Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rekomendasi Wisata Indoor Jogja

Domarai.com - Yogyakarta berhasil menjelma jadi salah satu daerah favorit untuk berwisata yang ada di Indonesia, selain kota istimewa tersebut ada juga Bali yang mempunyai daya tarik tersendiri. Jogja memiliki banyak banget surga tersembunyi sebagai tujuan wisata, mulai dari wisata alam sampai wisata edukasi untuk anak-anak.


Sahabat domarai, sebaiknya jangan sampai melewatkan Jogja untuk menjadi salah satu pilihan daerah kalian berlibur. Kesempatan kali ini kita akan memberikan beberapa pilihan destinasi wisata yang ada di Jogja khususnya wisata indoor.

1. Taman Pintar

    Taman Pintar adalah salah satu tempat wisata yang tempatnya tepat di kota Yogyakarta, hanya berjarak beberapa ratus meter saja dari Malioboro. Selain menjadi tempat rekreasi, ternyata taman pintar memberikan edukasi juga kepada anak-anak yang datang ke tempat ini. Belakangan taman pintar berhasil menjadi destinasi wisata populer terutama kalangan anak-anak, mengingat banyaknya edukasi yang diberikan di dalamnya.

    Selain itu, fasilitas - fasilitas yang diberikan sudah modern dan membuat anak-anak yang datang bisa memicu keluarnya imajinasi mereka sekaligus memberikan daya tarik kepada teknologi. Bahkan zona-zona edukasi sudah mencapai 35 zona serta dilengkapi sebanyak 3.500 alat permainan yang bersifat edukatif.

    Alamat dari Taman Pintar sangat mudah sekali dicari, tepatnya di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3 masuk kawasan Benteng Vredeburg, Ngupasan, Gondomanan Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Museum Ullen Sentalu

    Museum Ullen Sentalu pembangunannya memakai konsep yang luar biasa keren dan tentu rekomendasi bagus untuk wisata indoor. Karena terlihat dari luarnya saja begitu kokoh serta megah berkat perpaduan arsitekturnya antara jawa dengan gothic Eropa abad pertengahan. Pemrakarsa pembangunan museum swasta ini adalah keluarga Haryono dibawah Yayasan Ulating Blencong. Nama museum sendiri memiliki makna luar biasa, Ullen Sentalu akronim dari Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku. Maksud dari nama tersebut adalah Pelita Kehidupan Umat Manusia.

    Barang-barang yang tersimpan di museum itu adalah berbagai koleksi tentang kehidupan bangsawan Jawa era Kerajaan Mataram serta peninggalan budaya-budaya yang lain. Peraturan yang diberlakukan dalam museum ini sendiri sangat berbeda jauh dengan museum-museum pada umumnya. Pengunjung dilarang berkunjung atau menjelajah museum Ullen Sentalu secara individu atau sendiri, karena pengunjung bakal dipandu secara langsung oleh pemandu-pemandu khusus ketika berjalan di dalam museum sekaligus pemandu tersebut memberikan penjelasan tentang benda-benda sejarah di dalamnya.

3. Benteng Vredeburg

    Pembangunan benteng ini terjadi sekitar tahun 1760 oleh kolonial Belanda. Jadi bisa dibilang sebelum Indonesia Merdeka bangunan ini sudah berdiri kokoh. Meski usia bangunan ini dibilang telah tua ratusan tahun, tetapi bangunan yang mengusung gaya kolonial ini sangat terjaga sampai sekarang dan menjadi tujuan wisata favorit untuk wisata indoor

    Dalam benteng tersebut berisi peninggalan masa lampau seperti meriam, ruang tahanan, dan lain sebagainya. Alamat dari benteng ini sendiri sangat mudah dicari, karena berada di pusat kota atau tepatnya di dekat 0 km Malioboro Jogja.

4. De Mata Trick Eye Museum

    Museum ini merupakan salah satu tujuan wisata paling unik dari banyaknya tempat wisata yang tersedia di Yogyakarta. Pengalaman yang diberikan oleh museum ini apabila kita masuk di dalamnya sangatlah diluar dugaan atau bisa dibilang out of the box. Contohnya saja anda dapat melintas di sebuah jembatan yang dipenuhi oleh lahar panas. Tenang saja, karena semua ini cuma tipuan mata saja yang menjadikan anda seakan-akan berada di kondisi tersebut.

    Wisata indoor satu ini lumayan banyak dipenuhi gambar 3 dimensi yang memiliki keunikan sendiri-sendiri, tentu kalian yang akan melakukan foto di gambar-gambar tersebut harus antri karena pengunjung wisata ini lumayan banyak. Alamat dari De Mata Trick Eye Museum ini Jl. Menteri Supeno sekitar 4 kilo ke timur dari Alun-Alun Kidul Yogyakarta.

Sahabat domarai, semoga beberapa destinasi wisata di jogja yang sudah dijelaskan diatas bisa menambah referensi tempat berlibur untuk kalian semua.