Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara mengakses file komputer rumah dari jarak jauh


Cara mengakses file komputer rumah dari jarak jauh - Era teknologi saat ini memungkinkan kita melakukan banyak hal. Banyak sekali pekerjaan manusia yang terbantu dengan adanya teknologi, terutama dari hal kecepatan akses data. 

Sejak jaman dulu manusia berkembang dalam dunia digital dengan mendigittalisasi data-data analog menjadi digital. Hal ini berarti membutuhkan penyimpanan data digital. Nah sejak perkembangan pertama media penyimpanan dimulai dari disket dengan kapasitas 8 MB, DVD 4,7 Gb, flashdisk hingga 128 Gb, HDD 8Tb, dan SSD 8Tb. Tentunya penyimpan akan lebih mudah.

Masalahnya adalah jika media peyimpanan data digital tersebut tidak selalu kita bawa, sedangkan terdapat file penting yang harus digunakan sekarang. Tentu sangat kerepotan. Sebagai contoh kita sedang berangkat ke tempat kerja,  akan tetapi flashdisk tertinggal di rumah, sedangkan beberapa saat lagi akan preentasi. Cukup repot bukan?

Hadirnya internet telah merubah banyak hal. Internet juga berdampak pada media penyimpanan. Media penyimpanan awan atau cloud kita menyebutnya. Pada prinsipnya cloud atau media penyimpanan awan sama halnya dengan penyimpanan pada umumnya, halnya saja kita dapat mengakses data kita selama terdapat perangkat gadget dan internet. 

Baca juga : cara upload & download file di google drive

Banyak sekali perusahaan internet yang menyediakan fasilitas cloud untuk saat ini. Salah satunya adalah goolge drive. Google drive merupakan media penyimpanan berbasis awan yang dimiliki oleh perusahaan google LLC. Google drive otomatis akan kita dapatkan jika kita memiliki akun gmail dengan kapasitas untuk free version adalah 15 Gb. 

Jika belum memiliki akun gmail silahkan ikuti cara membuat akun gmail. Selama kita memiliki akses internet kita bebas mengakses data kita yang ada di google drive. Kita dapat mengakses lewat PC, laptop bahkan smartphone kita. 

Cara mengakses file komputer rumah dari jarak jauh
Cara pertama akses data di situs google drive

Jika kita menggunakan laptop atau komputer kita bisa akses data kita di situs drive.google.com lalu login menggunakan akun gmail kalian.


Jika ingin upload, download bahkan berbagi bisa langsung dengan mudah dilakukan. Misalnya untuk memasukkan data maka kita perlu cari data dan upload satu persatu atau beberapa file sekaligus. Begitu juga saat download kita perlu memilih file satuan atau beberapa file.

Cara kedua sinkronikasi data komputer dengan google drive

Berbeda dengan cara pertama saat upload file atapun download file kita perlu masuk pada website terlebih dahulu. Namun menggunakan cara kedua ini hal itu tidak perlu dilakukan lagi, karena data akan sinkronisasi otomatis dengan komputer kita. 

Secara otomatis data pada google drive akan sinkronisasi terhadap folder atau semua data yang ada di hardisk komputer kita saat terdapat koneksi internet. Sehingga  tidak perlu buka situs google drive untuk upload atau download file.

Berikut caranya :
Download backup & sync google drive
setting >> Dapatkan pencadangan dan sinkronisasi untuk windows

Lalu pilih download dan lakukan instalasi



Setelah selesai silahkan login dengan akun email masing-masing





Setting pertama adalah sinkronisasi data yang ada pada komputer kita ke google drive. langkah ini adalah optional jika ingin memisahkan data pribadi komuter dengan data google drive. Atau hanya mengaktifkan synkronisasi my laptop dan tidak mengkatifkan synkronisasi google drive.



Setting kedua adalah sinkronisasi data pada google drive di komputer kita. Ini juga sifatnya opsional. Jika kita hanya mengingikan synkronisasi pada folder my laptop.

Nah pihak google memberikan dua drive yaitu my laptop dan google drive untuk membedakan data kita. data pada google drive biasanya sering digunakan untuk sharing file, sehingga bisa saja orang lain yang memiliki akses dapat melihat file kalian, namun dengan fitur my laptop data yang tersimpan pada my laptop akan aman karena tidak dalam satu folder yang sama.


folder yang sudah tersinkronisasi akan muncul logo google drive. Setiap file yang berada dalam folder itu maka secara otomti akan terupload pada google drive saat terhubung dengan jaringan internet. Sehingga kita tidak perlu repot repot upload ataupun download saat ternjadi perubahan data. 



Selain dapat synkronisasi otomatis. Apliaksi backup dan sync dapat digunakan lebih dari satu komputer. Artinya kita dapat memiliki akses terhadap folder yang sama yang dapat diakses pada komuter lain. 

Baca juga : cara kunci whatsapp dengsn sidik jari

Contoh folder google drive komputer A akan tersinkronisasi pada google drive, jika komputer B menginstal aplikasi bacup & sync maka, komputer B juga akan menerima sinkronisasi yang sama dengan folder google drive pada komputer A. 

dan kedua file akan tersingkronisasi otomatis saat terdapat perubahan yang dilakkan oleh komputer A maupun komputer B. Sehingga jika kita menggunakan komputer kantor kita bisa mengkases file secara realtime merubah, edit dengan file yang ada pada komputer kita di rumah. 

Semoga bermanfaat.