Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Power Point yang Mudah dan Menarik

Hay, hello, welcome, selamat datang di blog ini kembali sahabat domarai yang budimaaan 😊. Oke! kali ini gue mau bahas tentang bagaimana caranya membuat power point atau PPT yang epic, menarik, dan eye catching tentunya. Sebagaimana kita tau, bahwa power point merupakan salah satu media yang digunakan untuk presentasi. Pada power point bisa terdiri dari kumpulan kata, gambar, grafik, animasi, bahkan video.

Media penyampaian informasi seperti power point ini penting untuk diperhatikan pembuatannya agar audiences tertarik untuk memperhatikan apa yang kalian sampaikan. Meskipun apa yang kalian sampaikan merupakan informasi yang sangat penting, namun jika media penyampaiannya dibuat biasa saja (hanya kumpulan kata), maka audiences tidak akan tertarik atau justru merasa bosan. 

Mengapa demikian??? karena pada dasarnya otak manusia itu lebih senang melihat gambar dan warna daripada tulisan. Jika kita senang akan sesuatu, maka informasi-informasi yang kita dapat akan lebih mudah diingat dan dipahami. Hal tersebut berkaitan dengan pemilihan warna, penggunaan gambar, grafik, dan lain sebagainya. Tidak perlu panjang lebar lagi, yuk mari kita lihat cara-cara mudah membuat power point menjadi menarik


Cara-cara Membuat Power Point yang Menarik

1. Pilihlah Template yang Cocok 
Hal utama yang perlu diperhatikan dalam pembuatan power point yaitu pemilihan template/design. Power point sendiri telah menyediakan berbagai design yang dapat secara langsung kamu gunakan. Terdapat 2 cara untuk memilih template langsung dari power point. Pertama terletak pada menu design dan yang kedua terletak pada halaman ketika kita membuka power point. Lebih jelas dapat dilihat melalui gambar di bawah ini.

Beberapa Pilihan Template dari Menu Design


Halaman Awal ketika Membuka PPT

Terdapat Banyak Kategori Template

Contoh Salah Satu Template

Kalau kalian bosan dengan tamplate yang disediakan oleh power point, setidaknya kalian bisa mengganti warnanya atau mengkutak-atik tamplate yang sudah ada melalui slide master. Slide master terletak pada menu view. Jika kalian juga merasa bosan dengan template yang ditawarkan oleh power point, kalian bisa mencari template ppt gratis di Google, misalnya di Free Powerpoint Templates Design.

2. Hindari Tulisan yang Teramat Banyak


Mohon diingat ya sahabat domaraiku sekalian bahwa power point tentunya lebih fokus pada penyampaian poin-poin materi, buka power word yang isinya full sama tulisan-tulisan doang seperti contoh di atas. Pada slide yang gue buat itu pake Power Point 2013 dengan desain Feathered. Nah, gue pake desain feathered tapi udah gue ganti-ganti di bagian Variants nya. 

Kesalahan:
  • Tulisan terlalu banyak
  • Ukuran font materi terlalu kecil
  • Proporsi ukuran font judul dan ukuran font materi kurang pas

Slide yang gue buat di atas bisa dikutak-katik biar lebih menarik menggunakan Slide Master (View – Slide Master). 


Kalau udah selesai edit-edit nya, klik Slide Master – Close Master View.

Tujuan gue ng-edit di slide master itu adalah mau membuat garis di bawah judul lebih ke atas atau mendekati judul ... biar ruang untuk nulis materinya lebih luas. 

Tampilan Power Point setelah dilakukan beberapa sentuhan


3. Pilihlah Kombinasi Warna yang Pas

Pemilihan warna juga mempengaruhi nyaman tidaknya audiences memperhatikan apa yang kita sampaikan. Ada tiga tips untuk poin yang satu ini:

  • ·        Apabila background yang kalian gunakan cenderung gelap, maka tulisan yang kalian masukkan di dalam slide tersebut harus terang supaya kata-kata yang hendak kalian sampaikan terbaca jelas oleh audiences
  • ·        Apabila kalian menuliskan sebuah kalimat, tebalilah kata-kata yang penting supaya audiences langsung tertuju pada poin yang hendak kalian sampaikan
  • ·        Apabila kalian menggunakan bullet and numbering, upayakan baris satu dan baris selanjutnya berbeda warna supaya audiences tidak jenuh  

4. Hindari Penggunaan Animasi atau GIF yang Tidak Berguna

Poin satu ini bisanya sering dilakukan oleh para pemula. Biasanya mereka asal memasukkan semua unsur yang mereka tau supaya terlihat wow, padahal secara tidak sadar hal itu berlebihan dan malah membuat audiences salah fokus. Penggunaan animasi sebaiknya hanya yang menunjang materi yang hendak kalian sampaikan. Penggunaan animasi yang menunjang materi tentu saja akan membuat audiences lebih mudah dalam memahami materi yang kalian sampaikan.  


5. Hindari Penggunaan Transitions dan Animations yang Terlalu Banyak

Sama halnya dengan poin 4, kesalahan ini sering dilakukan oleh para pemula yang memiliki watak coba-coba. Penggunaan transitions dan animations yang terlalu banyak akan membuat presentasi sedikit lemot dan tentu saja hal itu mengganggu jalannya presentasi kalian.

 

6. Proporsi Tulisan, Gambar, dan Animasi Harus Pas

Proporsi tulisan, gambar, dan animasi harus di tata sebaik mungkin supaya semuanya dapat terlihat dan terbaca dengan jelas oleh audiences. Pada poin ini yang sering gue lakukan adalah slide show. Terkadang kan antara yang kita lihat di proses pembuatan sama yang ditampilkan secara utuh suka beda, makanya untuk menghindari proporsi yang kurang pas perlu di slide show terlebih dahulu.


Baca juga: Tips Sukses Presentasi

Baca juga: Cara Mengakses File Komputer Rumah dari Jarak Jauh


>>> Nah, itu tadi beberapa tips membuat power point yang mudah dan menarik yang sering gue lakukan ketika gue bikin presentasi. Semoga apa yang gue bagi kali ini bermanfaat buat kalian ya.