Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menyeduh Teh Yang Benar Dan Nikmat

Domarai.com - Minuman teh yang banyak dibilang orang bisa menenangkan ini, ternyata apabila dikonsumsi bisa memberikan beberapa khasiat buat kesehatan tubuh. Semua kepercayaan tersebut tidak tanpa dasar, karena sampai sekarang sudah banyak penelitian yang menemukan berbagai manfaat teh. Salah satunya adalah mengandung antioksidan yang mampu menjaga tubuh dari radikal bebas, entah dari tubuh atau dari lingkungan sekalipun.

     Teh sendiri bagi masyarakat Indonesia sudah tidak asing di kehidupan sehari-hari. Hingga setiap acara-acara yang diadakan di lingkungan masyarakat atau bahkan di kalangan petinggi-petinggi negarapun minuman ini menjadi salah satu yang selalu disajikan. Seakan sudah menyatu dengan budaya di negara ini sampai luar negeri sekalipun. Rasa khas yang diberikan oleh minuman teh membuat semua orang dapat menerimanya, mulai dari kalangan anak kecil sampai orang tua.

    Sahabat domarai, tentu kalian semua sudah mengenal sekali minuman ini di kehidupan sehari-hari. Tetapi, sangat disayangkan masih banyak orang yang belum bisa menyeduh teh dengan baik dan benar. Karena apabila menyeduh minuman tersebut melalui metode-metode yang benar, bisa membuat minuman akan jauh lebih enak dan nikmat sekali. Pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa cara menyeduh teh sesuai metode-metode yang benar.

  Sebaiknya pahami terlebih dulu kalau jenis teh sama belum tentu memberikan manfaat untuk kesehatan yang sama juga, bisa jadi berbeda tergantung cara proses penyajian dan penyeduhan teh itu sendiri. Sebelum menyeduh, perhatikan dengan baik terkait kualitas dari air, suhu air yang akan dipakai, serta lamanya penyeduhan. Karena tiga hal ini begitu berpengaruh akan kandungan asli teh.

1. Perhatikan Kualitas Air

    Cara supaya kandungan teh selalu terjaga, usahakan memakai air yag betul-betul bersih serta tidak terkontaminasi apapun ketika akan menyeduh teh. Kandungan antioksidan paling tinggi yang diberikan teh menurut penelitian adalah yang penyeduhannya menggunakan air distilasi atau air yang sudah melewati proses pemurnian.

2. Lama Waktu Penyeduhan Dan Suhu Air

    Agar memperoleh aroma, rasa serta kandungan teh dengan optimal, suhu air harus tetap diperhatikan dalam penyeduhannya. Umumnya lama dari penyeduhan teh sekitar 2 sampai 5 menit saja, jangan terlalu lama yang justru tidak mengoptimalkan kandungan dari teh.

   Ketika menyeduh teh jenis green tea dan white tea, usahakan air panas yang akan dipakai untuk menyeduh didiamkan dulu kurang lebih 30 menit hingga suhu mencapai 75-85 derajat. Menurut salah satu penelitian, kandungan antioksidan paling tinggi yang diberikan jenis green tea ketika penyeduhan 3 hingga 5 menit saat suhu masih sekitar 80 derajat. Beda lagi dengan suhu air yang dipakai oleh jenis black tea, suhu boleh mencapai 99 derajat. Kalau untuk jenis oolong tea, direkomendasikan memakai suhu air sekitar 95 derajat saja dan waktu penyeduhannya sekitar 3 menit.

    Proses dari penyajian teh sesudah diseduh sangat berpengaruh sekali akan kualitas kandungan teh tersebut. Lebih baik menyajikan dan menyeduh teh pada sebuah gelas kaca atau porselen, bisa juga memakai pot agar hasil akhir penyajiannya bisa optimal. Jenis-jenis wadah yang dipakai tersebut sama sekali tidak memberikan reaksi terhadap teh, oleh karena itu semua kandungan di dalam teh terus terjaga dan tidak mengubah rasa ataupun aromanya.


    Sahabat domarai, semoga beberapa info tentang cara menyajikan dan menyeduh teh diatas bisa menambah pengetahuan kalian semua. Ingat, minum teh dapat mengurangi risiko dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, kanker, hingga jantung. Selalu gunakan metode-metode menyeduh teh yang baik dan benar, supaya manfaat dari teh bisa didapat dengan optimal.