Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Cara Agar Baterai Hpmu Berumur Panjang

Domarai.com - Baterai merupakan salah satu dari komponen yang sangat penting untuk barang elektronik sekarang ini, termasuk juga smartphone.  Sesuai dengan prinsipnya, baterai lithium-ion yang sekarang banyak dipakai oleh smartphone tentu mempunyai usia pemakaian. Maka dengan seiring waktu, pasti kualitas baterai dalam menyimpan daya bakal berkurang.

  

  Sahabat domarai, berharap kalian semua tetap bisa menjaga dan merawat smartphone kalian dengan baik, termasuk juga komponen baterainya. Kali ini kita akan membahas tips baterai umur panjang pada smartphone.




1. Isi daya dengan berkala & secukupnya.


   Apabila kalian melakukan aktifitas di dalam ruangan, cara seperti ini bisa menjadi solusi membuat panjang umur baterai ponsel kalian. Tetapi jika kalian beraktifitas di luar ruangan, bisa disiasati dengan mengisi baterai hingga 90% - 100% saat dirumah, kemudian mengandalkan powerbank ketika sudah di luar dan diisi saat baterai dibawah 30% sampai 80%.


2. Ada baiknya tidak mengisi full baterai


  Mengingat banyaknya smartphone yang menggunakan baterai jenis lithium-ion, lebih baik tidak diisi secara penuh sampai 100%. Bahwa ternyata pengisian hingga full begitu melelahkan untuk berbagai bahan kimia di baterai tersebut.


3. Stop nge-charger kalau baterai sudah penuh


   Tips baterai umur panjang selanjutnya apabila kalian mengisi ponsel dan ternyata sudah penuh, sebaiknya secepatnya dihentikan. Karena ini dapat membuat baterai akan bekerja keras secara terus-menerus sampai memunculkan semacam stres dalam proses kimiawi baterai.


4. Matikan aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan


  Misal aplikasi seperti Wi-fi, GPS, widget dan sebagainya, apabila menurut anda sudah tidak dipakai, lebih baik dimatikan saja. Hal ini bisa menguras baterai hingga ponsel seakan selalu siaga pada aplikasi-aplikasi tersebut.


5. Wallpaper keren


   Sebuah wallpaper memang akan membuat ponsel kalian terlihat sangat keren. Tapi tahukah, bahwa itu hal tersebut sama sekali tidak bersahabat dengan baterai. Tips baterai umur panjang lebih baik pakai wallpaper biasa saja dengan warna dari tema cenderung gelap supaya baterai kalian tidak cepat terkuras.


6. Tampilan dan Layar


    Dengan layar smartphone yang semakin terang tentu akan lebih banyak power source yang dipakai, hal itu berlaku juga di ponsel kalian. Sebaiknya apabila berada di ruangan, kurangi tingkat kecerahan layar hingga level yang terlihat nyaman di mata.


7. Power saving mode


  Buat kalian yang mungkin memakai ponsel jenis android untuk kesehariannya, agar lebih memilih memakai modus power saving. Karena ternyata fitur ini juga dapat menjaga dan memperpanjang umut baterai smartphone kalian.


8. Jangan nge-charger hp saat akan tidur


  Tips baterai umur panjang selanjutnya apabila dipikir-pikir seperti kurang logis, namun mengisi baterai semalaman juga tidak sehat. Ada yang meyakini bahwa hal ini bisa memutar baterai pada kondisi stress. Sebaiknya dalam mengisi daya baterai dengan durasi waktu selama 1 hingga 2 jam saja.


9. Sering mengisi daya


  Hal ini seperti tidak penting namun cukup berpengaruh buat baterai, lebih baik segera mengisi daya sebelum benar-benar habis 0 persen. Karena ini bisa menjadi penyebab umur baterai kalian lebih cepat mati.


10. Suhu ponsel usahakan tetap dingin


    Tips baterai umur panjang terakhir adalah masalah suhu ponsel. Ternyata baterai ponsel begitu sensitif sekali dengan panas, apalagi sering kali muncul ketika sedang diisi daya. Misal kalian sering menggunakan smartphone buat bermain game yang berat, sebaiknya tidak memakai cover supaya panas mudah tersebar. Karena kalau menggunakan cover waktu bermain game bisa mudah panas serta panasnya berkumpul satu titik di permukaan.