Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ide Bisnis Tanpa Modal di Masa Pandemi COVID-19



Domarai.com - Pada masa pandemi covid-19 seperti ini, benar-benar menganggu berbagai sektor pada kehidupan sosial. Virus yang muncul tidak segan-segan menyerang semua orang dan menjadi momok besar di dunia ini. Sektor kesehatan sangat rawan hancur, dan berimbas ke sektor ekonomi. Karena banyak perusahaan bangkrut tidak dapat produksi karena keterbatasan akses sosial. 


Hampir setiap orang akan mengalami penuruan pendapat, tentu menjadi masalah besar karena berdampak pada kesejahteraan setiap orang. Pada zaman seperti ini, tentu mendapatkan uang tidak melulu bekerja, namun kita juga dapat berbisnis untuk mendapatkan penghasilan. 


Jika kita mendengar kata bisnis, pasti selalu berfikir, wah modalnya darimana wah bisnis apa ya?. saya bisa tertawa, bagaimana jika saya bilang jutaan orang belum tau bahwa ada bisnis tanpa modal yang dapat kita lakukan sekaran juga.


Bisnis tanpa modal, bukan berarti tidak memerlukan modal sama sekali namun, tidak memerlukan modal uang untuk berbisnis. Hanya menggunakan apa yang kita gunakan sehari hari. Saya anggap sahabat domarai semua memiliki Smartphone dan komputer. Oke lanjut.


Kira-kira apa sih bisnis yang dapat kita lakukan di masa pandemi seperti ini, ide tanpa modal lagi, hanya menggunakan apa yang kita miliki. Nah tanpa basa-basi lagi yuk kita simak ulasan berikut ini.


3 Ide Bisnis Tanpa Modal di masa pandemi covid 19


1. Jual Foto

Smartphone yang kalian gunakan, dapat menjadi tambahan sumber penghasilan lho. Fitur kamera resolusi tinggi pada smarphone kalian, jangan hanya digunakan untuk ajang eksis namun juga untuk bisnis. 



Dimasa pandemi banyak orang mengkases internet guna menemukan banyak hal dari permasalah mereka. Banyak sekali media, blogger, youtuber atau instansi membutuhkan gambar atau foto untuk membuat konten mereka memiliki nilai jual. Tentu kesempatan ini tidak kita sia siakan.


Foto yang banyak dicari, tergantung dari target market kalian. Jika target market kalian adalah blogger atau youtuber, maka kalian membuat foto tumbnail. Jika target kalian media masa maka, kalian membutuhkan hal unik atau suatu peristiwa yang terjadi di sekitar kalian.


Untuk menjualnya kalian dapat promosikan melalui website. Banyak sekali website yang mau menjualkan foto kita, saya sarankan shutterstock yang sudah jelas membayar para membernya. Langkah yang harus kalian tentukan adalah target market kalian. Tentu menjual foto dapat dikatakan ide bisnis tanpa modal. Selamat mencoba, cekrek-cekrek dapat duit.


2. Jual Video 

Masih sama dengan jualan foto, ide bisnis tanpa modal kali ini adalah jualan video. Selain kalian manfaatkan untuk berfoto, kalian juga dapat mengambil video yang unik dan dapat dijual. Video unik adalah video hasil karyamu sendiri, bukan video dari video orang lain.



Tipsnya sama seperti jualan foto, jika target kalian youtuber atau influencer, buatlah video yang cocok untuk jenis konten. Biasanya video yang dibuat berdurasi pendek, satu menit, dua menit, tiga menit. Jadi hal itu sangat mudah dilakukan.


Buatlah video tumbnail yang dapat dijadikan kompilasi video. contoh video menghitung uang, video menulis sesuatu, video mengetik komputer yang sangat simple kita lakukan. Jika video kalian relevan dengan konten youtube mereka, maka videomu dapat dibeli. 


Penjualan video tetap saya sarankan di website shutterstock. saya bukan endors tapi emang website ini yang benar-benar sudah membayar banyak orang. Sehingga kalian dapat fokus dalam membuat konten video. 


3. Dropship yang Halal

Hampir semua orang pasti tau apa itu dropship, singkatnya kita menjual barang milik orang lain, tanpa kita stok barang. Bisnis ini dapat dilakukan oleh semua orang, karena pada dasarnya kita menjual produk. Tidak memerlukan keterampilan khusus dari dropship, ambil foto jelaskan dan jual hehe.



Lho kak, bisnis dropship yang di market place kan haram hukumnya bagi penganut agama islam! apa pertanyaan itu yang mengganjal di hati sahabat domarai semua. yuk kita bahas sedikit tentang dropship yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan.


Dropship yang tidak diperbolehkan oleh syariat adalah, menjual barang yang belum kita miliki. Skema ini sangat umum pada market place, saat ada pembeli yang sudah membeli barang kepada kita, kita belum memilikanya, dan saat itu juga kita akan membeli kepada supplier. 


Dropship yang diperbolehkan oleh syariat islam adalah, kita menjual barang milik orang lain sebagai wakil barang, atau agen yang mana kita sudah bekerjasama dengan agen untuk menjualkan, dan kita dapat komisi dari margin yang ditentukan oleh pemilik barang atau margin yang dinaikkan sesuai kesepakatan dengan pemilik barang.


kita tidak akan membahas menggunakan marketplace, namun kita akan menggunakan platform lain, yaitu menggunakan aplikasi meesho. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam produk yang bisa kita jual dimanapun, kita dapat menjualnya di facebook, instagram, dll. Aplikasi meesho dapat diunduh di playstore.


Sistemnya adalah kita sebagai wakil dari pemilik barang, jika ada yang order maka pembeli membayar harga yang sudah kita tentukan lalu menggunakan fitur COD dan hanya COD. Pihak meshoo akan membayar kita dengan margin yang kita tentukan tadi. Jika kalian menggunakan fitur Transfer, maka akan sama saja hukumnya dengan dropship yang tidak diperbolehkan.


Nah demikian saya mengulas 3 ide bisnis tanpa modal yang dapat kita lakukan selama pandemi ini. Masa pandemi bukan saat yang tepat untuk menyerah, namun menjadi kekuatan untuk upgrade seluruh kemampuan kita, termasuk berbisnis. Tentu ketiga bisnis diatas tidak memerlukan interaksi sosial secara fisik, dan dapat dilakukan di rumah aja. Semoga artikel ini bermanfaat. Yuk baca artikel domarai lainnya :D