Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Buber Anti Bubar

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh sahabat domarai semua. Semoga kalian yang sedang membaca tulisan ini senantiasa dilimpahkan kesehatan dan kebahagiaan dimanapun berada oleh sang pencipta kita, Allah swt. Aamiin. 


Kira-kira kegiatan apa saja yang always ditunggu saat bulan Ramadhan tiba? shalat tarawih, yup betul sekali. Berburu takjil (ketahuan anak kost-an 😄), itu juga betul. Apalagi? yang terlihat seperti reunian itu lho? that's right .... BUBER (Buka Bersama). 

Buber udah seperti tradisi di negeri tercita kita ini ketika bulan Ramadhan tiba. Bagaimana tidak? buber dijadikan sebagai wadah untuk tetap terjaganya tali silaturrahim antar member nya. Simak beberapa hadist di bawah ini.

Dari Abu Hurairah, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)
Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata,
مَنِ اتَّقَى رَبَّهُ، وَوَصَلَ رَحِمَهُ، نُسّىءَ فِي أَجَلِه وَثَرَى مَالَهُ، وَأَحَبَّهُ أَهْلُهُ

Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturrahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya.” (Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 58, hasan)

Berdasarkan dua hadist di atas, jelas diterangkan bahwa silaturrahim memiliki keistimewaan bagi yang mengamalkannya. Meski silaturrahim dianjurkan untuk dikerjakan, namun terkadang buber yang telah jauh-jauh hari direncanakan akhirnya gatot (gagal total).



Buber yang gatot itu bisa dikarenakan teman-teman yang kurang kompak, jadwal pulang kampung yang tidak menentu, dan yang paling sering adalah banyaknya ide tanpa aksi. Nah ... berdasarkan permasalahan klasik itu, domarai punya beberapa solusi biar buber kalian gak bubar. 


1. Bangun Selalu Kekompakan 

Cara pertama ini yang paling efektif dan insya Allah bikin buber kalian gak garing sih. Kekompakan yang dimaksudkan ini menjaga hubungan antar member meskipun tidak sering. Jaman sekarang pasti ada dong yang grup chat temen SD, temen SMP, SMA, kuliah, dan lain sebagainya. Nah, di grup itu bangunlah obrolan-obrolan santai yang semua orang tertarik untuk "keluar" dan nimbrung dalam perchattingan. 

Bagi kalian yang sudah jarang berkomunikasi dengan kawan lama mungkin akan terasa sulit untuk memulainya. Jikalau demikian, kalian bisa mulai dengan chat satu persatu dari mereka, sebelum akhirnya menggiring mereka ke dalam grup untuk ngobrol bersama. Apabila situasi itu sudah terbentuk, maka gak ada lagi kecanggungan-kecanggungan untuk membuat acara bersama, untuk buber dalam pembahasan ini.  

2. Rencanakan dengan Matang

Kalau ingin benar-benar mengadakan buber, rencana harus matang. Jangan hanya ngajak-ngajak tanpa planning. Lalu apa saja yang harus dipikirkan sebelum berujar atau menawarkan kepada teman-teman untuk mengadakan buber? Beberapa yang dirasa penting untuk terselenggaranya acara buber yaitu tanggal, tempat, budget, dan menu berbuka.  


3. Jangan Bossy

Apabila kamu adalah salah satu penggagas buber, kamu gak boleh sok-sok an bossy dan ngatur temen-temen kalian buat ikut buber semuanya. Terlebih lagi nunjuk-nunjuk temen untuk ngurus ini itu. Kalau cara kalian gitu, yakin pada males speak up, apalagi ikut buber. 

4. Bikin Kegiatan yang Gak Biasa

Ini salah satu trik untuk menarik minat temen-temen kalian buat gabung di buber. Misalnya bikin acara sosial seperti bagi takjil atau menu berbuka gratis, jualan takjil bareng temen-temen yang diakhiri buber, atau acara seru lainnya. 


Sumber:
rumaysho.com