Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Olahraga Di Rumah Saat Pandemi

Gambar oleh Alexandra_Koch dari Pixabay

Domarai.com - Serangan virus corona atau covid 19 menjadi permasalahan rumit yang dihadapi oleh semua orang di dunia. Virus corona tanpa ampun menyerang siapapun, tak kenal usia, pekerjaan, agama dan wilayah di seluruh dunia. Sehingga serangan virus ini dinamakan pandemi virus corona.

Banyak orang dirugikan dengan kehadiran virus ini. Berbagai sektor dan bidang didunia kacau terutama kesehatan dan perekonomian. Shingga banyak bidang pekerjaan yang tutup akibat covid-19 ini. 

Banyaknya bidang pekerjaaan yang tutup tentu berakibat kepada pekerja yang harus bekerja dari rumah, dirumahkan atau malahan di putus hubungan kerja (PHK).

Meskipun kita di rumah, kita bukan hanya bertahan dari sulitnya mencari uang, tapi kita juga perlu berjuang melawan virus corona. Kalian mulai merubah pola hidup sehat agar kondisi tubuh tetap sehat. 

Pola hidup sehat diantaranya termasuk olahraga. Isolasi diri memaksa kita melakukan semua aktivitas di rumah, sehingga untuk olahragapun kita harus di rumah. Nah kami sudah menyiapkan beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah  saat pandemi apa saja itu, simak ulasan berikut ini.


4 Olahraga di Rumah Saat Pandemi


BERGERAK

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay


Olahraga di rumah saat pandemi yang pertama dalah bergerak. Aktivitas yang sudah sering kita lakukan sehari hari. Namun disituasi pandemi seperti ini, justru peningkatan aktivitas menjadi hal yang baik lho. Karena terus bergerak sehingga akan membuat tubuh kita menjadi sehat. Jangan anggap sepele bergerak saat melakukan aktivitas sehari-hari. 

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari bergerak. Pergerakan menyebabkan otot ikut bergerak sehingga akan meningkatkan stamina tubuh kita. Peningkatan stamina akan membuat kita kebal dari berbeagai penyakit dan virus yang dapat menyerang. 

Jalan-jalan, naik turun tangga dan berlari termasuk olahraga di rumah saat pandemi dengan aktivitas motorik sangat baik untuk kesehatan jantung. Percepatan aliran darah dan pernafasan akan menurunakn kadar kolesterol. Kegiatan ini akan merangsang kolesterol jahat LDL keluar dari tubuh kita. 


KARDIO


Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Olahraga ringan yang cukup efektif untuk membakar lemak adalah kardiovaskular. Jenis olahraga di rumah ini tidak memerlukan tempat yang luas dan dapat dilakukan di dalam ruangan yang sempit. Apa saja olahraga kardio itu.

Hal paling mudah dan murah dilakukan adalah lompat tali. Lompat tali dapat dilakukan dimanapun dengan peralatan yang sederhana. Olahraga lompat tali selama 20 menit akan membakar sebanyak 220 kalori. Wah lumayan kan.

Naik turun tangga mungkin menjadi aktivitas biasa bagimkita. Namun jika kita melihat peluang, tangga dapat menjadikan sarana olahraga yang tanpa biaya dan efektif. Kita pasti kehabisan nafas saat menaiki tangga, karena otot pada kaki bekerja keras. Namun olahraga ini jangan dilakukan jika sahabat domarai memiliki permasalahan pada kaki, otot, dan persendian ya.

Jika kalian memiliki sepeda tentu kalian perlu jalan agar dapat bersepeda tentu resiko terpapar covid akan semikin tinggi. Nah kalian bisa menggunakan sepeda statis unyuk membakar kalori lebih banyak tanpa keluar rumah. Namun jika kamu tidak memiliki sepeda statis, kamu bisa lakukan mengangkat benda-benda disekitarmu. 

Selain tiga olah raga kardio diatas masih banyak lagi jenis yang lain. Olah raga ini cocok bagi kamu yang ingin olahraga di rumah saat pandemi.


SENAM AEROBIK


Gambar oleh skeeze dari Pixabay

Olahraga di rumah saat pandemi berikutnya adalah senam aerobik. Senam ini sangat mudah, dan sedehana tanpa banyak peralatan khusus. Olahraga ini menjadi pilihan yang baik jika kalian tidak menyukai aktifitas fisik yang keras. 

Saat ini kalian tidak perlu menyewa instruktur untuk melatih senam. Kalian cukup memanfaatkan youtube, banyak sekali instruktur senam yang dapat kalian ikuti. Tentu saja sesuaikan dengan kondisi tubuh kalian ya. 

Selain dari youtube kalian dapat mengikuti pelatihan senam melalui berbagai komunitas yang mengadakan video conference. Hal ini lebih efektif karena kalian dapat berinteraksi langsung dengan instruktur untuk menayakan hal-hal yang ingin kamu ketahui dari teknik senam ini. 

Meskipun sederhana senam aerobik perlu jadi pilihan yang sahabat domarai jika akan olahraga di rumah saat pandemi. Olahraga ini dapat dilakukan bersama anggota keluarga.

YOGA


Olahraga yang satu ini sangat terkesan sederhana. Gerakan yang lembut, dan sederhana mungin terlihat biasa saja dan tidak membuat lelah. Namun, jika kita serius untuk melakukan olahraga ini, ternyata banyak membakar kalori lho dan membuat tubuh berkeringat. 

Berbeda dengan olahraga yang lain yang hanya berorientasi pada fisik, namun juga manfaat batin. Karena gerakan yoga gerakan cukup rileks dan santai, sehinga batin akan terasa tenang. 

Secara fisik yoga akan memiliki manfaat menjaga metabolisme tubuh kita, memperkuat energi, memperkuat vitalitas, mengatur pernafasan. Seacra batin, akan membuat tenang, rileks sehingga pikiran sangat sehat. 

Nah demikian beberapa tips olahraga di rumah saat pandemi. Masih banyak jenis olahraga lainnya yang dapat kamu coba. Kami himbau agar sahabat domarai tetap jaga jarak, pakai masker, dan patuhi protokol kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat. Yuk baca artikel kami lainnya.