Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ide Bisnis Paling Cocok saat Pandemi

Domarai.com - Hay hay hay sahabat domarai yang budiman, masihkah kalian sabar menghadapi hebatnya serangan virus corona ini? Jawabannya harus 'masih' dong ya. Ingat, virus ini bisa dikendalikan dengan disiplinnya kita memakai masker ketika di luar rumah, menjaga jarak aman satu sama lain, serta selalu menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer. 



Adanya pandemi di seluruh penjuru bumi sangat berdampak pada berbagai sektor. Pada laman kompasiana.com membahas dampak covid yang tersebar pada sektor ekonomi, transposrtasi, dan juga pendidikan. Bagaimana tidak? untuk mencegah merebaknya penderita covid di Indonesia, akhirnya beberapa wilayah mulai menerapkan aktivitas karantina atau lebih sering kita dengar dengan istilah lockdown. 

Penerapan lockdown di berbagai wilayah membuat semua orang merasakan dampaknya, terutama masalah perekonomian. Hal ini sangat terasa bagi mereka-mereka yang bukan pegawai negeri sipil, karena beberapa perusahaan membuat kebijakan pemotongan gaji bahkan ada yang sampai memutuskan untuk memangkas sejumlah karyawan.

Kenyataan yang terjadi saat ini membuat kita harus pandai-pandai mencari celah, mencari peluang lain supaya tetap menghasilkan pundi-pundi rupiah meskipun ruang gerak kita terbatas. Salah satu cara yang  dapat kita lakukan yakni berbisnis, tentu saja yang aman dilakukan ketika pandemi. Nah, untuk itu mari kita simak beberapa bisnis yang dapat kita lakukan saat pandemi seperti saat ini.   

1. Online Shop

Bisnis ini sudah ramai digeluti sejak munculnya platform-platform jual beli online yang memberikan penawaran-penawaran menarik, seperti shoppe, tokopedia, lazada, dan masih banyak yang lain. Bagi pemula, para penggelut bisnis ini bisa memulainya dengan memanfaatkan media sosial pribadi seperti whatsapp, instagram, facebook, bahkan juga tiktok. Pelaku usaha ini pun tidak diwajibkan menyetok barang di rumah, karena jual beli dilakukan dengan sistem dropship. Satu yang paling penting dalam usaha ini adalah iklan, iklan, dan iklan sehingga teman, kerabat, kolega tahu jika kita mulai menjajakan suatu produk. 

2. Bisnis Alat dan Bahan Kesehatan dan Kebersihan

Bisnis ini boom saat mulai tersebar berita jikalau wabah virus korona telah memasuki wilayah Indonesia. Harga masker dan cairan desinfektan melambung tinggi. Namun demikian kalau kalian mau menggeluti dunia ini, ke depannya akan menjanjikan karena pola hidup masyarakat akan berubah menjadi lebih peduli dengan kesehatan dan kebersihan. Apalagi saat ini wabah masih saja berkeliaran tanpa tau kapan akan berakhir. 

3. Bisnis Jamu Herbal

Semenjak mencuatnya berita tentang covid di seluruh media, jamu herbal merupakan salah satu bahasan yang tidak kalah diperbincangkan. Hal tersebut dikarenakan masyarakat dihimbau untuk menjaga kesehatan tubuh, sementara konsumi ramuan herbal dipercaya dapat menunjang stamina dalam tubuh. Tanaman-tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai jamu herbal diantaranya adalah jahe, temulawak, kunyit, dan lain sebagainya. 
   
4. Bisnis Masker

Bisnis masker adalah salah satu bisnis yang diperkirakan akan berumur panjang di saat pandemi seperti saat ini. Bagaimana tidak? penggunaan masker sudah menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat agar penularan covid dapat diminimalkan. Wujud kenormalan baru ini yang dilihat sebagai peluang bagi pelaku usaha untuk berbondong-bondong menciptakan masker yang bukan lagi hanya sebagai 'pencegah' virus, namun sudah dijadikan sebagai salah satu bentuk fashion. 
 
5. Bisnis Frozen Food

Frozen food ini merupakan salah satu bisnis yang banyak menghiasi status whatsapp ibu-ibu 😁.. Karantina yang menjemukan membuat ibu-ibu atau wanita-wanita mulai memutar otak supaya tidak semakin bosen dengan memasak masakan yang bisa dijual kembali tapi juga bisa disimpan untuk jangka waktu tertentu. Alhasil banyak yang membuat olahan frozen food sebagai salah satu bisnis di saat pandemi, misalnya churros, tahu walik, dimsum, dan lain sebagainya. 
 
6. Bisnis Home dress

Home dress atau katakanlah pakaian rumah menjadi hits di tengah-tengah pandemi. Pakaian yang umumnya dipakai di dalam rumah mulai bertransformasi menjadi pakaian yang tidak memalukan jikalau digunakan di luar rumah. Home dress yang sedang hits adalah setelah atasan dan bawahan yang senada. 

--> Nah, itu tadi beberapa ide bisnis di kala pandemi yang bisa kamu lakoni. Sedikit tips dari aku jikalau kalian mau memulai bisnis adalah bulatkan tekad untuk konsiten dalam bidang ini, sering-seringlah mengiklankan produk kita (tanpa memaksa customer untuk membeli lho ya), berikan promo-promo menarik pada beberapa kesempatan, dan yang paling penting adalah doa agar bisnis kita dimudahkan oleh Tuhan (Allah swt). Semoga yang sedikit ini bermanfaat ya guys.