Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membentuk Team Solid Untuk Blog


Apakah sahabat domarai ingin membuat blog namun masih kesulitan mengelolanya? Sudah membangun dari beberapa tahun namun posting artikel tidak rutin atau asal asalan ? atau sudah punya pandangan untuk membentuk satu team pengelola blog agar terus berkembang? 

Mungkin beberapa pertanyaan ini muncul pada sahabat domarai yang akan mulai membangun blog. Nah mungkin shabat domarai bisa membaca tips membentuk team yang solid untuk blog. Simak berikut ini.


Beberapa minggu lalu saya juga berfikir untuk mengembangkan sebuah blog yang dapat memberikan manfaat untuk orang banyak. Namun, setelah berkali-kali membuat blog saya memahami bahwa mengelola suatu blog untuk sendirian ternyata tidak mudah sangat sulit. Mulai dari itu saya berfikiran untuk membentu suatu team untuk mengelola blog

Bayangkan untuk membuat artikel yang baik dan bermanfaat tentunya perlu ide ide cerdas agar pembaca tertarik untuk membacanya. Nah biasanya seseorang cenderung powerfull jika sedang mendapat ilham kali ya hahaha, bisa membuat beberapa artikel dalam satu hari. 

Bahkan ada yang sampai 10 artikel dalam sehari. Pertanyaannya adalah se konsisten apa sih kita sampai bekerja sekeras itu untuk blog kita? Namun, hal itu jika terus menerus dilakukan akan jenuh juga. Kali ini saya akan membahas cara membentuk team solid untuk blog yang bisa dicoba.

1. Kenali Setiap Orang Dalam Team

Recruitmen, pasti akan sahabat domarai untuk membangun team. Namannya juga cari orang hahaha. Dalam suatu team tentunya setiap personal memiliki kemampuan yang dimiliki untuk pekerjaan tertentu dalam blog itu. Sebagai founder blog sahabat domarai perlu mencari orang yang tepat untuk mengisi tempat itu. 

sebagai contoh sahabat domarai butuh orang yang bisa membuat gambar atau desain untuk tema artikel yang diposting, tentunya kalian akan mencari orang yang mahir dibidang desain. Pastikan orang yang diajak sudah mengetahui visi dan misi dibentuknya blog, dan imbal balik untuk mereka berupa upah untuk usaha mereka. 

Selain mahir pastikan juga mereka memiliki semangat yang tinggi dan mememahami visi dan misi blog kalian. jika antara founder dan tim sudah memiliki pandangan yang sama tentu akan lebih solid dalam pekerjaan. 

Tips : Carilah orang yang cocok baik kepribadian maupun kemampuan.

2. Ajaklah Dengan Tujuan Yang Jelas

Mencari orang untuk sebuah tim bukalah perkara mudah, hal yang sering terjadi adalah tujuan mengajak hanyak untuk masalah uang. Maka, bisa saja orang yang kita ajak bekerja dengan asal-asalan karena tujuan utamanya bukan untuk isi kontennya namun malah hanya uang. 

Sebagai founder seharusnya dapat menyamakan visi dan misi pandangan kedepan dan mengajak mereka mencapai tujuan tersebut. Pergantian personil adalah hal biasa dalam suatu tim, namun tim yang bagus antar sesama personil memiliki kedekatan bukan hanya masalah lahiriah namun juga batin.

Tips: Ajaklah dengan tujuan baik serta berilah dampak positif jika dia melakukan hal itu.

3. Bagi Tugas Sesuai Dengan Minat Dan Kemampuan

Setelah mendapatkan orang-orang yang sesuai. Selaku founder bagilah job sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Setiap orang pastinya memiliki minat terhadap hal hal tertentu. berilah tanggungjawab kita percayakan kepada orang itu, dengan begitu dia merasa menjadi bagian dari tim. 

Orang itu kan berfikir jika tidak ada saya tim ini akan bermasalah, itu akan memberikan dampak psikologis positif terhadap tanggungjawabnya. Hal itu juga dapat memicunya perkembangan di dalam blog.

Tips : Kenali dan pahami secara personal tanyakan minatnya dan berikan kepercayaan penuh kepadanya.

4. Beri Kesempatan Untuk Berkembang

Biasanya pembebanan tugas tertentu jika dilakukan terus menerus akan jenuh juga. Setiap orang juga menginginkan adanya perkembangan dalam dirinya, entah secara pengetahuan, kemampuan atau hal lain. sebagai founder seharusnya kita memberikan kesempatan mereka untuk berkembang dengan menerima ide-ide brilian dari mereka. 

Menerima masukan dan memberikan kepercayaan untuk mereka. Meskipun begitu kita sebagai founder jangan sampai lengah dengan mereka dan terus dalam perhatian kita terhadap hal yang mereka lakukan. Tentunya masih dalam koridor visi dan misi blog kalian.

Tips : Berilah kesempatan dan berikan kepercayaan mereka berkembang dengan ide, gagasan atau tindakan mereka.

5. Beri Motivasi Dan Pendampingan

Satu tim yang baik adalah tim yang mampu saling menguatkan. Hubungan sosial antar personal mempengaruhi kinerja mereka. Misalnya saja jika terjadi sedikit perkataan yang membuat baper. Entah baper postif atau baper negatif yang pasti sebagai founder harus selalu dapat memotivasi timnya untuk terus menghasilkan karya karya terbaik. 

Tak dipungkiri juga terdapat personil yang masih belum jelas untuk beberapa hal. Personil semacam ini memiliki karakter dalam bekerja perlu bekerjasama dengan orang lain, meskipun itu adalah tanggungjawabnya. Tentunya sebagai founder memberikan pendampingan terus menerus hingga mereka bisa mandiri.

Tips : Buatlah jadwal untuk bertanyalah tentang kesulitan yang dialami jika tidak ada, mengobrol dengan topik lain.

6. Ajak Meetup Yang Menyenangkan

PENTING !!! 
meetup bukan sekedar rapat namun juga obrolan santai yang tidak melulu membahas masalah pekerjaan. Hal ini sangat sangat penting, disisilain untuk mengakrabkan namun juga sebagai ajang memupuk kasih hehe... artinya memupuk hubungan baik antar sesama personil. kali aja ada jodoh diantara kita :D 

Manfaat dari meetup untuk menyegarkan kembali fikiran, menyatukan lagi visi-misi dan banyak hal hal postif lain yang dapat diambil dari meetup. Setelah fikiran segar, antar personil kembali tidak memiliki masalah jika ada permasalahan dan banyak lagi lainnya.

Tips : Bisa dilakukan di tempat nongkrong yang suasananya jauh dari pekerjaan.

7. Buat Komitmen Untuk Terus Berkarya

Komitmen adalah segalnya bagi sebuah tim. Apa jadinya suatu tim bekerja tanpa komitmen, bisa berlairan kemana-mana tanpa arah yang jelas. Disinilah letak kepemimpinan founder untuk membangun komitmen bersama. sebagai wadah aspirasi personil. Mengelola sebuah blog profit maupun non profit bukan perkara mudah. 

Komitmen yang dibangun bersama akan jauh lebih mudah diingat, diterima, dan dijlani dibanding dengan komitmen yang sudah disiapkan oleh founder. Apa lagi jika tim itu kalian jadikan founder semua. pasti rasa keberpemilikan terhadap blog juga akan lebih tinggi. 

Tips : Jadikanlah founder bagi personil yang berkomitmen dari awal mulanya blog dibangun.

Nah, kira-kira seperti itulah cara membentuk team yang solid ala domarai.com, memang tidak dapat dijadikan patokan, namu semogan dapat memberikan gambaran buat sahabat domarai yang ingin membentuk team mengelola blog. Semoga blog sahabat domarai dapat terus berkembang menghasilkan karya-karya yang hebat. :D