Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Bersedekah Ala Usman Bin Affan



Domarai.com Setiap muslim memiliki hak dan juga kewajiban yang harus di perhatikan dalam menjalankan kehidupannya. Adanya perhatian atas hak dan kewajiban yang dimiliki dengan baik akan membuat jalan hidup yang dimiliki akan lebih baik. Seseorang akan bisa berada pada jalan lurus  yang pada dasarnya menjadi sebuah hal yang memang penting dijalankan oleh setiap manusia. Menjalankan kehidupan dengan memperhatikan hak dan kewajiban akan membantu setiap orang merasakan keuntungannya. Dengan begitu maka penting bagi setiap orang untuk dapat menjalankan kehidupan sesuai dengan hak dan kewajiban yang penting di perhatikan.

Salah satu kewajiban yang penting untuk dijalankan oleh setiap umat islam dimanapun berada adalah bersedekah. Bersedekah menjadi sebuah kewajiban yang penting untuk dijalankan oleh setiap umat islam yang ada di berbagai tempat. Kegiatan bersedekah pada dasarnya juga telah dijalankan oleh usman bin affan yang merupakan salah satu sahabat nabi. Usman bin affan adalah orang yang menikahi kedua putrid nabi Muhammad SAW sehingga memiliki julukan Dzun Nuurain. Kisah Usman bin affan sendiri menjadi sebuah contoh yang penting untuk ditiru oleh semua umat islam saat ini.

Cara bersedekah ala usman bin affan sendiri pada dasarnya menjadi sebuah hal yang sangatlah penting untuk di perhatikan. Karena selama masa hidupnya usman bin affan sendiri selalu memperhatikan dan menerapkan kegiatan bersedekah. Usman bin affan adalah sosok yang memiliki hati dermawan dan juga ikhlas dalam melakukan kegiatan sedekah yang selalu dilakukannya. Beliau selalu ikhlas dalam menjalankan kegiatan bersedekah tanpa meminta imbalan apapun atas apa yang sudah dilakukannya. Hanya ridho Allah saja yang dia harapkan dalam kegiatan bersedekah yang dilakukannya. Contoh sifat yang dimiliki oleh Abdurrahman bin affan tentunya menjadi sebuah kisah yang penting untuk di terapkan tentunya.

Didalam kesempatan kali ini tentunya akan dibahas mengenai beragam cara yang harus di terapkan dalam bersedekah. Bersedekah yang dilakukan sesuai dengan cara cara yang dijalankan oleh usman bin affan akan menjadi pembelajaran berharga bagimu. Tentunya dengan melakukan cara cara tersebut maka sedekah yang benar sesuai tuntunan agama Islam dapat dilaksanakan dengan baik. Untuk itu maka simaklah penjelasan mengenai beragam cara yang patut untuk diterapkan dalam bersedekah sesuai dengan yang dilakukan usman bin affan. Dengan begitu maka kegiatan bersedekah yang dilakukan akan benar benar sesuai dengan tuntunan Agama islam.
Berikut Cara Bersedekah Yang Dapat Dicontoh Dari Usman Bin Affan

Ikhlas dalam memberi

Cara bersedekah pertama yang pada dasarnya menjadi point yang sangat penting untuk diterapkan adalah keikhlasan. Keikhlasan pada dasarnya menjadi point yang paling utama untuk diterapkan dalam memberikan sedekah kepada sesama manusia. Sedekah yang dilakukan dengan ikhlas tanpa mengharapkan apapun tentunya akan membuahkan hasil yang manis nantinya. seseorang yang menjalankan sedekahnya dengan hati yang ikhlas akan mendapatkan kepuasan tersendiri nantinya. Dimana tidak ada kekecewaan atas apa yang akan didapatkannya setelah melakukan sedekah yang sudah dilakukannya.
Sikap ini tentunya terus dimiliki oleh usman bin affan yang pada dasarnya ini menjadi sebuah hal yang sangatlah penting untuk di terapkan. Tentunya usman bin affan selama masa hidupnya selalu bersedekah tanpa mengharapkan apapun. Beliau selalu ikhlas dalam berbuat kebaikan terhadap orang lain tanpa memperdulikan imbalan berupa materi yang nantinya didapatkan. Contoh ini tentunya menjadi sebuah hal yang sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap orang dalam menjalankan sedekah didalam kehidupannya. Karena sejatinya sedekah yang baik adalah yang mengharapkan ridho Allah SWT tanpa perduli apapun selain hal tersebut.

Tidak memikirkan keuntungan

Usman bin affan merupakan contoh terbaik yang ada dan patut untuk ditiru sikap serta perilaku yang dijalankannya. Cara bersedekah ala usman bin affan sebetulnya merupakan hal yang sangatlah prinsip dalam menjalankan kehidupan yang dijalankan. Perlu diperhatikan bahwa pada dasarnya usman bin affan selalu memperhatikan lingkungan sekitarnya tanpa memperdulikan untung yang didapatkannya. Sebuah kisah menjelaskan bahwa tiba pada suatu saat di daerah usman bin affan tinggal terjadi kekurangan bahan pangan. Kelaparan tentunya terjadi di tengah masyarakat dan hal tersebut menggerakkan hati usman bin affan untuk menjadikan hasil panennya sebagai persediaan untuk masyarakat.

Pada saat itu usman bin affan di hadapkan pada para pedagang yang menjanjikan keuntungan luar biasa jika hasil panennya dijual. Akan tetapi tentunya ini bukanlah menggoyahkan keyakinan dari usman bin affan untuk tetap mensedekahkan hasil panennya untuk masyarakat. Usman bin affan tetap bersikukuh untuk menjadikan hasil panennya sebagai persediaan bahan pangan warga. Usman bi affan sendiri yakin bahwa saat dia memberikan 1 dirham sekalipun maka Allah SWT akan menggantikannya 10x lipat dari apa yang sudah di sedekahkannya. Prinsip ini tentunya penting untuk dimiliki oleh setiap umat islam didalam menjalankan perintah untuk bersedekah.

Tentunya harta memang menjadi sebuah belenggu yang terkadang membuat setiap orang salah dalam memilih jalan hidup. Bersedekah tentunya dapat memurnikan harta yang didapatkan oleh setiap orang yang menjalankannya. Tentu saat seseorang menjalankan kegiatan bersedekah dengan baik dan tepat maka hasil yang didapatkan akan lebih maksimal. Itu saja beberapa cara bersedekah ala usman bin affan yang pada dasarnya penting untuk di perhatikan dan diterapkan oleh setiap orang. Semoga informasi diatas dapat menjadi sebuah pengetahuan yang memberikan manfaat bagi pembaca.