Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ternyata ini ! 10 Manfaat kurma yang didapatkan saat puasa



Gambar oleh Anna Sulencka dari Pixabay

Domarai.com - Bulan puasa sudah tiba, tentunya kamu tidak akan melewati bulan ini begitu saja. Perbanyak ibadah dan konsisten jaga kesehatan. Diantaranya pola makan dikala puasa. Lazimnya kau makan tiga kali dalam sehari pada siang hari, sekarang kita cuma dapat makan pada ketika malam hari. Hal ini akan memicu perubahan besar pada kerja cara pencernaan kita. Sebab menahan makan dan minum, tentu kita harus melihat asupan makanan kita. Hal ini bermanfaat supaya kita tetap lancar dalam menjalankan ibadah puasa. 

Nah kira -kira sajian makan apa yang kalian makan saat berbuka?. Sebagai umat muslim, kita dianjurkan berbuka dengan makanan yang manis, diantaranya dengan buah kurma. Kali ini kita bahas khasiat kurma bagi tubuh dikala berpuasa. 

1. Menyiapkan Sistem Pencernaan 

Ketika Berbuka Konsumsi kurma sebagai santapan permulaan berbuka puasa dapat mengatur metode pencernaan setelah berpuasa seharian. Manfaat kurma yang satu ini bisa membantu sistem kerja lambung agar tidak terkejut saat berbuka puasa. Dengan seperti itu, konsumsi kurma disarankan sebelum Anda merasakan menu makanan berat ketika berbuka puasa. 

Lazimnya bagi orang yang memiliki permasalahan lambung, tentu mengkonsumsi makanan berat dikala berbuka puasa yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Jadi konsumsi kurma ketika berbuka puasa ini bisa menjadi solusi agar metode pencernaan tetap bagus ketika melaksanakan ibadah puasa. 

2. Sebagai Sumber Daya Cadangan 

Manfaat kurma selanjutnya yaitu sebagai sumber energi cadangan. Kandungan glukosa yang ada pada kurma dapat memberikan kalori yang cukup sebagai sumber daya tambahan bagi tubuh. Hal ini tentu saja bisa mendorong lancarnya kesibukan harian yang semestinya dijalankan selama menjalani ibadah puasa ramadhan Mengembalikan Energi Setelah seharian Berpuasa Manfaat lain kurma bagi tubuh merupakan dapat menolong memulihkan kekuatan. 

Buah kurma yang dikonsumsi dikala berbuka dapat menjadi nutrisi serat natural yang gampang dicerna dalam cara pencernaan tubuh. Konsumsi kurma dikala berbuka memang amat baik dilakukan, sebab selama berpuasa tubuh akan mengolah kekuatan. Untuk itu tubuh memerlukan asupan kalori yang pesat diresapi oleh tubuh. 

3. Mencegah Risiko Penyakit Diabetes 

Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrion Journal tahun 2011, menghasilkan bahwa kurma memiliki indkes glikemik yang rendah. Sehingga kalau dikonsumsi, buah dengan rasa manis satu ini tak akan menyebabkan lonjakkan kadar gula darah secara seketika. Selain itu kandungan serat tidak larut yang terdapat dalambuah kurma bisa dicerna lebih lambat dalam perut. Dengan keadaan semacam itu kadar gula darah menjadi lebih terkontrol sehingga dapat mencegah risiko diabetes. Tentu saja ini adalah salah satu manfaat buah kurma yang sayang untuk dilewatkan. 

4. Menjaga Sistem Pencernaan Tubuh 

Manfaat kurma yang tak kalah penting adalah menjaga cara pencernaan. Kandungan serat tinggi yang dimiliki kurma benar-benar bagus untuk kesehatan pencernaan tubuh. Malah kurma dapat menjadi obat alami untuk menuntaskan masalah wasir atau sulit buang air besar. 

Selain itu, kurma juga baik diterapkan saat berbuka sebab kurma bisa memberikan rasa begah lebih kencang. Hal ini bisa mengurangi nafsu makan yang berlebihan yang sering kali kali datang ketika waktu buka puasa. Dengan begitu, akan menghindarkan Anda dari risiko berat badan saat berpuasa. 


5. Mencegah Penyakit Anemia 

Buah kurma terbukti juga benar-benar berguna untuk mencegah anemia. Manfaat kurma yang satu ini didapatkan dari kandungan zat besi tinggi dalam buah kurma. Kandungan ini menolong proses pemesanan sel darah merah, meningkatkan energi, juga mampu mengurangi rasa lelah dan lesu. Kecuali itu, kuma juga memiliki kandungan mineral tinggi yang betul-betul bermanfaat untuk memecahkan bermacam gangguan kesehatan. 

6. Mengurangi Masalah Alergi 

Manfaat kurma selanjutnya yaitu dapat mengurangi alergi. kurma ternyata juga mempunyai kandungan belerang organik yang sangat bagus untuk menurunkan respons alergi. Dengan begitu, orang yang mempunyai masalah kesehatan ini dapat mencoba buah kurma sebagai konsumsi harian guna menurunkan dan mencegah datangnya respon alergi. 

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Manfaat buah kurma bagi tubuh yang tidak kalah penting ialah meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat ini dapat didapat dari kandungan vitamin dan mineral tinggi yang terdapat di dalam kurma. Unsur mineral magnesium dan kalium yang ada di dalam kurma bisa membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Selain itu kandungan serat dari kurma juga membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menyebabkan penyakit jantung. 

Buah ini juga mengandung zat antioksidan asam fenolik yang sangat berguna sebagai obat anti peradangan. Asam fenolik bisa membantu menurunkan risiko Anda terkena hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. 

8. Menangkal Radikal Bebas Pada Tubuh 

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah kurma bisa efektif menangkal efek radikal bebas. Kandungan antioksidan flavonoid dan asam fenolik bisa membantu mengurangi risiko beragam penyakit kanker yang disebabkan oleh senyawa radikal bebas. 

Bukan hanya itu, kandungan karotenoid juga bisa mengurangi gangguan pada mata yang terkait dengan penuaan, seperti degenerasi makula. 

9. Pencegahan Infeksi 

Khasiat kurma yang perlu diketahui adalah kapabel dalam mencegah pengelolaan infeksi. Manfaat ini masih berkaitan dengan kandungan yang terdapat dalam kurma. Unsur flavonoid dan asam fenolis dapat menangkal efek buruk dari senyawa radikal bebas yang bisa menyebabkan infeksi atau infeksi bermacam-macam penyakit. Malahan, kandungan flavonoid yang ada di dalam buah kurma juga mampu mencegah peradangan dan mencegah diabetes, Alzheimer, dan kanker 

10. Membantu Persalinan Menjadi Mudah 

Kosumsi kurma secara rutin rupanya juga dapat memberikan manfaat bagi ibu hamil. kurma memiliki zat-zat aktif yang bisa diproduksi hormon oksitosin lebih banyak. Hormon oksitosin ini dapat menambah kemampuan sensitivitas rahim dan memulai kontraksi. Selain itu, zat tanin yang juga terkandung dalam kurma benar-benar berguna untuk melancarkan kontraksi tanpa memunculkan rasa sakit. 

Itulah beragam manfaat dari buah kurma, yang dapat kita rasakan. Semoga ibadah kita bulan ini tetap istiqomah dan lancar tanpa halangan apapun. Semoga artikel ini bermanfaat. Yuk baca artikel kami lainnya.