Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Waktu Terbaik Minum Teh

 

Gambar dari Canva

Salah satu minuman yang populer di dunia selain kopi adalah teh. Aromanya yang menenangkan mampu menaikkan mood yang sedang down. Selain itu, kandungan polifenol dan L-teanin pada teh juga mampu melawan stress dan membuat tubuh menjadi rileks. Oleh karena beberapa sebab tersebut, the banyak digemari oleh masyarakat di seluruh penjuru bumi. 

Teh memiliki beraneka ragam jenis, seperti teh hijau, teh putih, teh hitam, dan teh oolong. Adapun teh yang berasal dari bunga-bungaan, buah-buahan, rempah, atau tanaman obat yang lain seperti teh melati, teh bunga rosella, teh daun kelor, teh daun bidara, dan lainnya merupakan teh herbal. Jadi, yang benar-benar dinamakan teh adalah air yang dihasilkan dari seduhan daun, pucuk daun, serta tangkai yang dikeringkan dari tanaman yang memiliki nama ilmiah Camellia sinensis.   

Teh mengandung banyak khasiat, namun hindarilah mengonsumsi teh di saat perut dalam keadaan kosong. Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada 8 efek yang ditimbulkan dari minum teh saat perut masih kosong. Mari simak lebih lanjut!

1. Aktivitas metabolisme terganggu

2. Erosi enamel gigi

3. Dehidrasi

4. Kembung

5. Badan menjadi lesu

6. Mual 

7. Resah dan gelisah 

8. Penyerapan zat besi berkurang

Setelah mengetahui efek kurang baik mengonsumsi teh saat perut masih kosong, mari kita simak waktu-waktu terbaik untuk mengonsumsi teh supaya khasiat yang dikandungnya dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Kertopati (2015) menyebutkan ada beberapa waktu terbaik untuk mengonsumsi teh, diantaranya:

1. Setelah makan

Banyak orang yang memadukan makanan dengan secangkir teh hangat atau es teh, entah makan di rumah ataupun makan di restoran. Semacam ada kenikmatan tersendiri ketika menikmatinya setelah makan. Jenis teh yang paling cocok diminum setelah mencerna makan berat adalah the hijau. Senyawa katekin yang dikandungnya mampu meningkatkan metabolisme serta mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Itulah mengapa teh hijau diklaim dapat menurunkan berat badan.  

2. Siang hari 

Siang hari adalah waktunya istirahat dari berbagai pekerjaan yang dikerjakan sejak dari pagi hari. Waktu bekerja yang panjang membuat seseorang tak luput dari yang namanya stress. Beban pikiran yang berat tersebut dapat diatasi dengan secangkir teh liquorice (akar manis). 

Teh liquorice mengandung senyawa carbenoxole, senyawa liquiritigenin, dan glycyrrhizin. Senyawa carbenoxole berfungsi untuk mengurangi stress dan memperlambat penuaan otak. Senyawa liquiritigenin memiliki pengaruh positif pada sel-sel otak yang mampu mencegah Alzheimer. 

Selain stress yang menyerang di tengah hari, rasa kantuk terkadang juga menghambat produktivitas kita dalam bekerja. Jenis teh yang dapat diminum untuk meredakan kantuk adalah teh oolong yang memiliki kandungan kafein yang tinggi. Oleh karena kandungan kafeinnya yang tinggi, the oolong kerap dijuluki ‘kopinya teh’.

3. Usai bekerja

Bekerja selama seharian membuat pikiran menjadi lelah dan butuh sesuatu untuk membuatnya menjadi rileks. Salah satu solusinya adalah dengan menengguk secangkir teh peppermint. Kandungan mentol yang ada pada the peppermint berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang tegang. 

4. Sebelum tidur 

Menjelang tidur adalah saat dimana seseorang butuh ketenangan supaya mendapatkan tidur yang berkualitas. Teh chamomile adalah jawabannya. Teh chamomile tidak mengandung kafein, namun tinggi apigenin. Apigenin menempel pada reseptor GABA di otak. Reseptor GABA ini sama dengan benzodiazepine, yakni jenis obat yang memiliki efek menenangkan atau anti kecemasan sehingga tidur akan lebih lelap.

Itulah tadi beberapa efek yang dapat timbul jikalau kita mengonsumsi teh ketika perut kosong dan waktu-waktu terbaik untuk mengonsumsi teh. Semoga bermanfaat untuk sahabat domarai semua dan stay healthy! 


Referensi:

Anonim. (21 Oktober 2018). 6 Dampak Minum Teh Saat Perut Kosong. Diakses dari https://www.halodoc.com/artikel/6-dampak-minum-teh-saat-perut-kosong

Anonim. (18 Maret 2020). 12 Manfaat Teh Licorice untuk Kesehatan, Cegah Peradangan. Diakses dari https://id.berita.yahoo.com/12-manfaat-teh-licorice-untuk-120548765.html 

Eggi, Pradia. (1 November 2020). Ternyata Khasiat 5 Jenis Teh Bunga ini Bikin Rileks dan Anti Stres!. Diakses dari https://www.side.id/dn/ternyata-khasiat-5-jenis-teh-bunga-ini-bikin-rileks-dan-anti-stres 

Kertopati. (3 Oktober 2015). Kapan Waktu Terbaik Minum The?. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151030174507-262-88495/kapan-waktu-terbaik-minum-teh/ 

Rahmawati, Andi Annisa Dwi. (22 Oktober 2020). 10 Efek Minum Teh dalam Kondisi Perut Kosong di Pagi Hari. Diakses dari https://food.detik.com/info-sehat/d-5222783/10-efek-minum-teh-dalam-kondisi-perut-kosong-di-pagi-hari/3