Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Beras Merah Bagi Tubuh

Domarai.com - Beras merah sampai sekarang masih menjadi nasi yang banyak dicari oleh kebanyakan orang, mengingat banyaknya kandungan gizi di dalamnya yang tentu sangat dibutuhkan tubuh. Beras ini dibutuhkan sekali oleh kebanyakan orang yang sedang menjalani program diet. Karena orang yang sedang melakukan diet akan membatasi makanan yang masuk ke tubuh mereka, seperti mengurangi lemak, gula bahkan porsi makan mereka juga dijaga.

Sahabat domarai, kesempatan kali ini kita akan membahas manfaat beras merah. Ternyata selain untuk program diet, beras merah mempunyai manfaat-manfaat lain yang baik untuk tubuh. Dibawah ini akan dijelaskan berbagai manfaat beras merah.


1. Menaikkan kekebalan tubuh

Beras merah ternyata mempunyai kandungan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh manusia, dengan melihat banyaknya kandungan vitamin sekaligus mineral yang ada di dalamnya. Kandungan-kandungan nutrisi itu sangat baik buat menaikkan kekebalan tubuh, yang otomatis dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Selain itu, kandungan mineral zinc yang ada di beras merah bisa menyembuhkan lebih cepat luka sekaligus menjaga imun tetap baik.


2. Dapat mengontrol Diabetes

Banyak sekali manfaat beras merah untuk tubuh, salah satunya bisa mengontrol diabetes terhadap orang yang mengalami penyakit diabetes. Mengingat beras merah mengandung indeks glikemik rendas yang bisa mengurangi naiknya insulin serta menyetabilkan kadar gula darah.

Bahkan ada sebuah studi menjelaskan kalau beras merah banyak mengandung serat, asam sifat serta polifenol penting. Selain itu beras merah jadi sumber karbohidrat kompleks yang bisa membantu melepaskan gula lebih lama daripada nasi biasa.


3. Mencegah terkena kanker

Beras merah memiliki manfaat bisa mencegah kanker. Penyakit kanker terjadi karena radikal bebas yang sangat berbahaya untuk tubuh. Dan dengan nutrisi yang terkandung di beras merah, bisa membuat orang terhindar dari penyakit tersebut. Daya tahan tubuh bisa menjadi kuat serta jauh dari banyak penyakit, salah satu kandungannya adalah mineral zinc yang mengandung banyak antioksidan. Berkat kandungan mineral-mineral pada beras merah ini, maka bisa menjaga tubuh dari berbagai radikal bebas yang akan merusak sel jaringan tubuh sehingga membuat munculnya penyakit kanker.


4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat beras merah yang lain adalah bisa meningkatkan kesehatan tulang, karena kandungan di dalamnya dapat memelihara tulang untuk tetap sehat. Kandungan tersebut karena adanya kalsium serta magnesium yang bisa memperkuat struktur fisik dari tulang. Selain itu karena banyaknya kandungan magnesium dapat mencegah demineralisasi pada tulang.


5. Menjaga kesehatan jantung

Karena banyaknya kandungan selenium di dalam beras, ini membuat beras merah bermanfaat sekali buat kesehatan dari jantung. Mengonsumsi beras merah bisa mengurangi terjadinya penyumbatan arteri karena adanya sebuah penumpukan plak. Oleh karena itu, berkat pelindungan inilah bisa mengurangi terjadinya gangguan jantung misalnnya penyakit vaskular ataupun hipertensi tinggi. Ada studi membuktikan kalau jaringan sekitar beras merah memiliki kandungan yang melawan protein endokrin angiotensin II, salah satu yang berperan terjadinya tekanan darah tinggi.


6. Pencernaan selalu sehat

Manfaat beras merah sangat baik untuk pencernaan dibanding beras biasa atau putih. Mengingat di dalam beras merah mengandung serat yang cukup tinggi, oleh karena itu apabila dikonsumsi rutin beras ini dapat menjaga pencernaan selalu baik. Semua terjadi karena serat tersebut dapat mengatur gerak dari usus.


7. Menurunkan berat badan

Ini salah satu manfaat beras merah yang banyak disukai atau dicari oleh kebanyakan orang, yaitu menurunkan berat badan. Beras merah memang sangat tepat dikonsumsi guna menunjang program diet, alasannya karena efek rasa kenyang yang lebih cepat sekaligus bertahan lumayan lama. Salah satu penjelasannya karena beras merah mengandung indeks glikemik yang cukup rendah serta dicerna tubuh lebih lama.