Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jumlah Jurusan SMK di Indonesia yang Wajib Kamu Tau!

SMK ? siapa yang tidak asing dengan SMK ? SMK sebutan untuk Sekolah Menengah Kejuruan yang katanya lulus dari sini memiliki keterampilan untuk bekerja. SMK sangat dengan mudah dijumpai di setiap wilayah di indonesia, Terutama di wilayah jawa hampir disetiap kecamatan pasti terdapat SMK baik Negeri maupun Swasta, baik SMK 3 Tahun maupun SMK 4 Tahun.


Berdasarkan data statistik Kemendikbud tahun 2017, Terdapat 13,710 SMK di seluruh wilayah Indonesia. Apakah sangat banyak ? jawabannya SANGAT BANYAK...

Jumlah yang sangat fantastis itu terdiri dari 25,67% atau 3519 SMK Negeri dan 74,33% atau 10.191 SMK Swasta dengan beragam program keahlian. Jadi, dari belasan ribu SMK itu sebenarnya ada berapakah jurusan SMK di Indonesia? simak lebih lanjut.


Sebelum membahas jumlah jurusan, ada yang tau kok diatas muncul program keahlian, Jadi, apa bedanya programkeahlian dan jurusan ?

Disini saya mencoba menjelaskan istilah program keahlian dan jurusan.
Masyarakat dimanapun pasti akan menayakan kepada siswa SMK sekolahnya jurusan apa? sampai sekang. Istilah jurusan dikenal masyarakat untuk menyatakan pilihan keterampilan yang diambil di SMK.

Istilah jurusan sudah tidak digunakan lagi dalam kurikulum saat ini, istilah itu diganti dengan istilah program keahlian yang mana masih terdapat kompetensi keahlian disetiap program keahlian. Sedangkan sekumpulan program keahlian yang masih dalam satu rumpun dinamakan bidang keahlian. Bingung? saya kasih contoh Spektrum keahlian SMK/MAK dari PSMK Kemendikbud.


Kita lihat kolom sebelah kiri.

Pada spektrum kurikulum SMK diperlihatkan istilah Bidang Keahlian. Bidang Keahlian merupakan kumpulan program keahlian yang memiliki kesamaan karakteristik dan memerlukan dasar bidang kajian yang sama. 

Bisa dikatakan bidang keahlian merupakan pusat rumpun kompetensi yang sifatnya umum dan luas, sehingga dari sisi pembagian bidang kita sudah dapat menebak jurusan yang diambil oleh siswa SMK termasuk dalam kategori bidang keahlian yang mana. Sebagai contoh Bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa.

Lanjut ...

Nah kali ini lebih fokus, yaitu program keahlian. Apa sih pengertian program keahlian?

Program Keahlian merupakan kumpulankompetensi keahlian yang memiliki karakteristik dasar-dasar keahlian/pekerjaan/tugas yang sama.

Jika bidang keahlian memiliki kesamaan dalam pengkajian, sedangkan program keahlian memiliki karakterustik pekerjaan yang sama. Contoh Program keahlian Teknik Ketenaga Listrikan. Meskipun sudah fokus namun kompetensi yang ada di dalamnya masih sangat banyak sehingga belum bisa fokus. namun, lebih mengkerucut kan?

Lanjut ...

Nah ini yang paling fokus dan paling banyak ... dalam dunia perkuliahan kita menyebutnya program studi (PRODI), jika SMK disebut Kompetensi Keahlian. 

Jadi apa sih pengertian kompetensi keahlian?
Kompetensi Keahlian adalah satuan program pendidikan dan pelatihan yang didasarkan atas tugas-tugas pada jabatan/pekerjaan tertentu, dengan durasi pendidikan dan pelatihan satuan pendidikan menengah 3 atau 4 tahun.

Secara definisi kompetensi keahlian hampir sama, namun lebih spesifik kompetensi yang akan dipelajari dengan durasi waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan kurikulum. 

Nah sebenarnya inilah jumlah yang menjadi pertanyaan di awal. Contoh Teknik Otomasi Industri dan Teknik Jaringan Tenaga Listrik serta yang lainnya, berada dalam satu rumpun Teknik Ketenaga Listrikan. 

Nah sudah tau perbedaan Bidang keahlian, program keahlian dan kompetensi keahlian?

Pada suatu Kompetensi Keahlian yang dibuka, SMK/MAK dapat mengkhususkan kompetensi tertentu sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja terkait (konsentrasi keahlian) dengan tidak mengabaikan kemampuan dasar keahlian yang bersangkutan.

Berikut ini daftar program keahlian di SMK Seluruh Indonesia berdasarkan Spektrum Keahlian SMK/MAK PSMK KEMENDIKBUD tahun 2018.


KESIMPULAN

Napak tilas, jika pada jaman dahulu era tahun 70,an orang tua kita mengistilahkan sekolah saja di Sekolah Teknik Menengah (STM) berarti dahulu disekolah itu hanya terdapat satu bidang yaitu teknologi dan rekayasa. Jika Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) berarti memfokuskan pada bidang Bisnis dan Manajemen.



Setelah kita lihat dengan seksama berdasarkan SPEKTRUM KEAHLIAN SMK/MAK TAHUN 2018 bahwa terdapat 9 Bidang Keahlian, 49 Program Keahlian, dan 146 Kompetensi Keahlian. Jadi jika ditanya berapakah jurusan SMK di seluruh Indonesia jawabannya adalah 49 Program Keahlian.

Sumber