Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Anak Semangat Belajar Daring di Masa Pandemi

Domarai.com - Pandemi virus covid-19 ternyata tidak hanya berdampak pada para orang-orang pekerja saja, namun anak-anak sekolah atau anak yang masih berstatus sebagai pelajar juga mengalami dampaknya. Mereka semua terpaksa harus belajar secara jarah jauh atau daring dari rumah, dan tidak datang ke sekolah untuk bertatap muka langsung dengan guru dan teman-temannya. Bisa dibilang sistem pendidikan Indonesia sekarang ini tengah menjalani sebuah tantangan baru karena wabah virus ini. 

    Metode pembelajaran seperti ini tentu  mempunyai dampak positif dan negatif bagi pelajar. Positifnya, semua anak bisa melakukan belajar dimana saja dan bahkan kapan saja. Namun, tentu ada persoalan yang mengganggu proses pembelajaran online tersebut misalnya semangat belajar dari siswa mengalami penurunan. Peran orang tua sangatlah penting dalam permasalahan yang dialami oleh para siswa saat ini. Pada keadaan seperti saat ini, mau atau tidak mau semua tetap harus mengikuti semua anjuran yang ada demi melindungi diri terhindar paparan virus.

    Sahabat domarai agar bisa mengatasi semangat belajar anak yang terganggu, maka kali ini kita akan membahas bagaimana orang tua memberikan semangat atau motivasi belajar buat anak di masa pandemi.

1. Bikin Ruangan Nyaman Untuk Belajar

   Agar membuat semangat belajar anak bisa meningkat, salah satunya dengan memberikan rasa nyaman bagi mereka. Karena kenyamanan adalah faktor utama, ditambah lagi karena adanya pandemi memaksa anak belajar dari rumah hingga beberapa bulan yang tentu baiknya disiapkan sebuah ruangan belajar yang nyaman daripada biasanya. Semua hal ini harus dilakukan agar bisa menjaga mood dan motivasi belajar dari sang anak.

2. Buat Suasana Kondusif Saat Belajar

    Usahakan ketika mendampingi anak saat belajar online, buat suasana selalu kondusif dan senyaman mungkin. Apalagi yang namanya anak pasti akan merasakan sebuah kebosanan karena belajar dirumah secara terus menerus dan tidak bertemu langsung teman-temannya. Semua hal yang sekiranya bisa mengganggu konsentrasi anak saat belajar segera dikurangi, misalnya tidak menyalakan televisi terlebih dulu, tidak mendengarkan musik dan lainnya yang dapat mengganggu belajar.

3. Buat Jadwal Belajar

    Meskipun hanya belajar dirumah, tidak berarti memberlakukan waktu yang sama saat belajar secara tatap muka atau sekolah biasanya. Perlu adanya penyesuaian kondisi anak, terutama dengan lingkungan sekitar. Usahakan tidak memberikan target kepada anak saat mempunyai tugas, karena namanya mood anak tidak tahu kapan akan naik dan turun. Lebih baik memberikan target mudah yang mesti dicapai anak setiap harinya, hal ini justru membuat anak lebih bebas serta tidak stres.

4. Siapkan Cemilan Kesukaan Anak

  Cara mudah membuat anak lebih semangat belajar ketika masa pandemi adalah dengan menyiapkan sebuah cemilan kesukaan sang anak. Dengan hal ini bisa membangkitkan motivasi belajar dan anak jauh lebih relax saat belajar. Ingat, tetap tidak boleh memilih makanan ringan secara sembarangan yang justru merusak konsentrasi belajar anak hingga bisa membuat anak malas dan mengantuk.

5. Dana Khusus Buat Internet

  Namanya daring atau belajar online, pasti memerlukan fasilitas internet agar sang anak selalu lancar saat melaksanakan proses pembelajaran. Maka dari itu sisihkan sedikit anggaran bulanan buat memberikan fasilitas internet tersebut demi kebaikan sang anak. Tidak dipungkiri bahwa pemakaian internet di rumah bakal mengalami kelonjakan.


   Sahabat domarai, semoga sedikit penjelasan tentang cara memberikan semangat belajar anak diatas bisa menjadi tambahan masukan, khususnya para orang tua.