Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Olahraga Anti Ribet

Domarai.com - Saat ini dunia masih dipusingkan dengan keberadaan virus yang bernama corona. Virus satu ini dapat menular dari satu orang ke orang yang lain melalui berbagai cara. Sebagaimana dilansir dari health.detik.com bahwa virus corona dapat ditularkan melalui beberapa cara diantaranya adalah melalui droplet, udara, dan permukaan yang terkontaminasi. 

Penularan virus corona sebagaimana disebutkan di atas rawan terjadi pada tempat yang ramai, tempat yang sempit, dan ruangan yang terbatas dan tertutup (ventilasi yang kurang baik). Oleh karena itu, kita semua dianjurkan untuk melakukan 3M protokol kesehatan yakni memakai masker kemanapun kita pergi, mencuci tangan sesering mungkin, dan menjaga jarak kira-kira 1 m dengan orang lain. Ganasnya virus ini membuat pemerintah menetapkan aturan untuk karantina mandiri bagi hampir seluruh masyarakat, kecuali tenaga medis dan tenaga kepolisian. 

Banyaknya kasus penderita virus corona membuat masyarakat harus tetap menjaga kesehatan supaya terhindar dari virus tersebut. Salah satunya dengan rutin melakukan olahraga. Olahraga yang dapat dilakukan pun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dan tentu saja yang tidak ribet.  Nah, mari kita bahas beberapa olahraga anti ribet yang bisa kita lakukan meskipun hanya di rumah saja. 





Jogging 

Olahraga anti ribet yang pertama ada jogging. Sudah gak asing lagi bukan dengan olahraga satu ini? Lari-lari santai kesana kemari yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Dilansir dari alodokter.com, jogging memiliki berbagai macam manfaat apabila rutin dilakukan, diantaranya baik untuk membentuk massa otot, membakar kalori, mengurangi jaringan lemak tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Jogging bisa kalian lakukan dimana saja, seperti misalnya di halaman rumah, di gang depan rumah, ataupun di taman. 

Bersepeda

Olahraga anti ribet kedua adalah bersepeda. Bersepeda menjadi satu trend baru di masa pandemi seperti saat ini. Banyak penjual sepeda yang kebanjiran pesanan di tengah wabah mematikan ini. Tentu saja hal tersebut dikarenakan masyarakat percaya bahwa bersepeda adalah olahraga yang mudah (anti ribet) dan menyenangkan. Aktivitas bersepeda ini dapat dilakukan seorang sendiri ataupun bersama-sama dengan anggota keluarga/teman. 

Apabila kalian sering bersepeda pada momen car free day, kalian tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang telah berulang kali disampaikan oleh pemerintah melalui berbagai layanan masyarakat. Kerumunan yang terjadi saat momen car free day dapat diatasi dengan melakukan aktivitas bersepeda hanya di sekitar rumah. Hal tersebut tentu saja akan sangat mengurangi resiko terpapar covid-19.  

Angkat Beban

Olahraga berikutnya adalah olahraga angkat berat. Olahraga ini tidak harus dilakukan menggunakan barbel sungguhan yang kita harus membelinya terlebih dahulu. Akan tetapi kita dapat menggantinya dengan benda-benda yang kita punya di rumah, misalnya ember berisikan air, botol plastik bekas berisikan batu/kerikil/air, dan lain sebagainya. Beberapa manfaat dari olahraga angkat beban yang dilansir dari klikdokter.com adalah menurunkan berat badan, mengoptimalkan kesehatan tulang, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, mengencangkan otot, serta meningkatkan rasa percaya diri. 

Lompat Tali 

Olahraga anti ribet selanjutnya adalah lompat tali. Hampir sama dengan jogging, olahraga lompat tali dapat dilakukan dimana saja. Olahraga ini dapat dilakukan secara kombinasi dengan mengajak seseorang untuk ikut bergabung. Beberapa manfaat dari olahraga lompat tali adalah membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah, menambah daya tahan tubuh, melatih koordinasi tubuh, serta meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah (alodokter.com).

Game Sport

Olahraga anti ribet yang terakhir adalah game sport. Game sport ada yang bisa dilakukan secara berpasangan ataupun secara beramai-ramai. Game sport yang bisa dilakukan berpasangan misalnya bermain bulu tangkis dan tenis meja. Sementara game sport yang bisa dilakukan secara beramai-ramai misalnya bermain sepak bola, bola voli, dan bola basket. 

Olahraga yang satu ini selain anti ribet, juga lebih menambah semangat kita karena tidak melakukannya seorang diri. Jalannya permainan membuat suasana menjadi hidup alias anti stress dan itu dapat meningkatkan imun tubuh kita juga.    

... Nah, itu tadi beberapa olahraga anti ribet yang bisa kalian lakukan di rumah selama masa pandemi ataupun ketika kalian lagi malas olahraga yang butuh persiapan ini itu. Oiya jangan lupa ya guys, sebelum melakukan semua aktivitas olahraga tadi, sangat disarankan untuk melakukan stretching atau peregangan supaya tidak terjadi cidera. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktikkannya bersama keluarga yaaaa ... Stay safe, stay healthy