Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Nasi Goreng Sapi Padmanaba Jogja Yang Melegenda

 

Gambar oleh myeatandtravelstory

Domarai.com - Membahas tentnag kuliner tentu tidak akan pernah ada habisnya. Selagi manusia hidup akan ada berbagai macam jenis makanan yang unik dan tentunya sangat menggugah selera. Terlebih jika sahabat domarai semua memiliki hobi makan. Hmm sampai manapun selama itu enak pasti akan di cari hehe. 

Bicara kuliner malam, tentu setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Termasuk kuliner yang akan kita bicarakan ini salah satu kuliner yang ada di kota Jogja. Jogja tidak perlu kita bicarakan lagi, kota dengan sejuta keunikan dan ke khasan yang istimewa. Kota dengan sejuta kenangan di setiap sudutnya. 

Bagi penulis sendiri pernah tinggal di jogja kurang lebih 5 tahun saat masih kuliah di salah satu universitas negeri. Banyak kenangan yang tertinggal termasuk pengalaman penulis makan di tempat ini.


NASI GORENG SAPI PADMANABA 

Yak Nasi Goreng Sapi Padmanaba, itulah sebutannya. Warung Nasi Goreng ini letaknya di depan SMA Negeri 3 Yogyakarta atau dikenal dengan nama SMA Padmanaba. Sekolahnya Ibu Menteri Susi dulu hehe. Persisnya di sebelah barat Stadion Krodiosno Yogyakarta. Alamat resminya tentu sama dengan SMA Negeri 3 Yogyakarta yaitu Jl. Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman Kota Yogyakarta. Meski bukan satu-satunya tempat nasi goreng di wilayah ini, namun sai goreng sapi padmanaba tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi yang pernah makan disini. Link Google maps ada disini Nasi Goreng Sapi Padmanaba

Penulis mengenal tempat ini sejak tahun 2012 lalu, diajak oleh kakak yang telah lebih dulu tinggal di jogja untuk kuliah. Awal makan ditempat ini memang mungkin sedikit kurang nyaman karena berada di trotoar jalan. Namun setelah menikmati sajian nasi goreng yang agak lembek ternyata nasinya sungguh enak. 


CITA RASA BERBEDA


Foto diambil oleh Google Guide Lutfi Retno Wahyudyanti

Proses pembuatannya yang langsung beberapa puluh porsi menjadi daya tarik tersendiri untuk para pembeli. Nasi goreng yang dibuat dalam wajan besar dan dimasak dengan jumlah yang besar. Terdapat dua tipe yaitu nasi goreng sapi biasa, dan nasi goreng sapi jumbo. 

Sudah beberapa kali penulis makan di tempat ini, dan satu temat nasi goreng didektanya, persisnya di jalan abu bakar, namun menurut kami nasi goreng sapi padmanaba tetap yang paling enak. Disajikan dengan sederhana dan tempat yang sederhana membuat nikmat saat menikmatinya. 

Kami merasakan bahwa nasi goreng ini berbeda dengan yang lain. Biasanya nasi goreng identik dengan nasi goreng kambing, nasi goreng ayam, nasi goreng seafood. Kali ini nasi goreng dengan tambahan daging sapi. Uniknya daging sapi dipotong dalam bentuk kotak dan terdapat telor dadar di atasnya ditambahkan acar dan kerupuk sebagai pelengkap. 


KENANGAN PENULIS

Penulis pernah makan bersama gebetan, temen kuliah, pacar, dan teman hidup. Yang bertahun-tahun cita rasa masakannya tidak pernah berubah. Banyak kenangan yang penulis alami disana termasuk kecelakaan sepeda motor yang terjadi hanya beberapa meter didepan mata saat sedang makan bersama gebetan. :D ceritanya curhat niye. 

HARGA NASI GORENG SAPI PADMANABA

Untuk harga nasi goreng ini hanya selisih 1000 rupiah. Saat itu tahun 2012 harganya masih Rp 11.000 untuk versi biasa, dan Rp 12.000 untuk versi jumbonya. Untuk tahun 2020 terjadi kenaikan yaitu Rp 17.000 untuk versi biasa dan Rp 18.000 untuk versi jumbonya. 

Uniknya kita tidak perlu pesan nasi goreng, tinggal duduk lesehan di trotoar dan menunggu karyawan berkeliling untuk membawakan nasi goreng. Saat karywan datang, bilang saja mau makan nasi goreng biasa atau nasi goreng jumbo. Untuk minuman juga seperti itu. Karena hanya ada dua pilihan miniman, yaitu teh hangat atau teh dingin. Karena konsepnya nasi goreng di tempat ini sangat banyak dan hanya ada dua menu jadi tidak perlu memesan karena porsi yang yang dibuat sekali cukup banyak. Jadi tak perlu khawatir kehabisan.

Nah demikian informasi sedikit tentang nasi goreng padmanaba. Sahabat domarai dapat mencoba sendiri dan rasakan nikmatnya. Semoga bermanfaat. Yuk baca artikel kami lainnya.