Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beberapa Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi Menyerang

Domarai.com - Melihat adanya pandemi virus corona yang sedang menyerang Indonesia, membuat masyarakat harus berdiam dirumah dan dibatasi segala aktifitasnya sehari-hari. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk mengurangi banyaknya korban jatuh karena virus yang disebut Covid-19 ini. Oleh karena itu, masyarakat harus lebih pandai mempersiapkan diri dengan efisien mulai dari finansial ataupun materiil. Dampak yang paling terlihat karena pandemi ini salah satunya banyaknya pekerja harus mengalami potong gaji, bahkan banyak yang terpaksa harus kehilangan pekerjaannya atau dipecat. 

     Sahabat domarai, saat ini masyarakat diharapkan memiliki cara untuk bisa mengelola keuangan dengan lebih baik. Dalam masa-masa seperti ini siapa saja yang bisa mengatur keuangan sudah pasti bisa bertahan di tengah pandemi yang sedang menyerang. Pengeluaran yang paling perlu ditekan adalah membeli kebutuhan sehari-hari yang hanya seperlunya saja dan diharapkan tidak bertindak panic buying. Pembahasan kali ini akan mengupas tuntas tips-tips cara mengelola keuangan saat pandemi datang.

1. Catat Semua Pengeluaran

   Lakukan pencatatan dalam segala jenis pengeluaran, tujuannya agar bisa mengetahui apakah kalian boros atau tidak. Trik mencatat pengeluaran misalnya dengan mengumpulkan semua struk belanja kebutuhan sehari-hari kemudian catat pada buku untuk merangkum pengeluaran setiap bulan, namun kalau pengeluaran tanpa ada struk bisa dengan memfoto lewat hp atau screenshot.

   Tujuan dari pencatatan ini agar kalian mengetahui jumlah uang yang sudah dikeluarkan pada setiap bulan, dan lebih jelas melihat sebelah mana pengeluaran yang kemungkinan membengkak. Misal ada salah satu hal yang diharapkan namun belum tercapai, bisa mengalokasikan dananya pada bulan depannya. Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang ada di smartphone dapat membantu mencatat segala pengeluaran.

2. Usahakan Membuat Anggaran Dari Harian, Mingguan & Bulanan

  Buatlah anggaran di semua pengeluaran yang kalian lakukan. Walaupun sederhana namun kebanyakan orang menyepelekan dan kurang tahu manfaat yang dirasakan. Sebaiknya buat kalian yang belum pernah melakukan, harusnya segera mencobanya supaya perhitungan anggaran lebih detail sekaligus spesifik. Bikin anggaran wajib buat harian, mingguan sekaligus bulanan. Misalnya mulai dari biaya transportasi mingguan, tagihan listrik bulanan, dan biaya makan sehari-hari.

   Dalam mengelola keuangan tersebut, buatlah kategori sesuai skala prioritas dan preferensi kalian masing-masing. Selesai membuat anggaran usahakan disiplin mematuhinya, agar terjauh dari pembengkakan pengeluaran.

3. Belajar Menabung

    Kurang sadar akan pentingnya menabung bisa menjadi salah satu hal sulitnya keuangan. Oleh karena itu, dalam masa pandemi seperti sekarang menabung menjadi hal yang sangat penting untuk semua orang. Efeknya apabila nanti membutuhkan dana untuk keperluan mendadak, masih memiliki tabungan untuk bisa dipakai dan tidak perlu bingung mencari uang pinjaman. 

  Banyak sekali cara menabung, tentu setiap orang memiliki cara menabung berbeda-beda. Beberapa contohnya dengan cara menabung dari uang sisa pengeluaran tak terpakai, menyimpan sebagian uang hasil gajian, dan menabung uang kembalian sesudah bertransaksi atau belanja.

4. Mencari Uang Tambahan

   Misal untuk kalian yang merasa gaji setiap bulannya masih kurang atau belum mencukupi, tidak ada salahnnya untuk mencari penghasilan tambahan dengan cara bekerja paruh waktu, jualan online shop, atau membuka usaha kecil-kecilan. 

5. Cari Promo & Diskon

   Sebuah diskon dan promo merupakan suatu kesempatan yang perlu dimanfaatkan dengan baik. Karena hal ini membuat segala bentuk barang atau apapun yang dijual mempunyai potongan harga yang pastinya jauh lebih murah dibandingkan biasanya. Usahakan selalu mencari celah untuk bisa mengelola keuangan kalian dengan baik dalam masa pandemi.