Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tanaman Janda Bolong Lagi Naik Daun

Domarai.com - Beberapa waktu belakangan ini ada satu jenis tanaman yang sedang viral. Hampir di setiap kesempatan muncul tanaman ini, entah itu di background set para youtuber, desain-desain undangan pernikahan, wallpaper ruangan, dan lain sebagainya. Dialah monstera si hijau cantik yang menambah kesan indah dan sejuk jika diletakkan di suatu ruangan.

Sumber: freepik

Monstera dalam tingkatan takson merupakan genus (jenis) yang termasuk dalam keluarga Araceae (talas-talasan). Monstera berasal dari daerah tropis di Amerika yang memiliki sekitar 45 spesies tanaman berbunga. Keunikan dari monstera yakni memiliki struktur daun yang berlubang-lubang secara alami. Uniknya lagi, di Indonesia tanaman ini diberi julukan “Janda Bolong”. 

Tanaman janda bolong yang sedang naik daun ini memiliki berbagai macam jenis, dari yang daun nya kecil hingga yang lebar, dari yang ujung daunnya utuh sampai yang ujung daunnya sobek. Mari kita cari tahu jenis-jenis janda bolong yang digemari masyarakat. 

1. Monstera Deliciosa

Salah satu jenis monstera yang paling banyak diminati saat ini adalah mostera deliciosa atau nama lainnya adalah monstera king. Dijuluki demikian karena bentuk daunnya besar dan lebar. Monstera jenis ini memiliki lubang-lubang kecil pada badan daun dan terdapat sobekan-sobekan pada tepinya. 

2. Monstera Borsigiana

Monstera jenis ini terlihat hampir sama dengan monstera deliciosa. Perbedaannya terletak pada bentuk daun yang lebih kecil atau cenderung oval. Selain itu, monstera borsigiana memiliki jumlah lubang yang lebih sedikit. 

3. Monstera Varigeata

Kecantikan dari monstera varigeata atau sering disebut monstera albino membuat banyak orang terpikat padanya. Monstera jenis ini memiliki bentuk daun yang lebar dan berlubang-lubang. Selain itu, monstera varigeata ini memiliki perpaduan warna yang apik, yakni hijau, putih, atau terkadang hijau kekuningan seperti motif marmer. 

4. Monstera Adansonii

Adansonii adalah salah satu jenis monstera yang struktur daunnya memiliki lebih banyak lubang daripada daun itu sendiri. Warna dari monstera jenis ini juga tidak kalah menarik, yakni gradasi hijau tua dan hijau muda.

5. Monstera Obliqua

Hampir sama dengan monstera adansonii, hanya saja struktur daunnya lebih lebar. Selain itu, tekstur dari monstera obliqua lebih tipis dan lembut sehingga rentan sobek. Oleh karena itu, monstera obliqua lebih cocok di letakkan di ruangan sebagai dekorasi. 

6. Monstera Dubia

Tanaman monstera tidak semuanya bermotif sobekan dan atau berlubang. Ada juga jenis monstera yang memiliki daun utuh seperti daun pada umunya, misalnya monstera dubia. Monstera dubia memiliki daun yang terlihat hampir seperti daun sirih. Ukuran daun monstera dubia ini lebih kecil jika dibandingkan dengan monstera yang lain. Meskipun demikian warna dari monstera dubia tidak kalah canti, yakni perpaduan hijau dan putih dengan tulang daun yang berwarna hijau tegas. 
 

7. Monstera Siltepecana

Hampir sama dengan monstera dubia, monstera siltepecana juga memiliki daun yang utuh. Perbedaannya terletak pada bentuk daun yang lebih lonjong serta warna daunnya lebih muda, sehingga corak pada daun tidak terlalu tampak.  

Nah, itu tadi beberapa jenis monstera atau janda bolong yang sedang trend saat ini. Tidak heran jika harganya melambung karena tanaman janda bolong memang memiliki bentuk yang unik serta warna yang cantik. Sahabat domarai yang suka bercocok tanam atau sekedar suka tanaman hijau untuk dekorasi ruangan boleh banget memilih monstera atau janda bolong yang memang cantik dan menyejukkan jika dipandang.