Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Merapikan Lemari Pakaian

Selamat datang kembali di sini sahabat domarai tercinta 😍 ... Apa sahabat domarai sering pusing nyari baju kalau mau pergi-pergi karena lemari yang berantakan??? Eitsss tenang aja, sebentar lagi kalian gak akan pusing lagi karena kali ini akan dibahas cara merapikan lemari pakaian yang baik dan benar. Yok dibaca kelanjutannya ...




1. Siapkan Niat dan Waktu

Sebelum merapikan isi almari pakaian, yang harus dipersiapkan pertama kali yakni niat yang kuat serta luangkan waktu beberapa saat. Niat yang kuat ini dibutuhkan agar kalian tidak setengah-setengah dalam merapikan pakaian. Jika membereskan sesuatu apapun itu (termasuk merapikan pakaian) tidak langsung selesai, maka kemungkinan untuk menyelesaikannya kecil karena kalian akan disibukkan dengan urusan-urusan yang lain. Sedangkan untuk masalah waktu, pilihlah waktu yang kalian sedang free atau bisa juga ketika weekend.

2. Keluarkan Semua Pakaian yang Ada di Lemari

Bagian kedua yakni keluarkan semua pakaian yang ada di dalam lemari. Cara ini dilakukan agar kalian lebih mudah untuk memilah pakaian yang kalian punya sekaligus mereka-reka tata peletakan pakaian yang akan disusun kembali. Selain itu, kalian akan lebih mudah untuk membersihkan lemari tersebut. 

3. Pilah-pilah Pakaian 

Jika semua pakaian sudah dikeluarkan, tahap selanjutnya terdapat 3 kegiatan yang dilakukan secara bersamaan. Tiga kegiatan tersebut yaitu mengategorikan pakaian berdasarkan fungsinya, memilah pakaian mana yang mau disimpan, pakaian mana yang hendak disumbangkan, dan pakaian mana yang hendak dibuang, serta menentukan pakaian yang akan dilipat dan pakaian yang akan digantung.

Pertama, pengkategorian pakaian berdasarkan fungsinya misalnya atasan dengan atasan, celana dengan celana, piyama dengan piyama, pakaian dalam dengan pakaian dalam, kerudung dengan kerudung, dan sebagainya. 

Kedua, pemilahan pakaian dapat dilihat berdasarkan kondisinya. Jika pakaian masih bagus dan muat di badan, simpan. Jika pakaian masih bagus namun sudah sesak dipakai, lebih baik didonasikan. Jika pakaian ada sedikit cacat namun masih muat di badan, kalian bisa memperbaikinya terlebih dahulu sebelum disimpan kembali. Terakhir, jika pakaian dalam kondisi cacat dan terlebih lagi tidak muat di badan, lebih baik di buang saja. 

Ketiga, pemilahan pakaian yang akan dilipat dan digantung ini gampang-gampang susah sih. Kurang lebih seperti ini pengkategoriannya ya guys.
Digantung
- Kemeja 
- Blus
- Celana Panjang
- Rok 
- Jaket/Blazer

Dilipat 
- Sweater 
- Gaun
- Kaos
- Jeans
- Underware

4. Bersihkan Lemari 

Tahap keempat dalam merapikan isi almari pakaian yakni membersihkan lemari itu sendiri. Jika lemari pakaian yang kalian gunakan terbuat dari kayu tanpa pernis, ada baiknya jika kalian melapisi lemari bagian dalam dengan plastik bening atau koran. Pelapisan tersebut berguna agar lemari tidak jamuran ketika cuaca sedang lembab. Namun jika kalian tidak ingin repot melapisi bagian dalam lemari dengan plastik bening atau koran, kalian dapat membeli bahan penyerap lembab yang banyak dijual di pasaran. 

5. Tata Pakaian Sesuai Warnanya

Langkah terakhir dan inti dari semua ini yakni susun pakaian ke dalam lemari. Gantung pakaian di lemari gantung dan susun pakaian yang telah dilipat sesuai dengan warnanya. Penataan lemari pakaian yang disesuaikan dengan warna akan memudahkan kalian ketika mencari pakaian yang hendak digunakan sekaligus memudahkan kalian dalam memadu padankannya. 

Pada lemari gantung selain ditata sesuai dengan warna, dapat pula ditata sesuai tinggi rendahnya pakaian tersebut. Sedangkan pada lemari untuk pakaian yang dilipat dapat ditata dengan cara semakin dalam lemari, semakin gelap warna. 

Satu lagi yang perlu diperhatikan. Pakaian yang disimpan dengan cara dilipat dapat disusun secara vertikal, bukan horizontal (disusun ke atas). Mengapa demikian? Karena penyusunan pakaian secara horizontal memungkinkan pakaian satu dengan pakaian yang lain akan berantakan ketika satu pakaian diambil. Penataan pakaian secara vertikal akan meminimalisasi keadaan yang membuat kalian jengkel tersebut 😆. 

>>> Itulah beberapa cara merapikan pakaian di dalam lemari yang tingkat kesulitannya sedang. Intinya butuh ketelatenan dan kesabaran agar tidak ada lagi lemari berisi pakaian yang berantakan gak karuan yang membuat kalian stress. Sehingga jika weekend tiba, kalian tidak perlu berkutat dengan beberes tapi bisa menghabiskan waktu dengan quality time bersama keluarga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.