Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Nikmatnya Tahajud

Domarai.com - Tentu semua umat muslim ingin memperoleh ketaqwaan luar biasa di mata Allah SWT. Mungkin hal ini menjadi salah satu apa yang sering dipikirkan oleh banyaknya kaum muslimin dan muslimat se-antero dunia. Bahkan banyak dari mereka menjalankan semua kewajiban dan sunnah dengan sesempurna mungkin. Bentuk sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW sangat-sangat banyak jumlahnya, dari mulai kehidupan sehari-hari dan sebagainya.

    Salah satu sunnah yang luar biasa adalah Shalat Tahajud. Shalat Tahajud yaitu shalat sunnah yang dilakukan ketika malam hari, tepatnya waktu utama sepertiga malam sekitar pukul 3 dinihari. Karena waktu tersebut menjadi waktu yang paling mustajab buat memanjatkan doa. Di waktu itu para malaikat bakal turun langsung ke bumi. Shalat sunnah ini dilaksanakan dengan rakaat paling sedikit adalah 2, sedangkan rakaat paling banyak tidak terhingga. Tetapi lebih baiknya lagi apabila ditutup dengan shalat witir.


   Ingat, Nabi Muhammad SAW yang sudah dijaminkan tentang keselamatan dan kebahagiaan saja masih menjalankan shalat tajahud tersebut. Apalagi kita semua yang hanya hamba biasa dan penuh dengan dosa, alangkah lebih baiknya kalau kita juga menjalankan shalat tahajud tersebut. Tepat sekali pada kesempatan ini kita akan membahas tahajud dan manfaatnya.


1.Tanda-tanda ketaqwaan sangat terlihat

   Umat muslim yang sering menjalankan shalat tahajud, raut mukanya akan terlihat bersinar cerah. Ini merupakan salah satu tanda kalau orang itu sangat taqwa terhadap Allah SWT. Selain itu, semua orang yang ada di sekitarnya akan sangat merasa akan adanya ketaqwaan tersebut. Secara tidak langsung hal ini menjadi penyemangat untuk kaum muslim lain agar menjalankan shalat sunnah tahajud juga.


2. Sebagai penghapus dosa sekaligus pencegah

   Salah satu sebuah keistimewaan dari shalat tahajud dan manfaatnya adalah sebagai cara menghapuskan segala dosa yang sudah kita lakukan dan menjadi pencegah agar tidak mengulanginya lagi. Ditambah lagi kalau kita bisa melakukan shalat ini secara rutin setiap malam. Gunanya agar kita merasa selalu terawasi oleh Allah dan selalu mengingat sang Pencipta setiap saat.

    Apabila ingin semua dosa selama ini mudah diampuni Allah, lebih baik kita lakukan juga shalat sunnah Taubat. InsyaAllah segala dosa-dosa akan diampuni kalau kita melaksanakan shalat taubat secara bersungguh-sungguh dan berusaha untuk tidak melakukan segala kesalahan-kesalahan yang dilarang oleh Allah. 


3. Memperoleh jaminan akan masuk surga

  Rasulullah SAW pernah berucap kalau siapa saja yang menjalankan shalat tahajud, secara tidak langsung akan mendapatkan sebuah jaminan untuk masuk surga. Bahkan ada suatu riwayat pada hadits mengatakan hal tersebut pula.


4. Dapat keringanan saat dinasab di akhirat nanti

    Shalat tahajud apabila dikerjakan bisa memberikan keringanan ketika di hari kiamat kelak. Semua orang pasti memiliki catatan pahala serta dosa saat di akhirat. Misal catatan amal baik jauh lebih banyak dibanding buruk, maka akan ditempatkan di surga. Tetapi sebaliknya, misal catatan buruk jauh lebih dominan maka nerakan menjadi tempatnya. Kaum muslim yang sering melaksanakan shalat tahajud dan manfaatnya, bisa memperoleh keringanan waktu dinasab nanti.


5. Mendapatkan Cinta Allah SWT

 Siapa saja yang bangun pada tengah malam dan memilih meninggalkan nyamannya tertidur, kelak akan memperoleh cinta Allah SWT. Pastinya cinta Allah terhadap semua orang shaleh tidak akan terputus sampai hari kiamat nanti.


       Sahabat domarai, shalat tahajud memang menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri ke Allah SWT. Semoga pembahasan tentang shalat tahajud dan manfaatnya diatas berguna untuk semuanya dan bisa mempertebal keimanan kita.