Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bisnis Kerajinan Handmade

halo sahabat domarai, apakah kalian menyukai kerajinan handmade, atau kerajinan rumahan? sepertinya kerajinan rumahan sudah tidak bisa diremehkan lagi, pasalanya banyak orang-orang kreatif yang meraup untung besar dari produk kreatif handmade yang mereka buat. Mau tau produk kerajinan handmade yang menhasilkan? mari kita simak.
ide-bisnis-kreatif-handmade

Setelah membahas Ide Bisnis Kreatif di Kalangan Mahasiswa kini kita bahas bisnis kerajinan handmade saat ini mulai menjadi tren terkini. Orang-orang sekarang justru menyukai benda-benda yang orisinil dan buatan tangan, bukan buatan mesin. Entah kenapa, padahal benda-benda kreatif yang diproduksi menggunakan mesin juga banyak beredar. 

Potensi ini bisa kalian kembangkan menjadi ide bisnis sesuai dengan hobi kalian. Handmade berarti kalian membuat kerajinan tidak memerlukan mesin-mesin besar, cukup peralatan sederhana dan kreatifitas saja kalian bisa membuat tabungan di celengan penuh hehe.

Nah kali ini domarai akan berbagi Ide bisnis kerajinan handmade yang berpotensi uang. Tidak usah lama-lama karena pelanggan sedang menunggu kalian semua hehe, cekidot.


1. Wall Art


Apakah sahabat domarai perhatikan, sekarang banyak sekali kedai kopi ala anak muda jaman now? meskipun kedai kopi tempatnya tidak terlalu besar, namun terlihat artistik yang sangat menarik dipandang saat menyruput secangkir kopi. 

rata-rata pecinta kopi memiliki jiwa seni yang tinggi, nah korelasi antara minum kopi dan seni memang tidak pernah terpisahkan. Banyak kedai kopi berbondong-bondong membuat kedai kopi mereka menjadi tampat yang artistik. 

Pemilik kedai biasanya menyewa teman mereka sendiri yang jago lukis, atau menggunakan para seniman lukis dengan harga yang tidak murah. Artinya berbekal hobi menggambar dinding bisa berpotensi memberikan penghasilan yang tinggi. Selain itu kreasi handmade tipe ini bisa juga kita nikmati saat minum kopi sama do'i hehe. 


2. Olahan kain


Tau kah kalian bahwa, hampir kebanyakan kerajinan Handmade menggunakan kain sebagai bahan utamanya. Nah kira-kira tau tidak penyebabnya? karena bahan baku kain sangat murah dan mudah didapatkan. Terutama kain flanel paling banyak digunakan. 



Mulai dari gantungan kunci, rajutan, penghias bunga, boneka, pernak pernik, bunga kain, dan banyak lainnya. semua barang-barang itu jika sudah menjadi kerajinan akan memiliki nilai rupiah yang tinggi. Seperti boneka wisuda dari harga RP 35.000 sampai dengan jutaan rupiah bergantung dari tingkat kesulitan dan besar boneka. 

Selain benda benda aksesoris dari bahan kain kalian bisa membuat rancangan hijab atau gamis yang saat ini sedang trend ini adalah peluang yang tinggi. Kalian bisa mendesain dan memberikan kepada penjahit, atau jika kalian mahir bisa dijahit sendiri. Tentunya hijab yang telah diproduksi memiliki brand kita sendiri. 

Baca juga :



3. Lukisan dan gambar


Punya bakat seni menggambar atau melukis? jangan sia-siakan bakatmu. kenapa? permintaan akan lukis wajah atau karikatur sangat tinggi. Sekarang sudah menjadi trend jika ada acara wisuda, perpisahan, ualng tahun, atau acara seminar, pelatihan memberikan kenang-kenangan berupa karikatur atau sket wajah yang memiliki nilai seni tinggi. 

Modal yang dibutuhkan hanya berupa peralatan gambar dan kertas gambar jika akan membuat sket wajah. Biasanya untuk sket satu wajah ukuran A5 dibandrol harga Rp 50.000 tentunya semakin besar kertasnya semakin tinggi pula harganya. 

Jika lukisan kalian perlu membeli kanvas dan peralatan lainnya. Jika kalian bisa membuat gambar dengan nilai seni tinggi, tidak menutup kemungkinan kalian bisa menjualnya dengan harga ratusan ribu atau puluhan juta rupiah. hmm lumayan kan?


4. Kerajinan kayu


Apakah ditempat kalian mudah mendapatkan kayu? atau memiliki hobi membuat perabotan dengan kayu? eits sekarang kayu bukan hanya untuk perabotan rumah, namun juga benda seni dengan nilai tinggi. 

Kalian bisa membuat tempat lampu hias, jam dinding, ukiran kayu, meja atau kursi yang unik, tempat tidur custom yang jika kalian lihat di youtube banyak sekali ragamnya. Mungkin kalian bisa membuat mainan anak-anak seperti puzzle, mobil, lego, dan yang lainnya. 

Jika kayu monoton untuk membuat lemari, kusen dan lainnya tentu hanya dijangkau oleh orang yang akan membangun rumah. Namun jika dibuat benda-benda kreatif berukuran kecil, maka dapat di butuhkan oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.


5. Olahan batu


Jika tempat kalian berada di dekat aliran sungai besar di bawah kaki gunung dengan potensi batu yang banyak. Kalian bisa olah menjadi barang kerajinan handmade. Jika hanya batu untuk pondasi tentu akan murah harganya, namun jika dibuat kerajinan tentu akan memiliki nilai yang tinggi

Sebagai contoh, jika kalian pernah lewat di daerah muntilan, Magelang sepanjang jalan terdapat banyak sekali penjual kerajinan olahan batu. Seperti patung, cobek, muntu, kompor, lesung batu dan banyak lagi. 

Modal yang wajib dimiliki adalah kreatifitas, mesin bubut dan gerinda. bahkan dengan gerinda saja sudah cukup untuk benda kecil. Bahan baku yang murah dan mudah didapatkan memiliki potensi untung yang tinggi.


6. Sulam benang


Ya, pelung bisnis handmade yang bisa kalian lakukan di rumah, disela-sela waktu kesibukan kalian. Sulam benang dikenal dengan istilah rajutan yang dapat dilakukan oleh banyak orang. Biasanya sejak bangku SD sudah diajarkan merajut kain dengan pola tertentu.

Sekarang sedang trend benda rajutan seperti dompet, boneka, baju, jaket, jika kita cek di google harganya lumayan tinggi. Berbekal kreatifitas, ketekunan dan keuletan yang tinggi kalian bisa membuat model benda-benda kecil, seperti gantungan kunci, atau pin yang unik.

Bahan yang diperlukan juga tidak susah didapatkan. Setiap kota atau kecamatan pasti ada pedagang benang atau kain. Kalian hanya perlu memilih jenis benang yang tepat sehingga benda yang dihasilkan memiliki nilai seni yang tinggi.


7. Kerajinan kertas


Apakah kalian pernah melihat buku catatan yang dapat di custom dengan wajah kita? yup sekarang sudah menjadi tren baru customisasi buku catatan sehingga tidak akan tertukar dengan yang lain. 

Selain buku catatan, kalian bisa membuat kalender, poster acara, undangan, cetak foto yang bisa dilakukan di rumah. Seperti buku catanan bisanya dijual dengan harga Rp 80.000 untuk ukuran A5. wah lumayan kan.

Perlatan yang dibutuhkan hanya printer, kertas, komputer/laptop dan kreatifitas. tidak banyak namun bisa menghasilkan. Nah semua tergantung kreatifitas kita dalam mengelola bisnis handmade.

Nah itu tadi ide bisnis kerajinan handmade yang bisa dilakukan di rumah. Tidak ada alasan untuk tidak berbisnis, bahkan hobi sekecil apapun jika disesuaikan permintaan pasar, akan menghasilkan pundi-pundi uang yang akan mengisi tabungan kita. Selain itu kalian juga perlu memasarkan produk kalian lewat berbagai media, bisa online maupun offline. Semua tinggal ada niat, usaha dan do'a yang harus kita lakukan. Semoga bermanfaat silahkan kunjungi artikel kami lainnya di domarai.com