Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenalkan Ecobrick untuk Anak - Anak

 


Gambar oleh Freepik

Domarai.com – Sahabat Domarai pernah mendengar kata “Ecobrick” ? kalau sudah kira – kira apa maksudnya? Ecobrick adalah suatu metode untuk meminimalisir sampah dengan media berupa sangkar botol plastik yang diisi dengan limbah anorganik atau limbah yang tidak dapat diurai, kemudian diolah menjadi benda yang padat dan benar – benar keras.

Jadi dapat dengan kata lain Ecobrik merupakan salah satu solusi untuk mengolah kembali sampah plastik menjadi bedan – benda yang lebih berguna, akan tetapi harus diolah terlebih dahulu.

Ecobrick dapat dilakukan oleh segala umur, mulai dari anak – anak hingga dewasa. Anak – anak yang akan melanjutkan kehidupan selanjutnya, diharapkan dapat merawat lingkungan dengan sebaik – baiknya, selain itu juga dapat memanfaatkan “sampah – sampah plastik” yang dapat mengancam kehidupan selanjutnya.

Anak – anak dapat dikenalkan beragam cara memanfaatkan sampah plastik yang ada disekitarnya, dengan seperti ini diharapkan anak – anak lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar lingkungan tetap bersih dan asri adalah dengan membuat ecobrick, anak – anak dapat diberi tahu cara mengolah sampah – sampah plastik bekas makanan ringannya atau memanfaatkan kembali  botol – botol bekas minuman kemasan.

Berikut beberapa cara mengenalkan anak – anak tentang ecobrick, yuk disimak J

1. Mengenalkan melalui video animasi

Melaluivideo animasi anak – anak akan diperlihatkan cara mengolah plastik – plastik bekas menjadi lebih padat yang kemudian dikemas dalam botol – botol, melalui gambar yang bergerak dan warna – warna yang menarik anak – anak akan lebih tertarik belajar dibandingkan pengenalan secara reguler. Diharapkan dengan animasi pula anak – anak lebih lama mengingat cara pembuatan ecobrick melalui video yang ditampilkan.

2. Mengenalkan Zero Waste

Sebelum melakukan pengolahan sampah anak – anak sebelumnya harus diberitahu dahulu mengapa sampah – sampah harus diolah lagi, mengapa sampah – sampah terutama sampah plastik maka anak anak perlu dikenalkan dengan “Zero Waste” , dengan dikenalkan “Zero Waste” ini diharapkan anak – anak belajar sejak dini untuk meminimalisir sampah terutama ssamapah – sampah yang tidak bisa diurai, tidak hanya anak – anak orang tua juga harus mengenal zero waste ini karena bagaimanapun anak – anak akan mengikuti apa yang orang tuanya lakukan

3. Melatih membuat ecobrick

Setelah dikenalkan dan diperlihatkan cara mengolah selanjutnya dilatih cara membuat ecobrick, biasanya pelatihan ini dilakukan disekolah dasar. Anak – anak akan diminta membawa sampah plastik dan botol – botol bekas, selanjutnya sang guru atau pelatih akan membantu siswa dan mencontohkan cara pembuatan ecobrik. Pembuatan ecobrick oleh anak – anak harus diawasi orang dewasa terutama saat menggunakan benda – benda tajam.

4. Melalui kisah atau cerita bergambar

Mengenalkan ecobrick pada anak – anak dapat juga dilakukan melalui media cerita terutama cerita bergambar, dengan gambar – gambar fauna atau anak – anak seumuran mereka seumuran mereka diharapkan anak – anak mengerti betapa menyenangkannya membuat ecobrick terutama ketika membuatnya bersama teman – teman sebaya.

5. Tugas sekolah sederhana

Mengenalkan ecobrick pada anak – anak dapat juga melalui tugas sekolah, anak – anak diberi tugas membuat ecobrick sederhana misalnya memasukkan potongan – potongan sampah plastik kedalam botol hingga padat selanjutnya botol – botol tersebut dijadikan satu disekolah dan dibentuk menjadi benda – benda yang lebih berguna. Hasil dari tugas tersebut dapat digunakan anak – anak dan akan dikenang selama mereka sekolah ditempat tersebut.

Tidak hanya itu tugas sekolah anak – anak membuat ecobrick dapat berupa karya seni sederhana yang dapat dipajang dikelas kelas mereka.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengenalkan ecobrick pada anak – anak, cukup lakukan hal sederhana namun berkesan bagi mereka agar anak – anak dapat menjaga lingkungan tetap bersih dan asri