Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara-Cara Mudah Mencari Lowongan Pekerjaan Via Internet

Domarai.com - Pandemi yang sedang melanda dunia sekarang ini menjadi salah satu penghalang bagi banyak orang yang tengah mencari pekerjaan. Bahkan, justru ada banyak orang yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan akibat adanya pandemi covid-19 ini.


      

        Sebaiknya semua tidak perlu khawatir akan hal-hal tersebut, dengan melihat majunya zaman saat ini dan disertai berkembang pesatnya teknologi. Berbagai kegiatan sekarang dapat dilakukan melalui system online, mulai kegiatan belajar mengajar di sekolah, bekerja, hingga daftar-daftar lowongan pekerjaan dapat dilakukan dengan online termasuk tahap-tahap tesnya.

        Sahabat domarai, pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas tentang berbagai cara untuk mencari lowongan-lowongan pekerjaan lewat online. Semoga apa yang akan kita bahas ini bisa membantu kalian semua yang sekarang ini sedang mencari pekerjaan.


1.    Maksimalkan Media Sosial

        Media sosial menjadi salah satu cara yang bisa mengakses banyak informasi termasuk lowongan pekerjaan. Seperti mengikuti atau memfollow semua akun-akun yang mengupload postingan loker-loker. Apabila kalian sudah mempunyai target perusahaan yang akan kalian masuki, sebaiknya usahakan mencari sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut seperti follow instagram, facebook, twitter, telegram dan sosial media lainnya. 

    Selain itu banyakin masuk ke grup-grup pencari lowongan kerja di semua sosial media. Mulai dari grup lowongan pekerjaan sesuai target yang kalian incar, grup lowongan di kota kalian hingga yang gruo-grup yang sifatnya umum. Tetapi kalian harus selalu waspada, mengingat di dunia maya banyak penipuan-penipuan yang berkedok lowongan pekerjaan.


2.    Pilih Situs Terpercaya

        Lowongan pekerjaan yang ada di internet bisa dicari lewat situs-situs lowker yang sudah terpercaya dan telah terbukti oleh khalayak ramai. Misalnya seperti lewat tayangan televisi, iklan yang lewat di sosial media, dan sebagainya. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri mengingat berbagai informasi tersebut sudah dapat dipastikan lengkap sekaligus akurat. Tentu lewat situs terpercaya seperti ini dapat memperkecil kemungkinan terkait adanya penipuan.


3.    Gunakan Aplikasi Lowongan Pekerjaan

        Melalui aplikasi lowongan pekerjaan ternyata bisa mempermudah kalian untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai kalian harapkan. Selain mudah aplikasi seperti ini juga lebih terpercaya karena dilengkapi oleh kualifikasi, alamat, gaji hingga tombol daftar apabila kalian ingin mengirim lamaran. Lowongan kerja di aplikasi seperti ini sangatlah beragam dari tingkat lowongan sesuai lulusan, freelance, serta bidang yang diinginkan. Intinya aplikasi seperti ini akan memberikan kemudahan buat kalian untuk mencari lowongan pekerjaan secara online.


4.     Lewat Relasi Atau Jaringan Kalian

        Ketika mencari sebuah pekerjaan selain diwajibkan mengandalkan segala kemampuan yang kalian miliki, ternyata kalian dapat mencari kesempatan dari orang yang kalian kenal. Sebaiknya kalian selalu menjaga komunikasi dengan orang-orang sekitar, mengingat lowongan pekerjaan bisa datang dari orang satu ke orang yang lainnya.

       Salah satu cara menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat atau orang yang kalian kenal adalah sering melakukan chatting. Apalagi dengan posisi kalian yang sedang mencari lowongan, sebaiknya kasih tahu semua relasi yang kalian miliki agar mereka bisa memberi info apabila ada lowongan pekerjaan. Misal seperti keluarga besar, tetangga, teman sekolah SD, SMP, SMA, kuliah, alumni-alumni.


Sahabat domarai semoga beberapa cara diatas dapat membantu kalian memperoleh pekerjaan. Melamar kerja sebenarnya tidak mudah karena butuh adanya usaha yang lebih, dan sebaiknya apapun usaha yang kalian lakukan tetap imbangi dengan doa kepada Tuhan agar semua yang kalian usahakan bisa dimudahkan dan dilancarkan.