Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis Kopi Unggulan Indonesia


Domarai.com - Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sangat disukai banyak orang, bahkan seluruh dunia. Di negara kita sendiri, setiap hari semakin banyak penikmat kopi dari semua kalangan dan segala usia. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya kedai kopi yang buka di banyak kota atau daerah. Hingga belakangan ini minuman kopi justru yang diidentik oleh orang tua atau bapak-bapak, malah dinikmati oleh kalangan anak muda. Jangan salah, yang dinikmati mereka justru produk lokal atau jenis kopi Indonesia sendiri.


Indonesia memang menjelma menjadi salah satu negara yang menjadi penghasil biji kopi paling besar di dunia sekarang ini. Menurut data dari FAO atau Organisasi Pangan & Pertanian ketika tahun 2017-2018 Indonesia masuk dalam empat besar penghasil biji kopi sesudah Vietnam, Brazil serta Columbia.


Ternyata Indonesia sangat diuntungkan sekali dengan iklim tropis untuk memproduksi kopi. Mengingat tanaman kopi begitu cocok jika ditanam pada wilayah yang mempunyai iklim tropis, tepat selatan atau utara garis khatulistiwa sekitar 23 derajat jaraknya. Jenis kopi Indonesia memang berbagai macam jenisnya, hampir banyak daerah memiliki cita rasa khas kopi masing-masing. Oleh karena itu banyak jenis kopi hasil petani lokal Indonesia mendunia, dan kali ini kita akan membahas beberapa jenis kopi tersebut.


1. Kopi Gayo Aceh

Kopi Gayo Aceh merupakan jenis kopi arabika yang tumbuhnya di sekitaran dataran tinggi Kabupaten Gayo Lues, Aceh Tengah, serta Bener Meriah. Kopi Ulee Kareng sebagai salah satu kopi aceh yang sudah banyak dikenal. Namanya sendiri diambil dari tempat yang ada di Banda Aceh. Kalau untuk prosesnya ternyata lumayan panjang. Mulai dari biji kopi kemudian di oven kurang lebih 4 jam sampai tingkat matang 80 persen, selanjutnya biji kopi tersebut diberi gula. Bahkan ada review internasional mengatakan, kalau kopi gayo ini mempunyai sebuah cita rasa yang unik daripada kopi arabika lain pada umumnya. Berkat kesempurnaan aroma dan rasanya, kopi ini bisa dikatakan salah satu kopi terbaik serta termahal di dunia.


2. Kopi Kintamani Bali

Jenis kopi Indonesia memang mempunyai karakteristik berbeda-beda. Kopi gayo tadi tentu berbeda juga dengan kopi kintamani Bali. Kopi ini mempunyai rasa pahit namun disertai adanya rasa jeruk. Penyebabnya adalah, kebanyakan petani kopi daerah kintamani menanamnya berdekatan dengan kebun jeruk, maka dari itu muncul aftertaste yang segar dari kopi ini. Ternyata kopi jenis ini masuk dalam origin coffee dan sudah banyak di negara-negara luar, seperti Perancis dan banyak neraga Eropa lain.


3. Kopi Toraja

Kopi ini asalnya dari provinsi Sulawesi Selatan. Kopi Toraja sudah dikenal oleh banyak negara lain, seperti Amerika dan Jepang. Hingga di Jepang sendiri sudah ada salah satu perusahaan yang mematenkan kopi ini yaitu Key Coffee dari tahun 2005. Alasan kenapa kopi Toraja menjelma jadi jenis kopi Indonesia terbaik? Karena kopi ini mempunyai dua varian sekaligus, robusta dan arabika. Selain itu tambahan rasa kayu manis menjadi ciri khas dari kopi ini sendiri.


4. Kopi Java Ijen Raung

Kopi ini berasal dari daerah Bondowoso. Ternyata kopi ini sejak tahun 2011 sudah diekspor dan namanya perlahan semakin naik. Bahkan saat tahun 2016, berhasil mengekspor kopi sebanyak 859 ton atau sekitar 43 kontainer. Karena sensasi rasa pedas yang diberikan kopi ini, membuatnya banyak dicari di seluruh dunia.


5. Kopi Papua Wamena

Kopi yang berasal dari ujung timur wilayah Indonesia ini, mempunyai cita rasa yang begitu unik yaitu perpaduan antara floral dan aroma cokelat. Kopi ini masuk dalam jenis kopi arabika, daerah penanamannya yaitu sekitar Lembah Baliem Pegunungan Jayawijaya yang tingginya 2000 mdpl. Keistimewaan kopi asal papua ini, ditanam memakai alat tradisional serta tidak pakai pestisida dan pupuk kimia.


Sahabat domarai, beberapa kopi yang dijelaskan diatas hanya beberapa saja yang sudah mempunyai nama besar di kancah dunia. Padahal kalau kalian mendalami kembali jenis kopi Indonesia, kalian akan menemukan berbagai jenis kopi di setiap daerahnya dan tentu mempunyai kualitas serta cita rasa sendiri – sendiri.