Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Membuat Kacang Mete Rasa Bawang Istimewa



Kacang mete adalah salah satu camilan yang digemari banyak orang begitu juga sahabat domarai kan?. Selain rasanya yang gurih-gurih manis kacang mete juga baik untuk tubuh manusia. Berbeda dengan kacang tanah yang memiliki kolesterol tinggi sehingga banyak dihindari oleh orang yang sedang menajlanidiet, kacang mete justru termasuk camilan yang sehat dan aman dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet.


Kacang mete mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung dan otak manusia apabila di konsumsi dalam takaran yang tepat. Oleh karena itu kacang mete menjadi camilan yang aman bagi orang yang sedang menjalani diet dan dianjurkan bagi ibu hamil karena baik untuk perkembangan janin.

Saat ini olahan kacang mete sudah beragam. Ada yang dijadikan campuran kue, biskuit atau cookies, ada juga yang dicampur dengan coklat, ada yang dijadikan hiasan untuk es krim, ada yang dibumbui dengan aneka rasa. Meskipun demikian varian kacang mete original atau rasa bawang masih menjadi pilihan utama sebagian besar pecinta kacang mete di Indonesia.

Alasan mereka adalah pada kacang mete rasa original, cita rasa asli dari kacang mete yaitu gurih-gurih manis tidak hilang sehingga jika dipadukan dengan rasa asin dan gurihnya bawang, kacang mete akan terasa semakin nikmat. Sebaliknya, mereka berpendapat bahwa varian rasa yang lain seperti pedas manis, madu, thailand, dan lain-lain menghilangkan cita rasa asli dari kacang mete.

Membuat Kacang Mete Rasa Bawang Istimewa


Pada dasarnya pengolahan kacang mete mudah-mudah susah. Kuncinya adalah kebersihan kacang mete, takaran bumbu, dan api yang digunakan untuk menggoreng. Meskipun demikian banyak orang yang tidak berani untuk menggoreng kacang mete karena kacang mete mudah gosong ketika di goreng dan harganya mahal sehingga kalau gosong akan sangat merugikan. Berikut ini adalah tips menggoreng mete agar tidak gosong dan gurih.

1.    Mencuci Kacang Mete

Kacang mete memiliki getah yang sangat keras, rasanya pahit dan dapat menimbulkan iritasi kulit apabila terkena kulit. Oleh karena itu kacang mete harus dicuci bersih. Gunakan wadah berbahan plastik atau aluminium yang bersih dan aman untuk makanan (foodgrade). Pilih ukuran wadah yang besar dan longgar (masih ada cukup ruang untuk air) untuk meminimalisir gesekan antara kacang mete yang satu dengan yang lain sehingga kacang mete tidak banyak yang pecah. Gunakan air panas (bukan air mendidih) dan sabun cuci yang aman untuk makanan untuk menghilangkan getah mete. Aduk-aduk sebentar sampai air berubah warna. Bilas dengan air bersih sampai bersih (tidak ada busa sabun yang tersisa, biasanya 3 – 4 kali).



2.    Membuat Bumbu

Pada dasarnya takaran bumbu adalah soal rasa dan naluri. Meskipun demikian saya akan memberikan rambu-rambunya. Bumbu yang diperlukan untuk mebuat kacang mete rasa bawang yaitu bawang putih dan garam. Gunakan 6 siung bawang putih berukuran sedang dan setengah sendok makan garam. Haluskan 4 siung bawang putih dan garam sampai benar-benar halus seperti bubur bayi. Lau 2 siung sisanya iris tipis-tipis. Tambahkan sedikit air ke dalam bumbu yang telah dihaluskan kemudian campur perlahan-lahan dan bertahap dengan kacang mete. Aduk pelan-pelan dan gunakan centong nasi yang terbuat dari plastik atau kayu yang tipis tapi ujungnya tumpul agar kacang mete tidak pecah. Setelah tercampur diamkan kurang lebih 5 menit.


Bumbu Halus
Mencampur Bumbu Halus dengan Mete
Bawang Iris

3.    Menggoreng Kacang Mete

Satu kilogram kacang mete sebaiknya hanya di goreng dalam dua kloter atau bagian agar tidak mudah gosong. Gunakan minyak yang baru bukan minyak bekas. Panaskan minyak secukupnya dengan api sedang. Gunakan minyak yang cukup panas saja jangan terlalu panas (sampai muncul asap). Setelah minyak cukup panas (bisa dicek dengan memasukkan satu kacang mete apabila langsung naik ke permukaan, bergelembung dan berbunyi cess, tandanya minyak sudah panas) masukkan kacang mete ke dalam minyak dan ratakan menggunakan spatula. Jangan diaduk dulu biarkan kurang lebih 3 menit, masukkan irisan bawang dan aduk sebentar. Tunggu kurang lebih 3 menit lalu aduk lagi perlahan. Kemudian tunggu kurang lebih 2 menit dana duk perlahan, apabila kacang mete sudah terasa ringan dan kering aduk perlahan secara terus menerus sampai berwarna kecoklatan agak pucat. Kemudian angkat menggunakan serok. Jangan tunggu sampai kuning kecoklatan nanti akan gosong, karena setelah diangkat masih terjadi proses pemasakan.


4.    Meniriskan Kacang Mete

Ayun-ayunkan kacang mete yang sudah diangkat menggunakan serok. Tunggu sampai minyak tinggal menetes pelan. Jangan terlalu lama mengayun-ayun karena mete yang berada di bagian bawah serok dapat gosong. Kemudian tuangkan pada wadah yang lebar (tampah/tambir) yang sudah dialasi tisu makan. Kemudian goyang-goyangkan sampai minyak meresap sempurna ke tisu makan. Agar proses penirisan minyak maksimal gunakan tampah atau tambir yang berbahan bambu sehingga minyak dapat meresap ke bambu.

Jangan gunakan koran atau kertas bekas yang ada tulisannya untuk meniriskan minyak karena tinta pada koran atau kerta dapat menempal pada kacang mete dapat membahayakan kesehatan (dapat menimbulkan kanker). Pastikan minyak benar-benar tiris agar kacang mete dapat bertahan lama. Kacang mete yang tidak tiris minyaknya akan mudah mlempem dan tengik.



5.    Menyimpan kacang mete

setelah kacang mete dingin simpan di wadah kering yang kedap udara dan aman untuk makanan (food grade).

Demikianlah tips dalam menggoreng kacang mete. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Terima kasih.