Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Tips Agar Ibadah di Bulan Ramadhan Maksimal


Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Domarai.com. Tips Agar Ibadah di Bulan Ramadhan Maksimal. Bulan Puasa merupakan bulan yang penuh kebermanfaatan, pahala, dan ampunan dari Allah SWT. Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam hitungan tahun Hijriyah dan juga sebagai bulan penuh memberi manfaat dan pahala dilipatgandakan. Pada bulan Puasa juga umat Islam menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Allah SWT sudah menjanjikan pahala dan keberkahan yang berlipatganda bagi siapa saja yang berharap mengembangkan amalan ibadah di bulan Puasa, Allah membelenggu setan supaya tidak bisa menggoda manusia, Allah memberikan limpahan rahmat dan ampunan bagi orang yang banyak istighfar dan bertaubat.

Tetapi masih banyak umat muslim yang bersantai, sehingga sekedar terkonsentrasi pada euforia bulan Puasa, hanya sekedar ikutan berpuasa, tanpa berharap memahami makna bulan suci ramadhan.

Sebab sebetulnya hakikat puasa tidak sekedar menahan rasa haus dan rasa lapar, tapi yang lebih dari itu yakni seorang hamba melaksanakan dengan lapang dada menahan hawa nafsu sebagai bentuk ketaatan pada Rabbnya.

Untuk mengembangkan diri kita dalam beribadah di bulan Puasa, supaya Allah SWT selalu melimpahkan keberkahan, pahala, dan ampunan-Nya, yuk ikuti kiat ampuh berikut ini :

1. Perdalam Ilmu Agama

Persiapan Bulan Puasa yang pertama ialah memperdalam ilmu dan pengetahuan mengenai agama islam terutama seputar ilmu saat Puasa. Pelajarilah mengenai hal apa saja yang harus dijalankan oleh umat Muslim di Bulan Puasa. Pelajari juga mengenai tata sistem ibadah yang bagus dan benar.

Meskipun bulan Puasa telah berjalan, nggak ada salahnya kamu perbanyak bacaan-bacaan mengenai ilmu agama dan lebih sering ikut dalam kajian agama untuk memperdalam pengetahuan dan ilmu keagamaan supaya bisa menunaikan ibadah di bulan Puasa dengan lebih baik sesuai sunnah.

2. Makan Buka dan Sahur tepat waktu

Tak sedikit orang yang lebih memilih tidur saja ketimbang makan sahur dengan alasan dan masih mengantuk atau kuat berpuasa walau tidak sahur. Walaupun di waktu sahur dan berbuka, Allah sudah menyiapkan banyak kebermanfaatan dan ampunan bagi mereka yang memintanya dengan lapang dada dan penuh ketakwaan. 

Waktu-waktu berbuka juga merupakan waktu mustajab untuk memohon Kepada Allah kebaikan hidup. Dan makan ketika sahur serta berbuka juga bisa menjaga tubuh kita tetap sehat dalam melakukan ibadah puasa sebulan penuh. Jangan menunda waktunya, makan sahur lebih baik di akhir waktu, dan makan buka disegerakan di awal waktu.

3. Berkeinginan Dosa Diampuni

Bersyukurlah dan terimakasihlah kepada Allah atas kedatangan bulan yang penuh keberkahan ini. Seandainya segala amalan sudah dijalankan, kita tinggal pasrah mau dan berdoa Kepada Allah SWT supaya dosa yang sudah kita lakukan bisa dimaafkan.

4. Memperbanyak Tilawah AL Qur’an.

Salah satu amalan ibadah yang kapabel dengan gampang kita bisa memperoleh kebermanfaatan dan pahala dari Allah yakni tilawah atau membaca Al Qur’an. Banyak-banyak lah membaca AL Qur’an, dan jangan sampai lupa untuk mentadaburi makna atau tafsirnya, serta mengamalkannya di kegiatan sehari-hari. Sebab itulah hakikat Al Qur’an sebagai pedoman hidup umat Muslim. 

Siapa tahu, salah satu di antara kita akanmendapatkan malam Lailatul Qadar, sebab malam seribu bulan menjadi hadiah yang tersembunyi di salah satu malam di bulan suci Puasa.

5. Perbanyak Shalat Malam.

Kalau memang kita tidak sedang berhalangan yang membuat kita benar-benar tidak bisa, maksimalkan menjalani shalat tarawih berjama’ah di mushola. Meskipun dilakukan berjamaan, akan tetapi shalat tarawih merupakan bagian dari sunnah muakkad. Artinya yaitu, bahwa ibadah tarawih merupakan sunnah yang amat disarankan untuk dijalankan. 

Kecuali, terdapat shalat malam lain yang juga seharusnya dioptimalkan, yakni shalat witir sebelum tidur dan shalat tahajud sebelum makan sahur. Waktu-waktu setelah shalat sunnah merupakan waktu-waktu yang mustajab untuk memohon kebaikan hidup Kepada Allah.

6. Memperbanyak Bersedekah 

Tak sekedar melakukan zakat, saat memasuki hari raya ‘idul fitri tiba, kita bisa bersedekah bagus dengan memberikan uang atau makan sahur atau berbuka bagi yang membutuhkan hal itu diyakini salah satu pintu pembuka kebarokahan dan ampunan dari Allah.

7. Banyak Berperilaku Baik

Memang tidak ada manusia yang sempurna, namun di bulan yang penuh barokah ini kau bisa melakukan hal baik kepada sesama dan meninggalkan perbuatan yang buruk. Agar di bulan Ramadan kali ini dan seterusnya, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

8. Perbanyak Berkumpul dalam Majelis Ilmu.

Tentunya, ketimbang kebanyakan tidur dengan alasan ibadah atau menghemat energi, lebih baik mengembangkan diri dengan meraih sebanyak-banyaknya ilmu dari majelis taklim keagamaan yang umumnya banyak ditemui di bulan Puasa. Terlalu banyak tidur juga bahkan akan membuat seseorang semakin lemas dan malas, sehingga tidur secukupnya dan bergerak juga jangan terlalu capek-capek. Hakekatnya Allah menyenangi hamba-hambaNya yang selalu berusaha mendekat kepada Nya dan Allah bahkan akan  dekat kepada hamba-Nya.

9. Membersihkan lingkungan Rumah

Seandainya kau masih ingat istilah kebersihan sebagian dari iman? Yak motto yang terbukti benar adanya. Dengan membersihkan rumah, lingkungan sekitar, sampai kalau dapat turut serta membersihkan Masjid dan surau akan lebih baik. Kita juga akan merasa nyaman ketika mengerjakan ibadah.

Seandainya kamu pergi ke desa ketika bulan ramadan pasti desa-desa penuh dengan hiasan indah untuk menyambut bulan Ramadan bukan? Kau juga harusnya jangan kalah sebab bulan puasa bulan yang penuh barokah sehingga layak untuk dirayakan.

Seandainya lingkunganmu bersih pastinya kau juga nyaman untuk beribadah, bukan?

Nah itulah beberapa kiat supaya maksimal ibadah selama Puasa. Sebagai seorang muslim tentu kita mau supaya mengerjakan yang terbaik supaya diberi Ridho ALLAH. Semoga kita bisa mengembangkan ibadah kita di bulan ini. dan bisa bersua pada Puasa tahun depan. AAMIINN, Semoga artikel ini bermanfaat. Yuk Baca artikel kami lainnya.