Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Inilah Cara Agar Hidup Tenang Ala Rasullulah


Gambar oleh Pezibear dari Pixabay

Domarai.com - Gelisah merupakan satu-satu ya faktor yang membuat kita tidak bersemangat dan mengacaukan hidup kita. Tentu rujukan ini bersumber dari Al-Qur'an dan Hadits Melalui Rasullullah yang dibawakan oleh Ustadz Dhanu. Beliau menerangkan jika kegelisahan jiwa tanpa kita sadari merupakan dampak dari perilaku diri kita sendiri. 

Gelisah itu dapat mengacaukan keimanan dalam jiwa kita. Penyebab hal hal jiwa adalah berhubungan dengan nafsu. Jika kekurangan finansial dan tetap bersikap biasa saja, mungkin hanya bingung. Bingung bukan bagian dari kegelisahan. 

Contoh pertama. Kita Ihwan menginginkan dan merasa harus menikah dengan si fulan. Sudah berangan-angan dan sudah percaya diri. Tiba waktunya memberanikan diri melamar, ternyata ditolak dengan alasan tertentu. Nafsu yang mengiginkan menikah dengan si fulan yang menyebabkan hancur hati dan fikiran. Sudah berencana dan berekspektasi namun tidak terjadi. Nah hal itulah yang menyababkan gelisah berkepanjangan. Kegelisahan jiwa muncul karena nafsu yang sangat kuat yang tidak didasari dengan Niat karena Allah Ta'ala.

Contoh kedua seperti calon anggota DPR, dia sudah mengeluarkan banyak sekali modal, bahkan sampai berhutang, kampanye sana sini. Jika tidak didasari niat karena Allah Ta'ala saat tidak terpilih, akan stresh dan masuk rumah sakit jiwa.

Contoh ketiga, saat akan masuk perguruan tinggi, yang didasari oleh niat karena Allah ta'ala. Saat berusaha masuk dengan usaha yang penuh dan ternyata tidak dapat masuk perguruan tinggi maka, kita tidak akan sakit hati. Oh mungkin ini bukan tempat yang baik bagiku menuntut ilmu. Karena tawakal dengan Allah, nafsu yang awalnya menggebu akan menurun. Sehingga dengan situasi seperti itu kita akan menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah Ta'ala. Akhirnya akan memunculkan keikhlasan dalam menjalankan hidup. 

Apapun hal yang kita lakukan untuk mewujudkan keinginan kita dan kebetulan tidak terwujud, jika saat itu tidak didasari oleh Allah Ta'ala pasti akan Gelisah. Cara yang tepat dalam agar hidup tenang adalah dengan mengucapkan kata-kata yang mulia.

Inilah cara agar hidup tenang Ala Rasullulah


1. Mengingat Allah (Berdzikir)

Membanggakan keluarga, membanggakan harta, memabnggakan pekerjaan termasuk sifat fasik fasik itu kafir dan kafir itu masuk neraka. Nah car yang tepat untuk mengatasi hal itu adalah dengan berdzikir. Berdzikir (membaca puji-pujian) itu merupakan tambahan ibadah seperti hanya sholat sunnah. 

Allah akan mengabulkan do'a orang beriman serta mengerjakan amal sholeh. Artinya jika kita betul-betul beriman dan berbuat amal yang sholeh, amak Allah akan melihat usaha kita semua untuk menentukan kelayakan untuk mengabulkan permintaan kita. Jika kita melihat hal ini tentu akan berbeda jika kita tidak mendapatkn apa yang kita mau dan didasari oleh Nafsu.

Allah SWT berfirman yang artinya;

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram.” (Q. S Ar-Ra’du : 28).

Diantara kalimat dzikir yang baik adalah pujian terhadap Allah dan beristighfar kepada Allah. Disebutkan pula sholat dan ibadah lainnya termasuk juga dalam kegiatan mengingat Allah. Karena dengan berdzikir dengan cara yang benar. Maka InsyaAllah hatinya tidak akan resah dan gelisah.

2. Bacalah Al Quran

Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang mempelajari Alqur'an dan mengamalkannya. Begitulah Baginda Nabi Muhammad berwasiat kepada kita. Alqur'an tidak hanya sebagai pedoman hidup, namun juga obat terbaik untuk menenangkan hati.

 Allah SWT berfirman yang artinya;

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.” (Q. S. Az Zumar : 23).

Alqur'an yang kita baca tentu bukan saja membantu kita di dunia, namun juga di akhirat. Pada saat tima masanya nanti Alqur;an akan menolong kita dalam menghadapi Hisab nanti. Tentu bukan sekedar membaca AlQur'an namun membaca engan baik benar dan ikhlas.

3. Perbanyak Sholawat

Saat kita bersholawat, maka akan dijawab oleh Baginda Nabi Muhammad. Malaikat Sayyahin (Para Malaikat Pengembara) yang bertugas menyampaikan salam dari umat Nabi Muhammad kepada baginda Nabi Muhammad. 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 

“Sesungguhnya Allah memiliki para malaikat yang berjalan di muka bumi dan menyampaikannya salam kepadaku dari umatku.” (Shahih, HR. Ahmad, an-Nasa’i, Ibnu hibban, ath-Thabrani, al-Hakim, Abu asy-Syaikh, dan al-Baihaqi dari Ibn Mas’ud secara marfu’)

Sholawat adalah obat paling mujarab untuk mengatasi penyakit hati. Karena dengan membaca sholawat dengan niat karena Allah Ta'ala maka Allah akan memberikan kita kemudahan terhadap segala aktivitas kita didunia dan akhirat.

Nah mungkin itu yang dapat kita sampaikan, cara agar hidup tenang. Semoga sahabat domarai semua dapat menjalankan kehidupan dengan tenang dalam segala aktivitasnya. Semoga Ridho Allah bisa kita dapatkan karena Ikhlas beribadah kepada-Nya. Semoga bermanfaat. Yuk baca artikel lainnya.