tersebut berfungsi untuk menghambat b-glucosidase dan a-amylase yaitu enzim yang berperan dalam pelepasan glukosa.
Bagaimana Sahabat Domarai? Menakjubkan bukan manfaat dari buah labu kuning? Meskipun demikian pengolahan buah labu kuning akan menentukan kandunagn nutrisi di dalam labu kuning. Sebaiknya, labu kuning cukup di kukus atau direbus tidak perlu di goreng karena proses penggorengan dapat merusak nutrisi di dalam labu kuning.
Salah satu olahan labu kuning yang mudah dan praktis namun memiliki cita rasa yang lezat adalah setup labu kuning. Setup adalah buah-buahan yang dimasak dengand irebus dan diberi gula (KBBI). Jadi setuplabu kuning adalah labu kuning yang direbus dan diberi gula.
Berhubung resep ini diperuntukkan untuk anti diabetes, maka penggunaan gula harus diperhatikan. Sebaiknya tidak menggunakan gula, karena labu sebenarnya juga sudah manis, tapi jika ingin lebih mantap bisa ditambahkan gula arena tau madu. Langsung saja, berikut ini adalah resep “Setup Labu Kuning anti Diabetes”.
Bahan:
  • 500 gr labu kuning kupas
  • 1 liter air
  • 1 batang kayu manis
  • 10 butri cegkeh
  • Garam himalaya



Cara memasak:
  1. Cuci labu kuning dengan air mengalir
  2. Potong-potong labu kuning dengan ukuran 3 x 2 ruas jari atau sesuai selera.
  3. Masukkan labu kuing ke dalam panic kemudian tambahkan air setinggi labu. (jika ingin kuah lebih banyak bisa ditambahkan air lagi).
  4. Rebus dengan api sedang selama 15-20 menit dengan panci tertutup. (harus sering diperiksa agar air tidak tumpah)
  5. Setalah 18 menit atau labu sudah lunak tambahkan sejimpit garam himalaya, kayu manis, dan cengkeh, kemudian kecilkan api dan tutup kembali.
  6. Tunggu kurang lebih 1- 2 menit, aduk rata kemudian matikan api. (panci dalam keadaan tertutup)
  7. Tunggu sampai hangat.
  8. Setelah hangat tuangkan secukupnya ke dalam piring atau mangkuk.
  9. Setup Labu Kuning Anti Diabetes siap disajikan.

Catatan:
  •           Bisa ditambahkan kacang mete, kacang almond, atau akcang tanah sangrai sebagai taburan.
  •          Jika ingin rasa yang lebih manis bisa ditambahkan gula aren ketika merebus. Gula aren bisa dimasukakan Bersama dengan kayu manis dan cengkeh.
  •         Bisa juga ditambahkan madu murni ketika setup labu kuning akan dihidangkan.



Sahabat Domarai, itulah resep “Setup Labu Kuning Anti Diabetes”. Mudah bukan cara membuatnya? Yuk dicoba dan beritahu kami dengan menuliskan komentar di kolom komentar.
Setup labu kuning ini dapat dimakan di pagi ahri sebagai sarapan dipadukan dengan buah segar atau kurma. Bisa juga disantap sebagai camilan di siang atau sore hari.
Sebagai informasi tambahan untuk Sahabat Domarai, penambahan kayu manis juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Selain itu aroma kayu manis akan membuat setup labu kuning terasa lebih lezat.
Kemudian, kayu manis, cengkeh dan garam hanya direbus selama 2 menit dimaksudkan untuk menjaga senyawa aktif dari ketiga bahan tersebut. Merebus rempah-rempah dan garam terlalu lama akan menghilangkan senyawa aktif yang sangat berguna bagi tubuh. Meskipun rasa dan aromanya masih ada, karena rasa dan aroma muncul dari minyak atsiri yang ada di dalam rempah-rempah.
Demikianlah Sahabat Domarai pembahsan resep “Labu Kuning Anti Diabetes”. Selamat mencoba. Sahabat juga bisa mencoba resep Resep Risoles Mayo Super Enak.
Wassalamu'alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh.


Referensi:
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Walu
  2. Kwon YI, Apostolidis E, Kim YC, et al. (2007) Health benefits of traditional corn, beans, and pumpkin: in vitro studies for hyperglycemia and hypertension management. J Med Food 10, 266–275.
  3. Yadav, M. et al. (2010). Medicinal and Biological Potential of Pumpkin: an Updated Review. Nutrition Research reviews, 23, 184-190.


Disclaimer:
Takaran resep belum dibuktikan secara imliah. Perlu penelitian untuk menentukan takaran saji yang sesuai.