Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Menghemat Kuota Internet

Domarai.com - Saat ini bisa menjelajah dunia maya memakai jaringan internet berubah jadi suatu kebutuhan utama oleh kebanyakan orang. Ditambah semakin canggih dan banyaknya fitur yang diberikan oleh jaringan internet. Misal seperti mencari tugas belajar, berjualan online, menulis blog dan lain sebagainya. 

    Tetapi untuk memakai internet, kita butuh yang namanya kuota data internet. Karena dari kuota inilah kalian semua bisa menjelajah dunia maya dengan sesuka hati kalian. Cara pembelian kuota internet ini yaitu dengan membeli pulsa atau langsung membeli paket data untuk menggunakan internet tersebut.

    Sahabat domarai, namun tidak banyak orang tahu cara menghemat kuota agar tidak terlalu boros memakainya. Kali ini kita akan membahas tips menghemat kuota internet. Dan semoga tips-tips yang akan dijelaskan membuat kalian tidak boros karena kuota internet yang cepat habis.


1. Perhatikan Pemakaian Browser

   Coba kalian lihat pemakaian browser, karena bisa saja ini menjadi salah satu penyebab kuota kalian cepat habis. Apalagi untuk kalian yang senang menggunakan browser default yang juga bawaan dari smartphone, lebih baik tidak memakainya lagi.

  Sebaiknya kalian menggunakan aplikasi browser yang jauh lebih efisien, misal opera mini atau lainnya. Intinya memang terbukti dapat menyimpan kuota dengan primer sekaligus mengompres laman yang kalian jelajahi.


2. Atur Fitur Maps Menjadi Offline

   Terkadang fitur ini sering mengurangi kuota internet dengan cepat karena kelalaian kita untuk mematikan fitur ini. Memang diperjalanan maps sangat membantu sekali untuk sampai ke lokasi tujuan kita, dengan memberikan arah lewat penunjuk visual atau suara. 

  Dengan kemudahan untuk mencari jalan yang diberikan fitur ini, banyak orang tidak sadar kalau penggunaan maps bisa menyedot banyak kuota. Belum lagi misal kalian memakai layanan seperti turn-by-turn, built-in navigation, direction atau lainnya. Oleh karena itu, supaya kuota tidak cepat habis salah satu tips menghemat kuota internet adalah dengan mengatur maps yang sebelumnya mode online dirubah ke offline. 


3. Coba Identifikasi Aplikasi Yang Boros

  Sebaiknya kalian lakukan sebuah identifikasi terkait aplikasi yang sekiranya menyedot banyak kuota internet. Caranya adalah, kalian masuk ke pengaturan atau setting kemudian data usage serta lakukan scroll kebawah sampai kalian ketemu daftar aplikasi apa saja yang banyak makan kuota. Agar menghemat kuota, lebih baik hapus aplikasi yang sekiranya banyak menghabiskan kuota dan kurang penting.


4. Jangan Atur Update Otomatis

   Semua aplikasi yang ada di smartphone kalian memang perlu adanya update berkala guna memperbarui sistem yang ada di dalamnya. Tetapi banyak orang lupa membuat pengaturan aplikasi terupdate dengan otomatis saat data dinyalakan. Karena hal inilah bisa menguras kuota internet kalian tanpa kalian sadari. Bisa saja kalian setting update otomatis namun saat tersambung ke wifi saja, inilah tips menghemat kuota internet.


5. Aktifkan Peringatan & Batasi Mobile Data

  Usahakan untuk membatasi pemakaian mobile data serta aktifkan peringatan, untuk menghemat kuota internet kalian semua. Misal ketika kalian keluar rumah, sebaiknya saat berada di perjalanan atau sedang melakukan hal sesuatu yang sekiranya tidak membutuhkan internet sebaiknya tidak mengaktifkan mobile data.


Sahabat domarai, semoga beberapa tips menghemat kuota internet diatas bisa mengurangi biaya pengeluaran kalian, dan tentunya bermanfaat untuk kalian semua. Tetap jangan lupa periksa selalu kuota internet kalian, jangan sampai karena keasikan bermain dunia maya membuat kuota cepat habis dan pengeluaran menjadi membengkak sekaligus boros.