Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenali dan Pahami Gejala Datangnya Tsunami

Domarai.com - Negara kita Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam zona yang rawan dengan bencana alam. Hampir banyak bencana sering kita alami, mulai dari gempa bumi, banjir, gunung meletus, tsunami dan yang lainnya. Tetapi akhir-akhir ini banyak perbincangan tentang bencana alam tsunami. Bahwasannya ada salah satu perguruan tinggi yang memprediksi kalau akan ada tsunami yang berketinggian sekitar 20 meter menghantam pulau jawa. Sebaiknya masyarakat tidak panik dan lebih mempersiapkan diri, selain itu mengetahui tanda-tanda tsunami nanti akan datang.

    Sahabat domarai, kenapa tsunami menjadi bencana alam yang perlu diperhatikan juga oleh kita semua. Alasannya karena Indonesia mempunyai hamparan laut yang begitu luas, oleh karena itu bencana ini kapan saja bisa terjadi. Tetapi, kejadian tsunami kebanyakan diawali dengan bencana lain terlebih dulu, yaitu gempa bumi. Contohnya saja tsunami yang menerjang Aceh pada tahun 2004 lalu. Tanda-tanda tsunami memang perlu diketahui dan dipahami oleh semua masyarakat luas, agar tidak memakan korban yang begitu banyak apabila terjadi bencana tersebut.


    Kesempatan kali ini kita akan membahas untuk lebih mengenali dan memahami gejala apa saja yang terjadi sebelum adanya tsunami.


1. Muncul suara gemuruh


  Awal yang terlihat dan terdengar jika adanya tsunami adalah terdengarnya suara gemuruh dan ombak yang besar. Suara gemuruh yang dimaksud biasanya terdengar begitu keras dan besar sekali. Kejadian ini penyebabnya kemungkinan air laut yang menghantam lempengan bumi yang patah. Dan apabila kalian sudah mendengar ini ketika berada di pinggir pantai atau tidak jauh dari pantai, alangkah lebih baik langsung pergi sejauh mungkin dari bibir pantai.


2. Keadaan Air Laut Tidak Seperti Biasanya


   Kondisi dari air laut sesaat sebelum terjadi tsunami akan terlihat berbeda sekali. Biasanya air laut akan seperti surut secara mendadak atau tiba-tiba yang itu menjadi salah satu tanda-tanda tsunami.


3. Terjadi gempa sebelumnya


   Tsunami jarang sekali terjadi begitu saja ke daratan tanpa diawali adanya gempa. Ditambah lagi kalau ada gempa secara bersusulan, ini merupakan isyarat kuat kalau akan terjadi tsunami.


4. Perilaku hewan yang aneh


   Hewan yang dimaksud berperilaku aneh sebelum terjadinya tsunami adalah burung yang berada di laut. Meskipun masih ada beberapa hewan yang dapat mendeteksi adanya tsunami, ternyata burung menjadi hewan yang mudah sekali dihafalin. Contohnya keberadaan burung tersebut tiba-tiba berpindah dari satu tempat ke tempat lain, biasanya mereka justru akan pergi ke tengah laut sekaligus menjadi tanda-tanda tsunami.


5. Awan di langit mendadak menjadi gelap


   Ini salah satu tanda dari alam yang begitu menyeramkan sebelum terjadi tsunami, yaitu awan gelap dan mendung pastinya. Bahkan tidak jarang adanya sebuah tornado atau angina lainnya. Semua hal ini bisa terjadi karena gelombang elektromagnetis dari lapisan atmosfer bumi, yang membuat daya listrik di awan dilahap gelombang lainnya.


6. Terakhir, gelombang laut terlihat aneh


    Gelombang laut yang sedang ada saat itu bisa menjadi salah satu tanda akan terjadi tsunami. Ditambah lagi jika gelombang yang datang sudah mulai terlihat aneh dan tidak biasa. Bisa jadi gelombang yang muncul kecil sekali, namun kemudian datang sebuah gelombang yang amat besar dan bisa membuat tanah mengalami erosi seketika.


   Sahabat domarai, buat masyarakat yang tempat tinggalnya di sekitar pantai atau radiusnya tidak jauh dari bibir pantai, harusnya lebih memahami dan mengerti lagi akan tanda-tanda tsunami. Sebaiknya bagi semua masyarakat apabila sudah merasakan hal-hal janggal jika akan ada bencana gempa bumi atau tsunami, lebih baik secepatnya menyelamatkan diri dan menghubungi pihak berwenang untuk mengabarkan kepada semuanya agar segera mencari tempat aman.