Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

POT DARI LIMBAH PLASTIK

Domarai.com - Kreavitas merupakan sebuah kemampuan yang begitu penting pada kehidupan manusia, oleh sebab itu kreativitas memang tidak mengenal usia dan tidak ada matinya. Ide-ide kreatif memang muncul begitu saja dalam kondisi dan dalam keadaan apapun. Salah satunya ide kreatif yang muncul untuk mengolah sampah agar menjadi lebih berguna, khususnya limbah plastik yang dibuat barang untuk bisa dipakai kembali bahkan dapat diperjual belikan. Hal paling sederhana cara mengolah sampah adalah menjadi pot bunga dengan tetap menuangkan kreativitas kita di dalamnya.

<a href='https://www.freepik.com/photos/floral'>Floral photo created by freepik - www.freepik.com</a>

Sahabat domarai, kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat pot dari limbah plastik. Khususnya buat pecinta bunga atau tanaman hias yang lainnya. Tentu kalian harus banyak berpikir bagaimana cara untuk menghemat biaya namun hobi kalian tetap bisa disalurkan, salah satunya mengolah limbah plastik untuk dimanfaatkan menjadi pot. Dibawah ini merupakan cara memanfaatkan limbah plastikmu menjadi pot yang bagus.


1. Pot memanfaatkan bekas botol air mineral

Pasti kalian sering menemui botol bekas air mineral disekitar rumah. Hal itu dapat dimanfaatkan menjadi pot yang simple dan bagus, kalian hanya perlu memotong sedikit cekung dibagian tengah botol kemudian diisi tanah sekaligus tanaman yang akan digunakan. Setelah itu pot tersebut tinggal kalian memilih untuk langsung ditaruh ditempat yang sudah ada atau mau digantung.


2. Pot bunga dengan warna-warni sesuai selera

Cara membuat pot dari limbah plastik dengan corak warna-warni menurut selera kita tidaklah sulit, kalian hanya perlu bahan seperti cutter, lem tembak atau lem fox, tali, kertas kado dan bahan lain yang sekiranya diperlukan.

Cara yang pertama potong terlebih dulu botol dengan memakai cutter dengan ukuran yang kita inginkan. Selanjutnya tempel kertas kado sesuai pola yang ditempel dengan lem yang sudah kalian persiapkan. Kemudian lubangi botol bekas tersebut dibagian atas di kedua sisi untuk dimasukkan tali. Setelah sudah jadi tinggal kalian isi pot tersebut menggunakan bunga plastik. Tinggal kalian gantung pot tersebut yang terlihat cantik di teras atau ruangan kalian.


3. Pot bunga motif polkadot

Kreativitas kalian untuk cara membuat pot dari limbah plastik tidak hanya warna-warni saja, kalian perlu mencoba membuat pot bunga dengan motif polkadot. Sebelum membuat kalian siapkan alat serta bahannya lebih dulu seperti cat, spidol, benang pancing, cutter, dan sebagainya sesuai kebutuhan kalian.

Pertama, siapkan botol kemudian potong bagian samping dan tengah lalu lubangi di sekitar potongan botol memakai paku. Kedua, bikin lubang bagian samping kiri dan kanan dengan seimbang sekaligus pastikan lubang tersebut dapat dimasukin tali. Ketiga, beri cat dengan didominasi titik-titik besar sampai membentuk motif polkadot. Keempat, pasang tali di setiap lubang guna digantung, namun pastikan lebih dulu cat telah kering sebelumnya. Terakhir, isi pot memakai tanah gembur serta beri pupuk kompos, selanjutnya masukkan tanaman dan pot siap dipasang pada tembok yang telah dipaku.


4. Pot lucu dan unik dengan pola karakter

Cara membuat pot dari limbah plastik yang mungkin kalian belum terpikirkan adalah dengan bentuk karakter-karakter lucu. Cara membuatnya juga sangat mudah dengan bahan-bahan sederhana, hanya perlu botol plastik bekas, cutter, pensil, cat akrilik dan bahan lain yang sekiranya kalian perlukan.

Pertama, buat pola gambar di botol plastik dengan gambar seperti kelinci, beruang atau jenis hewan lain yang kalian suka. Kedua, setelah gambar selesai langsung potong dengan mengikuti pola gambar tersebut. Ketiga, cat potongan botol yang telah berbentuk pola memakai cat akrilik dan di dasari dengan warna putih. Keempat, double dengan cat warna menurut karakter di pola tersebut, gambar sesuai mata, hidung, telinga dan lain sebagainya sesuai tampilannya agar terlihat lucu. Terakhir, keringkan sampai catnya tidak meleber kemana-mana dan pola tetap sesuai seperti apa yang diharapkan.


Sahabat domarai, mungkin beberapa penjelasan diatas tentang cara membuat pot dari limbah plastik bisa membantu kalian untuk menambah reverensi agar lebih memanfaatkan limbah-limbah yang ada di sekitar kalian.