Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ide Bisnis Kreatif di Kalangan Mahasiswa

Bisnis entah apapun itu, akan lebih mudah dijalankan jika sahabat domarai suka dalam hal tersebut dan memiliki niat yang kuat untuk mewujudkannya. Kalau menurut aku, bisnis akan lebih menyenangkan jika sesuai sama passion kita, namun tidak menutup kemungkinan jika kita berbisnis berdasarkan peluang-peluang yang ada. Intinya berani bergerak, maka kalian akan tau hasilnya seperti apa. Jangan terlalu banyak berpikir ya guys, just do it! Itu poinnya 😄

Sumber: freepik.com

Pada pembahasan kali ini, bisnis kreatif untuk kalangan mahasiswa akan dikategorikan menjadi dua, yaitu bisnis jasa dan bisnis produk. Bisnis jasa ada yang membutuhkan modal ada yang tidak, namun yang harus dipunyai yakni skill atau keahlian. Sedangkan bisnis produk jelas membutuhkan modal, entah itu banyak atau sedikit. Yuk lanjut baca, ide apa aja yang bisa kalian geluti mulai dari sekarang.

Bisnis Jasa

1. Bimbingan Belajar
Bisnis yang satu ini bermodalkan pengetahuan kalian tentang mata pelajaran yang tentunya pernah kalian dapatkan di bangku sekolah. Bisnis ini tidak memandang background kalian dari jurusan keguruan atau bukan. Intinya kalau kalian menguasai materi-materi anak sekolah, kalian pasti bisa ngajarin anak didik dengan baik.

Satu yang perlu diperhatikan jika ingin menggeluti dunia ini yakni cara memahami anak didik dan bagaimana cara menyampaikan materi kepada mereka. Kalau background kalian keguruan, mungkin akan lebih mudah mengaplikasikan dua poin yang sudah aku sebutkan karena kalian dapat materi tentang itu di perkuliahan. Tapi gak perlu khawatir bagi kalian yang bukan dari jurusan keguruan karena dua poin itu dapat dipelajari seiring berjalannya waktu atau kata lainnya "jam terbang".

2. Fotografi dan Video 
Bisnis ini lebih sering bermula dari hobi. Hobi menyenangkan yang hampir semua orang bisa melakukannya dan juga bisa menghasilkan pemasukan. Meskipun hampir semua insan dapat memotret suatu objek namun fotografer yang handal jelas butuh skill yang mumpuni. Seorang fotografer yang handal dapat menentukan objek yang epic dan menangkap moment yang tepat.

Bisnis ini dapat dilakukan dengan cara menjualnya. Foto yang kalian hasilkan dapat dijual dengan memanfaatkan online stock photo, misalkan ShutterStock, Dreamstimes, Getty Images, Foap, Eyem, dan lain sebagainya. Selain dengan cara menjual, kalian dapat juga menawarkan jasa foto dan video untuk event-event tertentu, seperti acara nikahan, peresmian, fashion show, dan lain sebagainya.

3. Menulis 
Bisnis ini cocok banget bagi kalian yang suka cerita (menulis diary) atau berbagi ilmu. Menulislah tentang apapun yang menjadi kesukaan kalian. Akan lebih baik lagi jika yang kalian tulis itu bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya. Bisnis menulis ini bisa dimulai dengan menjadi kontributor pada sebuah situs online. Apabila dari sana  sudah cukup menghasilkan, sedikit demi sedikit kalian bisa mencoba untuk membuka situs kalian sendiri dan mencari penulis untuk juga berkontribusi dalam situs kalian itu.

4. Service Peralatan Elektronik
Bisnis service peralatan elektronik sangat cocok bagi kalian anak-anak teknik. Terlebih lagi kalau yang jaman sekolah menengahnya di SMK jurusan listrik. Top Markotop dah 😁 Sekolah tentang perbaikan elektronik, hobi memperbaiki peralatan elektronik, ilmu bermanfaat plus dapat penghasilan dari sana. Keren  banget pokoknya.

Bisnis ini bukan hanya membutuhkan pengetahuan tentang perbaikan, namun harus memiliki skill yang mumpuni untuk mengkutak-atik peralatan yang bermasalah. Selain kemampuan, kalian juga harus mempunyai perlengkapan perkakas, seperti obeng, tang, multimeter, dan lain sebagainya. Jika kalian membuka jasa service laptop juga, ada baiknya kalian menguasai tentang software-software yang berkaitan dengan perbaikannya.

5. Penerjemah 
Bisnis yang satu ini lebih cocok bagi kalian yang mengambil jurusan bahasa, seperti Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Prancis, Bahasa Jawa, dan bahasa-bahasa lain. Bisnis ini hanya bermodalkan kelihaian dan kefasihan dalam berbahasa asing serta kamus untuk berjaga-jaga barangkali ada vocabulary atau kosa kata yang tidak kalian mengerti terjemahnya. Bisnis ini bisa kalian tawarkan kepada mahasiswa tingkat akhir yang sedang menulis abstrak atau jurnal untuk karya ilmiahnya.

Bisnis Produk 

1. Produk Kuliner
Tata boga, sepertinya lebih dekat dengan dunia jual beli kuliner. Namun lagi-lagi perlu diingat bahwa semua jenis bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, asal punya kemauan dan kemampuan. Produk kuliner yang dibuat dapat berupa makanan kering atau makanan basah. Kalau kalian anak rumahan, kalian bisa membuat makanan kering karena membutuhkan oven dan bisa juga membuat makanan basah. Kalau kalian anak kos, mungkin bisa reseller makanan kering atau membuat produk makanan yang mudah dibuat.

Salah satu jenis makanan yang mudah dibuat yakni salad buah. Bahan-bahan yang diperlukan yakni buah-buah segar, mayonaise, kental manis, dan keju parut, sedangkan peralatan yang dibutuhkan yakni cup dan sendok plastik. Kalian bisa membuat dulu dalam skala kecil, kemudian kasih tester ke temen-temen kalian, kalau mereka pada suka, mulailah memasarkannya secara lebih luas lagi.

2. Jual Beli Online
Bisnis jual beli online bisa dilakukan oleh siapa saja karena dunia ini dekat sekali dengan kita. Kondisi kehidupan saat ini yang apapun dapat dilakukan melalui telepon genggam membuka peluang bisnis pula untuk kita. Jual beli online bisa dilakukan melalui social media seperti instagram atau menggunakan marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, blibli, atau yang semacamnya.

Jual beli ini bisa kalian lakukan dengan menjual barang-barang yang sudah tidak kalian pakai namun masih bagus, reseller atau dropship dagangan orang lain, atau kalian menjual produk kalian sendiri. Contoh produk yang banyak dibuat saat ini serta mudah dijajakan yaitu pernak pernik wisuda, seperti buket bunga atau makanan ringan, ucapan selamat yang bisa dibuat dengan kreativitas kalian dalam mendesain grafis, dan lain sebagainya.

3. Jual Beli Voucher Isi Ulang
Bisnis jual beli vocher isi ulang ini salah satu bisnis yang modalnya cukup kecil dan dibutuhkan oleh setiap insan. Bagaimana tidak? sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi umat manusia. Oleh karena itu bisnis ini patut dicoba. Bisnis ini bisa langsung dipromosikan kepada orang-orang di sekitar kita, seperti keluarga dan teman-teman. Namun yang perlu diperhatikan yakni strategi penjualan agar bisnis ini tetap bisa bertahan. Banyak yang berpikir kalau membeli pulsa kepada orang dekat maka bayarnya bisa nanti-nanti, pemikiran semacam itu yang harus kita minimalisasi agar pembeli langsung membayar setiap membeli pulsa dari kalian.

4. Ngeblog
Bisnis yang satu ini hampir sama dengan "menulis" yang sudah disebutkan di bisnis jasa. Bedanya, kalau menulis itu masih ikut "orang" karena kalian hanya sebagai kontributor saja, namun kalo ngeblog ini kalian sudah berdiri sendiri (dalam situs kalian sendiri). Pada pembuatan blog ini kalian juga bisa mengajak teman yang sekiranya punya visi dan misi yang sama untuk join. Karena semakin sering kalian mengisi blog kalian, akan semakin cepat income yang kalian dapatkan.

5. Ngevlog
Ngevlog yang mulai mencuat beberapa tahun terakhir bisa menjadi salah satu ladang bisnis kalian. Apalagi untuk kalian-kalian yang famous, populer, dan banyak followers, kesempatan untuk menghasilkan pundi-pundi dari vlog akan lebih besar. Bisnis ini lebih mengandalkan kreativitas kalian dalam membuat konten-konten.

Konten-konten yang bisa kamu jadikan vlog misalnya tentang memilih make up yang cocok untuk setiap jenis kulit, tutorial daily make up, masak makanan untuk hari spesial, bikin-bikin DIY (do it yourself), review makanan, atau yang lainnya. Modal yang kalian butuhkan untuk bikin vlog setidaknya kamera dan laptop. Oiya, satu lagi keahlian yang dibutuhkan yakni editing yang berguna untuk mempercantik tampilan vlog kamu.

>>> Nah, itu tadi beberapa bisnis yang bisa kalian coba ketika masih berada di dunia perkuliahan. Sembari kuliah juga menghasilkan pundi-pundi, entah mau digunakan untuk sekedar jajan atau investasi masa depan.

Satu yang tidak kalah penting dalam pembahasan ini yaitu time management. Sah-sah saja kalian berbisnis ketika masih kuliah, namun ingat tujuan awal kalian datang ke kampus. Yak, betul, belajar dan memenuhi tanggung jawab kepada orang tua. Jangan sampai bisnis yang kalian jalani membuat urusan kampus kalian menjadi berantakan. Selamat berbisnis ...