Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis Kantong Plastik Food Grade

 

Gambar oleh macrovector dari freepik

Domarai.com - Kemasan food grade dibagi menjadi 2, yaitu kemasan plastik food grade dan kemasan kertas food grade. Kali ini akan kita bahas tentang kantong plastik food grade terlebih dahulu. Cara mudah mengetahui kantong plastik yang kita gunakan food grade atau tidak adalah dengan melihat label yang tertera di sana. Simbol dari kantong plastik food grade yakni segitiga panah dengan angka di dalamnya atau ada beberapa kemasan yang menggunakan simbol garpu dan gelas yang disebut Tara Pangan. 

Dilansir dari FlexyPack, setidaknya terdapat empat jenis plastik yang dapat digunakan untuk mewadahi makanan siap santap.

PETE atau PET (kode 1)

PETE/PET adalah akronim dari Polyethylene Terephthalate. Plastik jenis ini biasa digunakan untuk air minum dalam kemasan (ADMK) dan condiment seperti kecap dan saus. Ciri-ciri dari plastik PETE/PET yaitu jernih/transparan, kuat, tahan dengan pelarut, serta kedap gas dan air. Plastik ini merupakan plastik sekali pakai yang dapat berbahaya apabila terkena panas karena bahan plastiknya akan mengeluarkan zat karsinogenik (zat yang menyebabkan timbulnya kanker). Oleh karena itu, plastik ini tidak disarankan untuk menampung produk yang bersuhu di atas 60 derajat celsius. 

HDPE (kode 2)

High-Density Polyethylene digunakan untuk botol detergen dan botol shampoo. Ciri-ciri dari plastik HDPE yaitu memiliki sifat yang keras, berwarna buram, dan tahan terhadap suhu tinggi. Meski tahan dengan suhu tinggi, namun plastik ini tetap merupakan plastik sekali pakai karena plastik ini akan melepaskan senyawa berbahaya (Antimony Trioksida) apabila semakin lama digunakan. 

LDPE (kode 4)

Low-Density Polyethylene biasa digunakan untuk bungkus makanan kering/makanan ringan, botol minum, saus, dan sejenisnya. Plastik LDPE memiliki karakteristik yang relatif tipis, lentur, jernih/transparan, dan ringan. Salah satu contoh plastik LDPE yakni botol-botol minum yang dapat dihancurkan dengan mudah. 

PP (kode 5)

PP adalah akronim dari Poly Propylene. Plastik ini memang sangat disarankan untuk pengemasan makanan. Plastik PP memiliki karakteristik yang tahan panas, permukaannya licin, fleksibel, tidak mudah meleleh, tahan aliran listrik, tahan terhadap bahan kimia, dan mudah untuk didaur ulang. 

Nah, itu tadi beberapa jenis plastik yang dapat digunakan untuk menampung bahan makanan siap santap yang aman untuk kesehatan. Selain kode 1, 2, 4, dan 5, ada juga plastik dengan kode 3 dan 6 namun plastik dengan kode 3 dan 6 tidak disarankan untuk mengemas makanan. Semoga bermanfaat!


Referensi:

Anonim. (14 Februari 2020). Ini Jenis Kemasan Plastik Food Grade untuk Produk Makanan. Diakses dari https://flexypack.com/ini-jenis-kemasan-plastik-food-grade-untuk-produk-makanan/

Firscha, Patricia. (29 November 2018). Ketahui 7 Macam Jenis Plastik dan Bahaya yang Mengancamnya Bagi Kesehatanmu. Diakses dari https://www.idntimes.com/science/discovery/patricia-firscha/7-macam-jenis-plastik-dan-risiko-kesehatannya/3