Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mengatur Keuangan

Hay, hello, welcome, selamat datang kembali sahabat domarai yang budiman. Kalian sering gak punya uang di akhir bulan? Sering melakukan pengeluaran yang tak terkendali? Atau bingung bagaimana cara mengatur keuangan yang baik? You are right to read this article. Because of what??? Karena kali ini gue pengen bahas mengenai tips mengatur keuangan agar tidak bokek di akhir bulan. Let’s read, guys!


Keinginan umat manusia seakan tidak pernah ada habisnya. Keinginan yang selalu ingin dipenuhi. Jika sedang in barang A, maka keinginan untuk ikut memilikinya begitu besar. Terkadang hingga tidak memperdulikan bagaimana kondisi keuangan kita sendiri. Tidak jarang pula ada yang rela hutang sana sini demi memenuhi gengsi semata. Pada kasus inilah pentingya mengatur keuangan.

Pengaturan keuangan berguna untuk menjaga kestabilan antara pemasukan dan pengeluaran, mengantisipasi adanya pengeluaran yang tidak terduga dengan cara menabung, dan lain sebagaianya. Beberapa cara mengatur keuangan dapat disimak secara lebih lengkap di bawah ini.

1. Buat Catatan Pengeluaran

Langka awal yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan yaitu catat setiap pengeluaran tetap yang kamu lakukan. Misalnya biaya kebutuhan makan, listrik, transportasi, sedekah, dll. Kamu dapat mencatat di tempat yang mudah kamu akses, seperti buku catatan, handphone, atau laptop. 

Beberapa tujuan dari pembuatan catatan pengeluaran yaitu agar:
   a. terhindar dari hutang.
   b. terhindar dari biaya yang tidak terduga,
   c. tahu bagian pengeluaran mana yang dapat ditekan/dihemat, dan
  d. dapat merencanakan sesuatu yang buruh biaya besar, seperti membeli rumah, kendaraan, atau berlibur.

2. Buat Anggaran Keuangan

Setelah membuat catatan pengeluaran, yang selanjutnya kamu lakukan adalah membuat anggran keuangan, yakni catatan seluruh pengeluaran yang tetap maupun tidak tetap. Pencatatan pengeluaran ini berguna untuk menghindarkan kamu dari sifat boros, karena kamu dapat melakukan evaluasi pada akhir bulan dan melihat pada bagian mana pengeluaran besar yang kamu lakukan. Ada yang berpendapat bahwa membuat catatan pengeluaran itu hal yang ribet. Namun kalian coba saja dulu membuat dalam 1 bulan, rasakan perbedaan dan manfaatnya. 

3. Plot-plotkan Biaya sesuai Kebutuhan

Tahap ketiga ini dapat dilakukan pada awal bulan atau ketika ada pemasukan. Kamu dapat membagi uang yang kamu pegang ke bagiannya masing-masing sesuai dengan catatan pengeluaran yang kamu buat sebelumnya. Penge-plot-an ini berfungsi untuk mengatasi biaya-biaya yang tidak terduga, seperti berobat, reparasi, ban bocor, dan lain sebagainya. 

4. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Berdasarkan cacatan pengeluaran dan anggaran keuangan yang telah kamu buat, kamu dapat melihat kebutuhan mana saja yang dapat dihemat. Pasti kalian sering dilema kalau melihat sesuatu yang menatik hati, lalu tidak sabar untuk membelinya, padahal itu hanya keinginan kamu semata bukan kebutuhan. Satu cara yang pengen gue kasih tau ke kalian yaitu coba bayangin antara barang yang pengen kalian beli sama uang yang kalian punya untuk membeli barang itu, kira-kira mana yang kalian pilih? Jika yang kalian pilih adalah "barang", berarti barang itu adalah 'kebutuhan', sedangkan jika yang kalian pilih adalah "uang", berarti barang tersebut hanya 'keinginan' kalian semata. 

5. Sisihkan Uang untuk Tabungan

Menyisihkan uang untuk tabungan sering dianggap remeh oleh kebanyakan orang. padahal manfaatnya sangat besar. Menyisihkan uang untuk tabungan sebaiknya dilakukan setiap hati atau minimal setiap minggu. Tetapkan nominal yang akan kamu tabung dan konsistenlah dalam menabung. Salah satu cara agar kamu lebih semangat dalam menabung yakni dengan menentukan target atas tabungan yang kamu buat. Ntah itu untuk membeli tas atau sepatu kesukaan kamu yang harganya wow, liburan ke tempat-tempat epic yang butuh ongkos lebih, atau yang lainnya. 

6. Hindarkan Diri untuk Berhutang

Menurut gue, hutang itu hanya akan membuat keuangan kita berantakan dan hati tidak tenang. Kenapa? karena kita harus menyisihkan uang yang bukan untuk kebutuhan kita. Pasti kalian mikir gimana kalau untuk beli/kredit kendaraan? bukankah itu suatu kebutuhan? Iya, benar kalau jaman sekarang ini kendaraan penting untuk mobilitas kita sehari-hari. Tapi bukankah kita bisa terlebih dulu menabung untuk dapat membelinya? dan jika dibandingkan ketika kita membeli dengan cara kredit atau tunai, bukankah lebih murah jika membeli secara tunai??? 😃

>>> Nah, itu tadi beberapa tips mengenai cara mengatur keuangan suapaya di akhir bulan tidak kebingungan karena uang di kantong udah limit. Tips ini sebaiknya diawali dengan niat yang kuat untuk berubah dari kebiasan yang kurang baik (boros) menuju kebiasaan yang lebih tertata. Jika keuangan sudah dikelola dengan baik, maka hidup terasa lebih tenang dan bahagia. Satu lagi yang pengen gue bilang, jangan hidup hanya untuk memikirkan hari ini saja, namun hiduplah untuk masa depan yang lebih dan lebih baik.