Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips-Tips Meningkatkan Semangat Belajar

Halo sahabat domarai belajar adalah sebuah kegiatan yang sangat baik, karena dengan belajar kita bisa menambah ilmu dan wawasan untuk bekal dunia ataupun akhirat. Tetapi pada kegiatan belajar pasti akan datang rasa malas, bosan atau perasaan lain yang membuat semangat belajar hilang. 

Hal seperti ini sangat wajar dialami, hampir kebanyakan orang juga mengalaminya. Salah satu penyebabnya yaitu karena rutinitas yang padat, otomatis bisa berpotensi mendatangkan rasa jenuh.


Cukup lumayan sulit dan harus bekerja keras apabila ingin menaikkan mood belajar kembali. Namun jika terlalu memaksakan dengan fokus belajar, justru membuat pusing. Banyak sekali artikel di google cara meningkatkan semangat, Namun domarai akan memberikan uraiannya. Ada beberapa cara agar kita kembali berkosentrasi untuk belajar tepatnya meningkatkan semangat belajar sehingga mengurangi hilangnya rasa mood. Seperti dibawah ini:

1. Atur dengan baik waktu belajar anda

Awalnya, atur terlebih dulu semua kegiatan yang akan anda laksanakan. Karena mengatur waktu bisa membuat anda lebih disiplin dan selalu menghargai waktu yang ada. 

Misal saat melihat jadwal waktunya untuk belajar maka sebaiknya segera dilaksanakan, namun tidak harus betul-betul ketat untuk melakukannya. Kalau ternyata anda sakit, sebaiknya beristirahat lebih dulu.  

Karena dengan mengatur waktu, otomatis kegiatan belajar tidak akan terganggu dengan yang lainnya dan tentunya bisa lebih fokus.

2. Coba membuat target

Pada suatu usaha hingga mencapai tujuan tersebut, penting untuk ditulis yang namanya target tidak hanya ditulis dalam otak atau pikiran saja. Sebaiknya tulis target yang akan kita capai dalam sebuah kertas kemudian tempelkan di area-area yang sering kita lihat.

Contohnya lemari, buku agenda, dinding kamar dan sebagainya. Karena dengan menulis target bisa memberikan kekuatan yang besar dalam meraih keberhasilan tersebut.

3. Fokus dalam waktu lima menit

Sebuah hal yang sulit untuk melakukan sesuatu adalah memulianya. Bisa jadi kita terkadang berpikir kalau melakukan hal lain terlihat lebih asyik dan nyaman, namun ini hanya pikiran otak yang bisa disiasati. 

Dalam menghindari sulitnya memulai kegiatan belajar, coba bayangkan terlebih dulu kalau anda akan belajar sekitar 5 menit saja, sesudah itu langsung berhenti atau selesai. Dengan seperti ini otak kita bakal lebih tertarik dalam melaksanakan belajar karena cuma sebentar. 

Tapi setelah anda melaksanakan belajar 5 menit, maka otak anda merasakan kenyamanan sampai akhirnya anda enggan buat memulai sesuatu yang lain. Tetap dengan catatan kalau dalam lima menit pertama, anda mesti betul-betul fokus saat belajar.

4. Menjauh dan pergi dari semua gangguan

Karena dengan banyaknya gangguan,  bakal membuat diri anda tergoda kemudian langsung beralih dari aktifitas belajar ke aktifitas lainnya, contohnya menonton TV, bermain game, bermain gadget, tiduran dan sebagainya. 

Jadi sebelum mengawali belajar, harusnya singkirkan terlebih dulu hal-hal tersebut atau bisa saja anda mencari tempat belajar yang jauh dari berbagai gangguan. Hal seperti ini bisa membuat belajar jadi lebih fokus.

5. Mencoba bergaul bersama orang-orang semangat belajar

Ternyata peran dari seorang teman sangat berpengaruh terhadap diri kita, ditambah lagi kalau kita sering bersama-sama. Tentu apa yang jadi kebiasaan atau sifatnya sangat mudah untuk menular kepada kalian sebagai teman dekatnya. 

Jadi apabila teman mempunyai sifat malas otomatis kalian bisa ikut-ikutan malas, misalnya malas untuk belajar atau yang lainnya. Tetapi sebaliknya, apabila teman kalian bersemangat untuk belajar tentu akan menular dan bisa membuat sahabat domarai ikut semangat belajar juga. 

Intinya sebuah aura yang dibawa teman, entah itu negatif atau positif sangat mudah menular. Maka sebaiknya pintar-pintarlah memilih dan mencari teman, karena seorang teman bisa mempengaruhi segala kehidupan kita.

6. Tambah niat dan kemauan tinggi belajar

Apabila jiwa kita sudah tertanam sebuah niat dan kemauan tinggi untuk belajar, bakal jadi sebuah aktifitas yang membuat senang sampai tidak ada lagi beban. Namun yang datang justru kenyamanan serta kenikmatan memperoleh banyak informasi yang belum diketahui sebelumnya.


Semoga sedikit penjelasan diatas tentang meningkatkan semangat belajar, bisa membantu semua sahabat domarai terutama para pelajar atau mahasiswa.